Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format

Jangan langsung diformat, begini cara memperbaiki flashdisk minta format paksa di Windows dan upaya untuk menyelamatkan data-data penting di dalamnya.

Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format + Selamatkan Datanya

Cara memperbaiki flashdisk minta format tidak selalu harus benar-benar diformat. Bisa dibilang itu adalah solusi terakhir jika semua cara telah dicoba. Lagi pula Anda harus berusaha dulu untuk menyelamatkan data di dalam flashdisk sebelum melakukan format.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi flashdisk minta format secara paksa. Tapi yang harus digaris bawahi adalah tidak semua kasus punya solusinya serupa. Maka dari itu dari beberapa cara yang akan dibahas kali ini Anda harus mencobanya satu persatu.


Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format di Windows

Ketika terjadi error pada flashdisk, Windows secara otomatis menyarankan agar pengguna melakukan format. Kebanyakan orang akan segera mengikuti hal tersebut dan akhirnya data sebelumnya tidak dapat diselamatkan.

Padahal, ada cara memperbaiki flashdisk yang minta format tanpa menghilangkan data. Walaupun kemungkinannya tidak 100 persen, tetapi Anda patut mencobanya.


Pengecekan Dasar

Beberapa pengecekan mendasar perlu dilakukan terlebih dahulu guna mengetahui kondisi flashdisk. Berikut cara memperbaiki flashdisk minta format.


Pengecekan 1: Tancapkan di port USB lain

Barangkali ada kerusakan pada port USB yang Anda gunakan. Coba eject flashdisk, kemudian tancapkan di port lainnya. Kerusakan sangat mungkin terjadi jika Anda memakai USB hub sebagai port tambahan.


Pengecekan 2: Tes di Laptop/PC lain

Asumsikan pengecekan pertama gagal, yang artinya kemungkinan semua port USB rusak. Nah, sekarang coba di perangkat lain dan lihat apakah Anda bisa mengaksesnya dari explorer. 

Apabila belum tersolusikan, lakukan langkah pengecekan yang ketiga.


Pengecekan 3: Instal ulang driver flashdisk

Buka Device Manager/Manajemen Perangkat. Caranya, tekan tombol Windows + R (Run) => tuliskan devmgmt.msc => tekan Enter atau klik OK.

Pastikan flashdisk sudah tertancap di port USB supaya muncul di Device Manager. 

Expand bagian Disk drive => klik kanan pada driver flashdisk Anda => klik Uninstall Device, tetapi jangan centang bagian Delete the driver software for this device.

Setelah terhapus instal ulang driver dengan cara klik Action => Scan for hardware change. Tunggu sampai pemasangan driver selesai.

Eject flashdisk, lalu coba tancapkan sekali lagi. Cek apakah masih muncul pesan error atau tidak.


Periksa Kerusakan pada Drive

Kerusakan mungkin bukan pada fisik atau port USB, jadi coba cek dari dalam. Buka Run lagi (Windows + R), lalu tulis ‘cmd’.

Setelah jendela Command Prompt terbuka, tulis chkdsk n:/f.

Ganti huruf ‘f’ dengan kode drive flashdisk Anda. Tekan enter, kemudian tunggu proses pengecekan selesai.

Ini adalah pengecekan terakhir. Jika masih gagal dan Windows tetap memaksa untuk format, maka segera selamatkan data yang ada di dalam flashdisk.


Cara Selamatkan Data dari Flashdisk Minta Format

Cara format flashdisk bisa dilakukan seperti biasanya, tetapi sebelum itu pastikan semua data sudah diselamatkan. Langkah ini memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil data dan mengembalikannya.

Contoh aplikasi power data recovery data yang bisa Anda gunakan misalnya:

  • Minitool Power Data Recovery
  • Stellar Data Recovery
  • Uneraser, dll.

Apa bedanya dengan aplikasi drive recovery biasa? Aplikasi ini memindai file penting Anda pada volume drive RAW atau rusak. Setelah ditemukan, file bisa dipindahkan di lokasi lain.


Solusi Terakhir: Low Level Format

Setelah mencoba semua cara dan masih gagal, solusi terakhir adalah Low Level Format. Apalagi jika ternyata flashdisk minta format tapi tidak bisa diformat, maka Anda wajib melakukan cara ini.

LLF akan menghapus seluruh data Anda dari drive termasuk bagian bad sector. Dengan kata lain flashdisk akan jadi seperti baru lagi. Kemungkinan data bisa dikembalikan setelah terhapus hanya beberapa persen.


Penutup

Penyebab flashdisk minta format bisa sangat beragam. Masalah ini bisa terjadi karena virus, mencabut flashdisk sembarangan, benturan fisik, listrik tidak stabil, dll.

Penjelasan cara memperbaiki flashdisk minta format di atas adalah solusi untuk hampir semua permasalahan. Kecuali jika terjadi kerusakan fisik, misalnya flashdisk hancur karena benturan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.