Teknologi Canggih di Dunia yang Perlu Anda Tahu

Saat ini banyak ditemukan dan dikembangkan teknologi canggih di dunia yang tidak hanya memudahkan hidup manusia namun juga berhasil mewujudkan imajinasi manusia.

Teknologi Canggih di Dunia yang Perlu Anda Tahu


Manusia selalu mengembangkan teknologi untuk memudahkan setiap lini kehidupan. Dari tahun ke tahun, ada saja teknologi canggih yang ditemukan. Hal-hal yang dulu hanya sebatas mimpi atau khayalan, perlahan-lahan mulai direalisasikan.

Inovasi teknologi adalah  sebuah alat hasil dari suatu penemuan baru yang bisa memberi layanan baru dengan lebih efektif dan efisien terkait fungsinya untuk memudahkan hidup manusia. Inovasi teknologi seiring berkembangnya zaman akan menghasilkan teknologi yang semakin canggih. Teknologi canggih adalah sebuah alat yang bisa berfungsi secara akurat, efisien, dan memberi kemudahan paling optimal bagi manusia yang mengusung suatu teknologi baru.

Bayangkan, dulu untuk berkomunikasi jarak jauh, seseorang harus menggunakan surat. Kemudian ditemukanlah telepon, yang bisa menghubungkan seseorang dari jarak jauh untuk bisa saling berbicara. Teknologi ini kemudian terus dikembangkan, hingga akhirnya bentuknya dibuat minimalis dan bisa lebih mobile.

Teknologi canggih saat ini sudah semakin mudah ditemukan. Ada banyak orang maupun perusahaan yang berambisi untuk terus membuat suatu teknologi baru. Di bawah ini akan diulas mengenai berbagai contoh inovasi teknologi terbaru, yang saat ini sudah berhasil dikembangkan.


Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan sudah cukup sering tampil di berbagai tayangan film. Gambaran yang biasa ditunjukan adalah robot atau komputer super yang memiliki kemampuan berpikir layaknya manusia.

Secara sederhana, AI adalah sebuah sistem atau mesin yang diprogram sedemikian rupa supaya bisa berpikir dan bertindak serupa dengan manusia. Konsep dasarnya adalah menciptakan mesin yang mampu mengolah informasi dalam jumlah besar (big data) dan mampu memutuskan suatu tindakan berdasarkan informasi yang didapat (berkaitan dengan problem solving).

Sebenarnya AI bukanlah teknologi komputer terbaru. Wacana mengenai AI sebenarnya sudah ada sejak tahun 1950 an. Namun pengembangannya untuk bisa mencapai potensi maksimalnya baru bisa dicapai akhir-akhir ini.

Dari tahun ke tahun teknologi ini terus dikembangkan hingga akhirnya AI menjadi teknologi canggih masa kini yang sudah berhasil diterapkan pada berbagai platform.

Mulai dari platform digital, perangkat otomotif, perangkat robotik, hingga perangkat militer.

Beberapa contoh penerapan AI diantaranya adalah

  • Program asisten pribadi virtual seperti Apple SIRI, Google Assistant, Bixby, dll.
  • Program rekomendasi di Netflix, Youtube, maupun Spotify.
  • Program pemesanan di aplikasi travel maupun ojek online.
  • Aplikasi GPS yang bisa memberi informasi secara real time tentang traffic, hingga informasi kecelakaan. 
  • Self driving car. 
  • Robot penyedot debu.
  • Robot pelayan restoran.
  • dll.


Jika melihat contoh penerapan AI, spektrum penggunaan teknologi AI cukup luas. Mulai dari penerapan untuk hal sederhana hingga pada perangkat yang jauh lebih kompleks.


Augmented Reality (AR) & Virtual Reality (VR)

AR dan VR adalah contoh teknologi modern saat ini yang berhasil mewujudkan imajinasi manusia. Saat ini AR dan VR tengah populer. Orang awam masih sulit membedakan kedua teknologi ini.

AR pada dasarnya adalah sebuah teknologi yang memberikan visual experience bagi penggunanya tanpa merubah realitas. AR biasanya terhubung dengan perangkat smartphone.

Pada tahun 2014, Google juga sempat meluncurkan sebuah teknologi yang cukup canggih bernama Google Glass. Perangkat ini berbentuk kacamata yang akan menghadirkan AR pada level lebih tinggi. Sayangnya perangkat ini tidak terlalu diminati oleh pasar.

