3 Cara Merekam Layar Laptop Sesuai Sistem Operasi

Cara merekam layar laptop bisa dilakukan dengan fitur Game Bar pada Windows 10, QuickTime Player pada Mac, maupun aplikasi VLC. Simak langkah-langkahnya di sini.

3 Cara Merekam Layar Laptop Sesuai Sistem Operasi

Cara merekam layar laptop sangat mudah dan bisa dilakukan dengan 3 langkah berbeda.Pilihlah yang paling sesuai dengan spesifikasi laptop dan juga OS (sistem operasi) yang digunakan.

Merekam layar laptop dapat dilakukan dengan atau tanpa  aplikasi tambahan.Hasilnya pun bisa langsung digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk mengunggahnya di YouTube atau berbagai platform media sosial. 


3 Cara Merekam Layar Laptop

Untuk mengetahui bagaimana merekam layar laptop dengan mudah, berikut ini adalah 3 cara yang bisa Anda lakukan:


1.Menggunakan Game Bar

Salah satu cara merekam layar laptop Windows 10 tanpa menggunakan aplikasi tambahan adalah dengan menggunakan game bar. Anda hanya perlu mengaktifkannya saja. Lakukan langkah berikut ini:

  1. Pada taskbar, klik Start Menu (ikon bergambar Windows), lalu pilih Setting.
  2. Setelah muncul jendela baru untuk Setting, pilih fitur Gaming.
  3. Pada panel kiri, pilih Game Bar.
  4. Pastikan fitur Record game clips, screenshots, and broadcast using Game bar sudah dalam posisi On.
  5. Setelah game bar sudah menyala, Anda bisa tekan Windows + G. Shortcut tersebut hanya bisa diaktifkan jika Anda sedang membuka aplikasi. 
  6. Selanjutnya, Anda akan menemukan tombol record berwarna merah dan laptop siap untuk merekam. Bisa juga menggunakan shortcut Win+Alt+R.
Hasil rekaman dapat dilihat dalam folder Videos. Hasil rekaman akan tersimpan dalam format mp4.


2.Menggunakan QuickTime

Jika Game Bar adalah cara yang hanya berfungsi pada Windows 10, maka QuickTime hanya berfungsi di Mac. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada Spotlight Search, cari QuickTime Player.
  2. Aplikasi tersebut akan muncul sebagai ikon pada taskbar. 
  3. Tekan Ctrl pada keyboard, lalu klik ikon QuickTime Player. Akan ada jendela yang muncul, pilih rekaman layar baru (New Screen Recording).
  4. Bila Anda ingin merekam tidak hanya layar tetapi juga suara yang dihasilkan oleh Mac, maka Anda perlu menyalakan audio. 

Kelebihan QuickTime bila dibandingkan dengan Game Bar adalah ia bisa merekam hanya di satu sudut yang Anda kehendaki. Sedangkan kekurangannya adalah ukuran file besar, sehingga dibutuhkan penyimpanan yang lebih luas.


3.Memakai Aplikasi VLC

Bagaimana bila Anda adalah pengguna Windows selain Windows 10? 

Meskipun belum ada fitur Gaming Bar, ada cara merekam layar laptop Windows 7 atau versi Windows lain di bawah Windows 10. Yaitu dengan menggunakan aplikasi VLC.

Banyak orang mengira VLC hanya bisa digunakan untuk menonton video. Faktanya, aplikasi yang satu ini juga bisa digunakan sebagai perekam layar di laptop. 

Cara merekam layar laptop dengan VLC dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Download, lalu install aplikasi VLC. 
  2. Buka aplikasi VLC, pilih media. 
  3. Setelah itu akan muncul pilihan Open Capture Device. 
  4. Cari bagian Capture Mode > klik Desktop. 
  5. Klik bagian tanda panah ke bawah dan pilih Convert. 
  6. Tentukan dimana Anda ingin menyimpan file video hasil rekaman. 
  7. Selesai. Anda bisa klik start untuk memulai dan stop untuk mengakhiri rekaman. 

Kelebihan dari merekam dengan VLC adalah Anda bisa menentukan sendiri lokasi untuk menyimpan video, tanpa perlu memindahkannya lagi.

Untuk bisa memutuskan mana cara yang terbaik untuk merekam layar di laptop, tentu Anda harus mencobanya sendiri. Tentukan seperti apa kualitas video yang diinginkan dengan membuka pengaturan di masing-masing aplikasi  atau fitur. 

Hal lain yang harus diperhatikan adalah spesifikasi laptop. Jangan sampai hasil rekaman Anda menjadi kurang baik karena laptop yang digunakan kurang sesuai untuk merekam layar. 

Pastikan cara yang dipilih untuk merekam layar memang sesuai dengan kemampuan laptop sehingga menghasilkan tangkapan layar yang bersih.

Anda dapat memilih satu dari ketiga cara merekam layar laptop tersebut. Carilah yang dirasa paling mudah dan sesuai dengan spesifikasi laptop dan OS yang digunakan.