Cara Menyambungkan HP ke TV Xiaomi dan Mi Stick Tanpa Kabel

Cara menyambungkan HP ke TV tanpa memakai kabel untuk perangkat Mi TV 4 dan Mi Stick dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah berikut ini.

Cara Menyambungkan HP ke TV Xiaomi dan Mi Stick Tanpa Kabel

Cara menyambungkan HP ke TV dikenal dengan istilah screencast atau mirroring. Dengan kata lain, tampilan yang ada di HP Anda juga akan muncul di layar TV secara bersamaan. Umumnya, hal ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan dan tanpa kabel.

Bagi pengguna Mi TV dan Mi Stick, untungnya Anda tidak perlu repot memakai kabel. Pasalnya Xiaomi sudah memberikan fitur screencast bawaan sehingga yang diperlukan hanyalah jaringan WiFi. Mari bahas satu persatu bagaimana cara menyambungkan HP ke TV tanpa kabel di TV Xiaomi.


Cara Menyambungkan HP ke TV Mi 4

Mi TV 4 adalah salah satu produk andalan Xiaomi di pasar Smart TV. Perangkat satu ini memiliki ukuran layar 32 inci dengan berbagai fitur premium, namun hanya dibanderol seharga Rp2 jutaan.

Sayangnya, Xiaomi memilih Miracast sebagai fitur cast bawaannya, alih-alih Chromecast. Meski fungsinya sama, tetapi kebanyakan pengguna lebih menyukai Chromecast.

Berikut penjelasan cara menyambungkan HP ke TV Mi 4 tanpa kabel.


Cara 1: Mirroring dari HP Xiaomi

Mi TV 4 sudah terintegrasi dengan semua ponsel Xiaomi sehingga bisa screencast tanpa perlu aplikasi pihak ketiga. Sebelumnya, pastikan HP dan TV Anda berada di jaringan WiFi yang sama, ya.

  • Masuk ke Pengaturan Mi TV => Keamanan => pilih opsi Pengaturan MiCast. Jangan keluar sampai proses menyambungkan selesai.
  • Buka ponsel Xiaomi Anda, masuk ke Pengaturan => Lainnya => aktifkan Tampilan nirkabel.
  • Temukan nama perangkat TV Anda di HP, lalu hubungkan.

Cara singkat ini akan langsung memunculkan layar HP Anda ke TV. Namun fitur screencast bawaan Mi TV 4 ini ternyata punya kelemahan, antara lain baterai cepat habis dan terjadi delay.


Cara 2: Mirroring dengan Aplikasi LocalCast

Ini mirip dengan cara menyambungkan HP ke TV dengan Anycast. Anda membutuhkan aplikasi tambahan bernama LocalCast di HP Android. Setelah itu ikuti instruksi di bawah ini.

  • Nyalakan Mi TV, masuk ke Pengaturan => Keamanan => ubah status layanan DLNA menjadi On.
  • Kemudian buka HP Android, unduh dan pasang aplikasi LocalCast for Chromecast.
  • Jalankan LocalCast, masuk ke Discovery options => aktifkan DLNA Renderers.
  • Setelahnya, HP akan otomatis mencari perangkat TV yang tersedia. Setelah nama Mi TV Anda muncul, pilih untuk langsung memunculkan tampilan HP di layar TV.


Cara Menyambungkan HP ke Mi Stick

Mi Stick adalah alternatif Mi TV karena harganya cuma sekitar Rp500 ribuan. Cara menyambungkan HP ke TV tabung juga bisa Anda coba dengan perangkat portable satu ini.

Seperti tertera di pada kotaknya, Mi Stick mendukung beberapa fitur seperti Netflix, Amazon Prime hingga Google Chromecast. Artinya Anda bisa menyambungkan HP ke TV melalui aplikasi Google Home.

  • Pastikan perangkat Mi Stick dan Android sudah berada di jaringan WiFi yang sama.
  • Unduh dan pasang aplikasi Google Home dari Play Store di HP Android Anda.
  • Jalankan aplikasinya, lalu login dengan akun Google yang sama di perangkat TV.
  • Izinkan akses lokasi dan Bluetooth.
  • Android akan mencari perangkat apa saja yang tersedia untuk dihubungkan.
  • Pilih Chromecast => tekan Next => setelah pencarian perangkat selesai, pilih MISTICKTV atau apapun nama TV Anda.
  • Atur volume lalu tekan Cast my Screen => Cast screen.

Sama seperti di Mi TV 4, screencast di Mi Stick juga punya kelemahan berupa latency alias delay. Namun fitur ini tetap sangat membantu untuk berbagai keperluan Anda.


Penutup

Demikian tutorial cara menyambungkan HP ke TV untuk pengguna perangkat Mi TV 4 dan Mi Stick. Anda bisa menggunakan fitur untuk presentasi, mirroring permainan, melihat album foto, video call, dan lain-lain. Sangat praktis dan fungsional.