3 Penyebab Internet IndiHome Lemot dan Cara Mengatasinya

Mengapa internet IndiHome lemot? Cari tahu 3 penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya di sini.

3 Penyebab Internet IndiHome Lemot dan Cara Mengatasinya

IndiHome lemot saat sedang digunakan tentu membuat urusan jadi terganggu. Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa IndiHome lemot hari ini?

Sebagai provider layanan internet rumahan, IndiHome memang memiliki banyak pelanggan. IndiHome banyak digemari karena jaringannya yang kuat dan menjangkau berbagai daerah. Namun tak bisa dipungkiri, kadang jaringannya tiba-tiba lambat dan sulit digunakan.

Penyebab IndiHome lemot diantaranya karena ada masalah dengan perangkat, terlalu banyak pengguna, atau ada gangguan. Kali ini, saya akan membahas ketiga penyebab IndiHome menjadi lemot tersebut dan bagaimana cara mengatasinya.


Jaringan Internet IndiHome Lemot? Ini 3 Penyebabnya

Banyak pengguna IndiHome yang belakangan ini merasa kesal karena jaringan internet mereka lambat atau lemot. Ada beberapa penyebab internet IndiHome menjadi lemot, diantaranya sebagai berikut.

1.Penempatan Router Kurang Tepat

Router sebaiknya tidak diletakkan di tempat yang terlalu rendah terlalu tinggi, atau tertutupi dengan benda lain. Ini bisa menjadi penyebab lemotnya jaringan internet. 

Router bisa diletakkan di pusat ruangan, dimana semua orang yang ada di rumah bisa mengaksesnya dari ruangan lain. Ruang yang tidak tertutup tembok beton adalah pilihan terbaik.


2.Terlalu Banyak Pengguna

WiFi memang bisa digunakan secara bersamaan. Namun secara logika, jaringan menjadi lemot bila digunakan oleh terlalu banyak orang dalam satu waktu. 

Jumlah pengguna akan seiring dengan jenis paket yang Anda pilih. Semakin besar Mbps, maka semakin banyak pengguna yang bisa menggunakan Wifi secara bersamaan.


3.Sedang Gangguan

Masalah ini merupakan hal yang paling sering menjadi penyebab mengapa jaringan  menjadi lemot atau bahkan IndiHome internet mati. 

Pengguna dari IndiHome semakin banyak. Tentunya pihak IndiHome perlu untuk memperbaiki sistem jaringan mereka agar semua pengguna dapat merasakan internet yang nyaman. Maka terkadang akan ada gangguan karena adaptasi sistem baru.

Gangguan juga bisa terjadi saat ada pohon tumbang atau cuaca buruk yang membuat kabel IndiHome putus.


Cara Mengatasi IndiHome Lemot

Tidak semua masalah IndiHome lemot bisa diatasi sendiri, terutama apabila masalahnya adalah gangguan. Anda memang bisa menghubungi pihak IndiHome untuk mengetahui kenapa internet mati. Namun Anda tetap harus menunggu hingga gangguan tersebut ditangani oleh teknisi IndiHome.

Untuk masalah mengenai router dan banyaknya pengguna, Anda bisa mencoba beberapa solusi berikut.

1.Mengatasi Masalah Router

Cara yang pertama adalah dengan restart router. Jaringan yang lemot bisa juga berasal dari perangkat, sehingga Anda perlu restart router dulu. 

Cara restart router IndiHome sangat mudah. Klik tombol off pada router lalu nyalakan kembali router.

Terkait posisi router, konsultasikan hal ini dengan orang yang paham dimana sekiranya lokasi yang pas untuk router. Pastikan bahwa router tidak terhalang oleh tembok karena bisa membuat jaringan menjadi terganggu.


2.Masalah Terlalu Banyak Pengguna

Anda bisa menerapkan sistem login dan hanya mengijinkan orang-orang tertentu untuk menggunakan jaringan. Dengan begitu, jumlah pengguna selalu terkontrol. 

Jika masih tidak berhasil, mungkin Anda membutuhkan jaringan dengan kekuatan yang lebih cepat. 

Hubungi pihak IndiHome melalui customer service untuk melakukan hal ini. Pastikan memilih paket jaringan yang tepat dengan FUP yang lebih tinggi agar jaringan Internet Anda tidak lemot.

Berdasarkan uraian diatas, ada 3 penyebab IndiHome lemot. Diantaranya adalah masalah perangkat (router), terlalu banyak pengguna, dan gangguan dari pusat. Untuk mengatasinya, Anda bisa restart router dan membatasi jumlah pengguna, atau upgrade paket internet yang lebih tinggi kapasitas FUP-nya. 

Permasalahan jaringan IndiHome lemot dapat diatasi dengan memastikan perangkat dan paket internet yang dipilih sudah sesuai. Coba lakukan tips dari saya agar internet lancar kembali.