Contoh penggunaan AR:

  • Saat Anda menscan sebuah poster film kemudian di perangkat smartphone muncul trailer film tersebut.
  • Aplikasi arsitektur yang memungkinkan Anda melihat penempatan furniture di suatu ruangan secara real. 
  • Saat Anda menscan kartu dengan gambar binatang kemudian di layar smartphone Anda, binatang tersebut tampak hidup.
  • Game Pokemon Go.
  • Filter Instagram.
  • Dll.


VR adalah teknologi yang memberikan visual experience kepada penggunanya dengan merubah realitas lingkungannya. Dengan kata lain, pengguna akan merasakan berada di sebuah lingkungan baru yang ditunjukan oleh perangkat VR. Perangkat VR biasanya berupa kacamata besar yang menutup seluruh area mata, membawa pengguna menuju realitas baru.

VR biasa diterapkan untuk beberapa hal seperti game, simulasi bencana, dokumentasi streaming, penjelajahan suatu tempat, dll.


Cloud Gaming

Ini adalah teknologi canggih terbaru dalam dunia game yang pertama kali dikenalkan oleh Google melalui produk Google Stadia.

Konsep dari cloud gaming adalah meniadakan konsol khusus untuk memainkan sebuah game. Game bisa dimainkan melalui berbagai perangkat seperti handphone, tablet, PC, hingga smart TV. Game yang dimainkan juga bersifat streaming.

Game tidak berjalan di perangkat yang digunakan oleh pemain. Game beroperasi pada komputer berspesifikasi tinggi di data center milik Google. Game tersebut kemudian di streaming dan bisa dioperasikan oleh pemain melalui perangkat pribadi.

Karena bersifat streaming, untuk bisa mengoptimalkan penggunaan Google Stadia, diperlukan akses internet super cepat. Untuk mendapatkan resolusi 1080p 60 FPS, dibutuhkan kecepatan internet (stabil) minimal 20 Mbps. Jika ingin mendapat kualitas gambar yang lebih baik, hingga 4K, tentu membutuhkan internet yang lebih cepat lagi.

Teknologi ini masih memiliki beberapa cacat di berbagai sisi. Tapi Google Stadia adalah gerbang pembuka bagi inovasi cloud gaming yang sangat menjanjikan di masa depan nanti.


7D Hologram

Banyak orang yang mengenal teknologi hologram dari film. Ada banyak film Hollywood yang memunculkan teknologi hologram sebagai perangkat sehari-hari.

Dulu teknologi ini mungkin masih sebatas imajinasi yang baru bisa direalisasikan dalam sebuah film. Namun sekarang imajinasi tersebut bisa direalisasikan di dunia nyata. Meski pengembangan teknologi hologram belum bisa sekompleks yang ada di film, teknologi hologram yang ada saat ini sudah cukup memukau.

Teknologi 7D Hologram mampu menghadirkan visual experience yang terasa lebih nyata. Sekilas, 7D Hologram tampak seperti AR. Namun hal tersebut ternyata berbeda.

Supaya bisa melihat objek visual pada teknologi AR, seseorang perlu menggunakan perangkat. Nantinya objek visual akan tampil dalam perangkat tersebut.

Sedangkan 7D Hologram tidak membutuhkan perangkat khusus untuk bisa melihat objek visual. Objek visual bisa dinikmati dengan mata telanjang, seolah-olah objek hologram itu nyata dan ada di lingkungan kita.

Obyek 7D Hologram dihasilkan dari kamera proyektor khusus yang bisa menampilkan sebuah objek visual dalam 7 dimensi, sehingga bisa tampak begitu nyata.

Saat ini, teknologi ini banyak digunakan untuk pertunjukan. Selain itu, teknologi ini juga mulai diterapkan untuk kegiatan seperti seminar. Jadi narasumber seminar ditampilkan dalam wujud objek hologram.


Foldable Smartphone

Tren desain handphone mengalami beberapa kali transformasi. Namun sejak masuk era smartphone dengan touchscreen, desain smartphone jadi terkesan monoton. Sekarang transformasi baru mulai terjadi dengan hadirnya foldable smartphone.
Teknologi ini menghadirkan smartphone dengan touchscreen yang bisa dilipat. Bisa dibilang ini adalah pengembangan dari desain handphone flip jaman dulu.

Saat ini sudah ada beberapa produk foldable smartphone yang mulai diperkenalkan. Beberapa diantaranya seperti Samsung Galaxy Z Flip, Samsung Galaxy Fold, Motorola Razr, Huawei Mate X/XS, Xiaomi Dual Flex/Mix Flex, dan Microsoft Surface Duo.


Mobil Pintar atau Smart Car

Pada dasarnya, teknologi yang disematkan pada mobil pintar adalah AI atau Artificial intelligence. Namun, AI yang diterapkan jauh lebih kompleks. Penerapan AI pada mobil pintar akan membuat mobil yang hanya sebuah benda mati, menjadi serupa kuda yang bernaluri.

