5 Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Ponsel tiba-tiba banyak memunculkan iklan yang mengganggu? Coba cara menghilangkan pop up iklan Android ini untuk menghentikannya segera tanpa melakukan root.

5 Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Anda pasti akan sangat terganggu dengan kehadiran iklan yang tiba-tiba muncul di ponsel padahal sebelumnya tidak pernah terjadi. Lantas, bagaimana cara menghilangkan pop up iklan di android yang efektif? Mengingat kemunculan iklan di ponsel sudah tidak wajar.

Biasanya, iklan pada ponsel Android hanya akan muncul saat Anda membuka berbagai aplikasi gratis. Seperti game, aplikasi edit foto, dan masih banyak lagi. Saat Anda secara tidak sadar menekan sesuatu, kemunculan iklan menjadi sangat tidak wajar. 

Saat seolah-olah menggeser layar akan muncul iklan. Iklan juga terbiasa muncul di menu utama atau home screen. 

Tentu sangat mengganggu bukan? Untuk itu,  Anda harus segera menghilangkan penyebabnya agar kenyamanan Anda tidak terganggu saat sedang mengoperasikan Android. 

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan iklan tersebut.


1.Gunakan Aplikasi untuk Hapus Iklan

Salah satu cara menghilangkan virus iklan di Android adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Anda bisa mendownload aplikasi pihak ketiga bernama Adguard Content Blocker melalui Google Play Store, atau melalui website resminya.

Anda bisa menyesuaikan mana iklan yang akan dibersihkan menggunakan pemblokir konten adguard. Aplikasi ini akan bekerja lebih efektif untuk menghapus iklan di browser. Positifnya, Anda tidak harus menggunakan root untuk menjalankan aplikasi ini sehingga Android tetap aman. 


2.Hapus Iklan di Internet dengan Setelan Chrome

Salah satu tempat munculnya iklan paling parah adalah di browser. Salah satu browser paling populer, Chrome, bisa mengatasi permasalahan iklan yang mengganggu melalui pengaturannya. 

Cara menghilangkan iklan pop up di Chrome Android adalah sebagai berikut.

  • Buka Chrome, pastikan Anda berada di Tab Baru, klik titik 3 di pojok kanan atas
  • Klik menu “setting” atau “pengaturan”
  • Gulir ke bawah dan klik menu “setelan situs’’ atau “site settings’’
  • Klik opsi “pop up and redirect”
  • Klik “toggle” sampai berubah jadi abu-abu


Itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk menghapus iklan pop up di browser Chrome. Di setelan ini pula Anda dapat menghapus fitur iklan yang ada di bawah menu tersebut dan lakukan cara yang sama. 


3.Hapus Aplikasi Diduga Penyebab Iklan Pop Up

Selain cara di atas, Anda dapat menghilangkan pop up iklan yang tiba-tiba muncul secara manual dengan menghapus aplikasi yang dicurigai. Jika bingung, Anda bisa menghapus satu per satu aplikasi yang Anda unduh akhir-akhir ini. 

Caranya, hapus atau uninstal satu aplikasi dan restart ponsel Anda. Jika setelah menghapus aplikasi itu iklan menghilang, berarti aplikasi itulah penyebab utamanya.


4.Gunakan Play Protect by Google Play Store

Cara ini masih berkaitan dengan cara ke-3. Setelah Anda berhasil menghapus iklan dengan uninstal aplikasi diduga penyebabnya, Anda harus mengamankan ponsel agar tidak terjadi hal serupa. Untuk lebih efektif, Anda bisa mengaktifkan fitur Play Protect di pengaturan Play Store.

Caranya, buka aplikasi Play Store, klik menu di kiri atas.

Kemudian, klik ‘’Play Protect. 

Terakhir, klik ikon yang berbentuk roda gigi dan klik toggle ‘’Scan Device for Security Threads’’ di dalam roda gigi tersebut.  


5.Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Cara menghilangkan pop up iklan tanpa root terakhir yang berhasil menghapus iklan adalah dengan menghapus semua data di ponsel menggunakan opsi “kembalikan ke setelan pabrik’’. Tentu saja Anda harus siap dengan semua data yang benar-benar akan terhapus jika menggunakan pilihan ini

  1. Masuk ke menu “pengaturan’’ atau “settings’’ pada ponsel
  2. Cari opsi ‘’Backup & reset’’ atau langsung ketik “setelan pabrik’’ atau ‘’Factory and Reset’’ pada kolom pencarian.
  3. Ikuti perintah selanjutnya dengan seksama karena setiap merk ponsel memiliki cara yang berbeda.

Iklan merupakan hal yang sangat mengganggu. Mau tidak mau, Anda harus mencari cara menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul agar kegiatan berselancar di ponsel tidak terganggu. 

Itulah tadi 5 cara menghilangkan pop up iklan di android yang bisa Anda gunakan. Apakah cara ini membantu? Mulai sekarang, setidaknya Anda harus berhati-hati, terutama ketika muncul notifikasi. Jangan langsung klik ‘’allow’’ atau “setuju’’ tanpa membaca keterangannya.