5 Tahap Dalam Cara Membuat Tanda Tangan Digital Online

Cara membuat tanda tangan digital secara online tidak sulit, dan bisa dilakukan dengan hanya 5 tahap. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak di sini.

5 Tahap Dalam Cara Membuat Tanda Tangan Digital Online

Cara membuat tanda tangan digital secara online tidak sulit, dan bisa dilakukan dengan hanya 5 langkah. 

Bila diminta untuk memberikan tanda tangan tetapi secara online, Anda tak perlu bingung. Yang perlu dilakukan adalah belajar tentang bagaimana cara membuat tanda tangan digital. 

Tanda tangan digital adalah sebuah tanda tangan yang bisa dikirimkan secara online dan tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Saat tidak bisa bertatap  muka karena kendala jarak atau waktu, maka tanda tangan digital adalah solusi untuk pengesahan dokumen. 


5 Langkah Dalam Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat tanda tangan online:


1.Kunjungi Online Signature

Ada banyak situs yang bisa digunakan untuk membuat tanda tangan digital online.  Namun salah satu yang menjanjikan hasil tanda tangan bagus dan memuaskan adalah Online Signature di https://onlinesignature.com/

Situs ini bisa menghasilkan tanda tangan digital dengan cepat, dan juga secara gratis. Anda tak perlu melakukan pembayaran apapun untuk download versi gambar dari tanda tangan yang sudah dibuat.


2.Draw Signature

Pada situs ini Anda bisa langsung unggah dokumen untuk menandatanganinya. Namun kali ini, yang akan saya ajarkan adalah bagaimana membuat tanda tangan digital dalam file terpisah. 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah klik Draw Signature. Pilihan ini ada di bagian pojok kanan atas dari website. Posisinya ada di sebelah tulisan Home dan Signature Generator.


3.Membuat tanda tangan

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat tanda tangan. Cara tanda tangan digital di laptop bisa menggunakan alat bantu seperti mouse untuk memudahkan Anda. Tetapi bila ingin hasil yang maksimal, maka Anda perlu menggunakan stylus pen. Bentuk dari stylus sama seperti pena biasa, sehingga Anda akan lebih mudah untuk membuat tanda tangan sesuai dengan aslinya.

Saat Anda menggambar tanda tangan pada langkah ini, pastikan Anda melakukannya di box putih yang tersedia. Coretan apapun yang berada di luar box putih tidak akan dapat terdeteksi oleh situs tersebut. 


4.Menyimpan Tanda Tangan Digital

Bila sudah selesai melakukan tanda tangan, maka Anda bisa menyimpannya dengan klik tombol Save di bagian bawah box putih. Tetapi bila ingin mengulangi, Anda bisa klik bagian Clear. Anda bisa mencoba berkali-kali sampai menemukan hasil yang pas dan sesuai dengan keinginan.


5.Unduh Tanda Tangan

Langkah berikutnya adalah mengunduh tanda tangan. Setelah klik Save, akan muncul pop up notifikasi yang menunjukkan bagaimana Anda bisa mengunduh tanda tangan tersebut. Klik bagian Download Signature. Setelah selesai, file tanda tangan yang Anda buat akan tersimpan dalam perangkat.

Bila file tanda tangan sudah jadi, Anda bisa langsung menggunakan atau menempelkannya pada dokumen yang dibutuhkan. Hasil dari tanda tangan digital ini berupa file JPEG. 

Sangat mudah bukan? Langkah membuat tanda tangan digital di laptop, PC, atau smartphone ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan cepat.

Itulah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan tanda tangan digital. Ada baiknya meskipun belum diminta, Anda membuat tanda tangan digital ini saat sedang tidak terburu-buru. Dengan demikian, hasil yang didapatkan lebih memuaskan dan bagus.

Cara membuat tanda tangan digital secara online akan memudahkan bisnis Anda. Selamat mencoba!