Kuda memiliki insting dan naluri untuk melakukan suatu tindakan. Namun kuda tetap bisa menerima perintah dengan baik.

Saat ini, banyak pabrikan otomotif yang bekerjasama dengan perusahaan teknologi untuk membangun sebuah mobil pintar. Beberapa fitur pada mobil pintar yang sedang dikembangkan diantaranya adalah:

  • Self driving car. Fitur ini memungkinkan mobil untuk bisa berjalan secara autopilot atau berjalan sendiri tanpa pengemudi. 
  • Kemampuan berkomunikasi. Di masa depan, mobil diharapkan memiliki fitur untuk bisa berkomunikasi dengan lingkungan. Misalnya berkomunikasi dengan pejalan kaki, memberi peringatan jika sensor menemukan tanda bahaya.
  • Fitur keamanan pintar. Fitur yang memungkinkan mobil untuk mengambil tindakan keamanan. Misalnya rem otomatis saat sensor merekam aktifitas manusia di depan mobil yang sedang berjalan.
  • Fitur parkir otomatis. Fitur ini memungkinkan mobil menemukan tempat parkir yang kosong. Sensor ultrasound yang disematkan pada VCU akan berkomunikasi dengan sistem di lahan parkir dan akan menunjukan informasi lokasi parkir yang kosong.
  • Perintah suara. Fitur perintah suara yang memungkinkan pengemudi memberi perintah menggunakan suara.


Mobil pintar adalah teknologi terbaru dunia. Saat ini ada beberapa produk mobil yang sudah diperkenalkan di berbagai pameran inovasi teknologi otomotif. Beberapa produk mobil pintar yang sudah dikenalkan diantaranya adalah Nissan Ariya, Mitsubishi Mi-Tech, Suzuki Hanare, Daihatsu Haku-haku dll.

Meski belum mencapai potensi maksimal, teknologi smart car masih akan terus dikembangkan. Salah perusahaan yang cukup getol mengembangkan smart car adalah Google. Melalui Waymo, Google terus melakukan berbagai penelitian supaya bisa menghasilkan kendaraan pintar yang memudahkan manusia namun tetap aman.

Smart Car juga mulai diterapkan sebagai robo-taxi, sebuah taxi tanpa pengemudi. Jepang adalah negara yang pertama kali mengoperasikan robo-taxi di jalanan umum. Robo-Taxi yang ada di Jepang dikembangkan oleh ZMP dan pengoprasiannya sebagai taxi dilakukan oleh Hinomaru Kotsu.

Diharapkan, pada tahun 2020, saat Jepang menjadi tuan rumah Olimpiade, robo-taxi ini sudah bisa beroperasi sepenuhnya secara komersial.

Negara Tiongkok juga sudah mulai mengadopsi robo-taxi ini untuk digunakan secara massal. Beberapa perusahaan teknologi asal Tiongkok sedang melakukan uji coba (test drive) di berbagai daerah Tiongkok.

Sedangkan di Amerika, Waymo dan Tesla adalah perusahaan yang cukup serius mengembangkan robo-taxi. Tesla bahkan cukup berambisi untuk segera menghadirkan robo-taxi di jalanan Amerika.


Jet Suit

Sebuah perusahaan di Inggris akhirnya berhasil mengembangkan sebuah alat yang bisa membuat seseorang terbang secara pribadi. Sebuah jet suit yang memungkinkan seseorang untuk terbang layaknya iron man. Jet suit ini bisa dibilang adalah pengembangan dari jet pack yang populer dari game GTA

Gravity Industries mengembangkan Jet Suit yang diberi nama Daedalus Mark I. Memiliki dengan tenaga mencapai 1.000 tenaga kuda yang bisa terbang hingga ketinggian 12.000 kaki. Ini adalah teknologi terbaru saat ini yang berhasil membuat publik dunia terkesima.

Desain dari Jet Suit yang dikembangkan oleh Gravity Industries mengusung konsep seperti kostum iron man. Jet Suit terdiri dari sebuah ransel yang terdapat baterai dan sistem kelistrikan utama. Pada bagian ransel juga terdapat 1 mesin jet yang menjadi power utama untuk terbang.

Pada bagian tangan terdapat sepasang mesin jet untuk masing-masing tangan. Posisi tangan berada di dalam sebuah wadah, yang didalamnya terdapat kontroler. Tangan menjadi pengendali untuk bisa bermanuver saat terbang menggunakan Jet Suit.

Seluruh part pada jet suit tersebut dibuat dengan teknologi 3D printer. Yang mana desain rancangan jet suit-nya dibuat menggunakan aplikasi 3D Solidworks dari Dassault Systemes.

