Pengertian Teknologi Informasi Beserta Fungsi dan Tujuannya

Pahami pengertian teknologi informasi berdasarkan pendapat dari para ahli,  fungsi,  tujuan dan manfaatnya dengan mudah. Simak penjelasannya di sini.

Pengertian Teknologi Informasi Beserta Fungsi dan Tujuannya

Sudahkah Anda memahami pengertian teknologi informasi? 

Banyak orang yang bilang bahwa sejak tahun 2010, teknologi berkembang dengan semakin pesat. Karena itulah, muncul sebuah kata bernama teknologi dan informasi. 


Memahami Pengertian Teknologi Informasi

Kali ini, saya akan berbagi tentang apa itu teknologi informasi, fungsi, tujuan, dan juga manfaatnya. Simak uraian berikut ini. 


Definisi Teknologi Informasi

Teknologi berasal dari dua kata, yakni techne dan logos. Dua kata ini berasal dari bahasa Yunani, techne memiliki arti keterampilan dan logos artinya ilmu.

Sementara informasi berasal dari bahasa latin, yakni informatinem. Arti dari informatinem adalah ide atau garis besar. 

Gabungan dari kata teknologi dan informasi, dikenal dengan nama teknologi informasi yang memiliki arti sebuah ilmu untuk mempelajari sebuah rancangan atau ide dan mengembangkannya.

Teknologi informasi biasanya berkaitan dengan fasilitas, baik perangkat keras maupun lunak, yang digunakan untuk sarana mempelajari atau mengembangkan ide baru. 

Pengertian teknologi informasi menurut para ahli, yakni Haag and Ken, adalah seperangkat alat yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan atau tugas yang berkaitan dengan proses informasi.

Menurut ITTA atau Information Technology Association of America, teknologi informasi adalah sebuah pembelajaran tentang perencanaan, pengembang dan implementasi yang menggunakan komputer sebagai basis sistem, baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak.

Sementara menurut Oxford English Dictionary, teknologi informasi diartikan sebagai segala macam sarana baik lunak maupun keras yang terhubung dalam jaringan dan telekomunikasi. Jaringan yang dimaksud oleh pengertian Oxford ini adalah dalam konteks bisnis dan juga usaha.

Menurut Williams and Sawyer, teknologi informasi adalah sebuah ilmu yang menggabungkan komputasi dengan komunikasi. Pengertian dari Williams and Sawyer ini banyak digunakan untuk mengenalkan teknologi informasi pada anak-anak atau pemula.


Fungsi Teknologi Informasi

Secara keseluruhan, teknologi informasi memiliki 6 fungsi utama. Fungsi-fungsi tersebut adalah untuk menangkap, mengolah, menghasilkan, menyimpan, mencari kembali dan mentransmisi. 

Yang dimaksud dengan mengolah atau processing adalah proses pengolahan data hingga bisa berubah ke bentuk lainnya. sementara transmisi adalah proses perpindahan atau pengiriman data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Keenam fungsi teknologi informasi ini harus bekerja dengan berurutan dan saling berkaitan agar bisa menghasilkan sebuah rangkaian teknologi informasi yang tepat dan sempurna.


Tujuan Teknologi Informasi

Lalu, apa tujuan dikembangkannya teknologi informasi? 

Sama seperti teknologi, teknologi informasi dikembangkan agar bisa menjadi solusi atau bentuk penyelesaian masalah dari keinginan dan kebutuhan manusia. Misalnya saja, dulu kita hanya bisa bertelepon dan mendengar suara. Tetapi kini, kita bisa mendengar suara dan melihat video melalui perkembangan teknologi informasi.

Tidak hanya itu, tujuan teknologi informasi yang lainnya adalah untuk memastikan adanya peningkatan pada efektivitas dan efisiensi dari sebuah pekerjaan. Hal ini terbukti dari banyaknya alat dan robot yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih cepat selesai.


Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat yang ditimbulkan oleh teknologi dan informasi ini sudah sangat terlihat di berbagai macam bidang, seperti pendidikan, industri, bisnis, kesehatan hingga militer. 

Dampak baik dari teknologi informasi jauh lebih banyak dibandingkan dengan efek buruknya.  Oleh karena itu, manusia terus menerus mengembangkan ilmu ini. 

Memahami pengertian teknologi informasi dari para ahli beserta tujuan, fungsi dan manfaatnya dapat membantu Anda untuk menguasai ilmu tersebut. Apakah Anda tertarik mempelajari teknologi informasi secara lebih mendalam?