Jet Suit ini memiliki berat 27 kilogram. Anda bisa membawanya ke rumah dengan merogoh kocek hingga $ 450.000.


Drone Delivery

Oleh masyarakat umum, drone lebih dikenal sebagai alat untuk menghasilkan aerial video/photo. Setidaknya itulah yang sering dilihat oleh orang-orang.

Pada dasarnya drone adalah pesawat tanpa awak. Drone bisa beroperasi menggunakan remot kontrol atau sistem komputer. Awalnya drone dikembangkan untuk kebutuhan militer kemudian mulai berkembang dan bisa digunakan oleh masyarakat umum.

Saat ini, ada beberapa perusahaan transportasi yang mengembangkan teknologi Drone dikombinasikan dengan AI untuk bisa melakukan air delivery atau kurir udara. Bayangkan, Anda memesan suatu barang kemudian diantarkan menggunakan sebuah drone.

Beberapa perusahaan yang mengembangkan drone delivery diantaranya adalah Amazon, Uber, JD.com, DHL, Google, dll.

Sistem kerjanya cukup sederhana. Anda memesan suatu barang di tempat yang menyediakan drone delivery melalui sebuah aplikasi. Pesanan tersebut kemudian akan diletakan pada drone pengantar oleh petugas.

Drone kemudian akan otomatis mengantarkan barang ke lokasi yang sudah Anda tentukan. Drone akan mendarat di area yang sudah ditentukan, dengan memberikan tanda landing. Setelah barang diambil, drone akan kembali lagi ke asal.

Teknologi ini sangat membantu mengefisienkan waktu pengiriman barang. Di Tiongkok, JD.com bahkan memanfaatkan teknologi ini untuk mengirimkan barang ke daerah pegunungan yang terpencil. Dengan teknologi ini, biaya pengiriman ke daerah terpencil tersebut bisa lebih murah.


Laundry Folding Machine

Teknologi tidak hanya bisa diaplikasikan untuk melakukan hal-hal spektakuler. Teknologi juga bisa digunakan untuk melakukan hal sehari-hari terasa lebih efisien. Salah satu teknologi yang cukup canggih untuk memudahkan aktivitas sehari-hari adalah Foldimate.

Alat ini merupakan mesin untuk melipat dan menyetrika baju secara otomatis.

Untuk saat ini, baru ada 2 merk laundry folding machine yang dikenal yaitu Laundroid yang dikembangkan oleh perusahaan asal Jepang dan Foldimate yang dikembagkan oleh perusahaan asal USA.


Water Generator: Creating Drinking Water from Air 

Dunia mengalami masalah serius terkait ketersediaan air bersih. Banyak daerah di seluruh dunia yang kekurangan akses terhadap air bersih. Meningkatnya populasi di seluruh dunia dan banyaknya sumber air yang tercemar akibat industrialisasi semakin meningkatkan krisis air secara global.

Watergen adalah sebuah perusahaan asal USA yang berusaha mengatasi masalah ini dengan menghadirkan suatu inovasi teknologi. Inovasi ini kemudian menjadi teknologi masa depan untuk mengatasi krisis air bersih di dunia.

Watergen menghadirkan water generator yang bisa mengubah udara menjadi air dalam beberapa ukuran untuk berbagai kebutuhan.

Beberapa produk yang dimiliki diantaranya:

  • Genny. Bisa menghasilkan air layak minum hingga 30 liter per hari. Cocok digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.
  • Gen M. Bisa menghasilkan air layak minum hingga 800 liter per hari. Cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan di sebuah institusi besar misalnya rumah sakit, universitas, mall, dll.
  • Gen L. Bisa menghasilkan air layak minum hingga 5000 liter per hari. Mampu  memenuhi kebutuhan air bersih untuk satu desa.


Cara kerjanya yaitu, water generator menarik udara. Seluruh partikel polusi dibersihkan dari udara yang masuk ke water generator. Setelah udara di filter dan dibersihkan dari seluruh partikel polusi, udara akan diubah menjadi air oleh teknologi GENius TM heat exchange.

Air yang sudah dihasilkan kemudian disaring kembali dan menambahkan mineral dalam air supaya kualitas air lebih baik dan layak dikonsumsi.

Dunia akan terus berkembang, teknologi canggih akan terus ditemukan. Manusia butuh menjadi bijak supaya teknologi benar-benar bisa dimanfaatkan untuk memudahkan hidup manusia tanpa menghilangkan sifat kemanusiaan kita. Diantara daftar teknologi canggih di atas, kira-kira manakah yang membuat Anda tertarik mencobanya?