5 Cara Paling Jitu Untuk Mempercepat Koneksi Internet

Anda pasti suka kesal jika koneksi internet Anda sangat lambat. Supaya koneksi internet Anda lancar, ikuti cara mempercepat koneksi internet berikut ini!

5 Cara Paling Jitu Untuk Mempercepat Koneksi Internet

Saat pekerjaan sedang menumpuk dan membutuhkan layanan internet yang sangat cepat, pasti Anda tidak mau tiba-tiba saja Anda kehilangan koneksi. Begitu koneksi wifi lambat dan hilang, pekerjaan Anda tentunya menjadi terhambat pula. Untuk mengatasinya, ikuti cara mempercepat koneksi internet dalam artikel ini.

Ada beberapa cara mempercepat koneksi internet wifi yang dapat diikuti dengan mudah. Berikut adalah ulasannya secara detail.


1.Cari Lokasi Yang Mendapatkan Sinyal Internet Paling Banyak

Cara pertama yang paling mudah dilakukan untuk mempercepat koneksi internet pc Anda yaitu mencari lokasi yang paling banyak mendapatkan sinyal internet atau wifi. Tempat dimana router diposisikan ternyata menentukan sekali kekuatan koneksi yang bisa Anda peroleh.

Supaya posisi komputer Anda bisa menangkap sinyal secara maksimal, pastikan Anda memposisikan router di lokasi yang tidak dihalangi oleh besi atau tembok. Selain itu, jauhkan juga alat-alat seperti microwave dan bluetooth receiver karena dapat mengacaukan sinyal wifi.


2.Atur Ulang Jaringan (Network Reset) Dan DNS Anda

Cara selanjutnya adalah mereset atau mengatur ulang jaringan Anda dan mem-flushing DNS. Kedua hal ini berfungsi untuk menyelaraskan perubahan informasi dengan data yang baru dalam sebuah domain, DNS, dan nama server.

Untuk mengatur ulang jaringan dan DNS Anda, pertama klik kanan pada mouse dan pilih Command Prompt, lalu klik Run As Administrator. Selanjutnya, masukkan kata Ipconfig/flushdns dan tekan Enter. Terakhir, masukkan kata Ipconfig/renew dan tekan Enter.


3.Tingkatkan IRPStackSize Ke Pengaturan Yang Lebih Tinggi

Cara ketiga adalah meningkatkan IRPStackSize ke dalam pengaturan yang lebih tinggi. Normalnya, nilai IRPStackSize adalah 15 poin, tetapi Anda bisa menaikkan nilainya sampai 50 poin.

Caranya pun mudah yaitu akses Registry Editor dengan memencet tombol Start > Run > (ketik) Regedit. Kemudian pilih 

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters, dan klik kanan pada IRPStackSize.

Pilihan menu Modify kemudian masukkan angka 50 untuk menaikkan nilainya dan OK. Tutup windows Registry Editor kemudian Anda bisa mematikan dan menghidupkan kembali PC Anda.


4.Cek Dan Hapus Riwayat Website Yang Pernah Anda Buka

Cara keempat yaitu dengan mengecek dan menghilangkan riwayat website yang pernah Anda akses. Saat Anda membuka website, browser Anda secara otomatis akan menyimpan riwayat, cache, dan cookies. 

Ketiga hal ini adalah elemen yang menyimpan setiap informasi termasuk password yang Anda gunakan di situs tertentu. Dengan membersihkan ketiga hal ini minimal sekali dalam satu bulan, Anda bisa mengoptimalkan kecepatan internet Anda.

Dengan melakukan hal ini, sayangnya Anda harus memasukkan lagi secara manual informasi seperti ID dan password untuk bisa masuk ke website yang sering Anda buka. Tentu sedikit repot jika Anda lupa username ataupun password Anda.


5.Minimalisir Tabs yang Dibuka Supaya Tidak Banyak

Mungkin tidak banyak dari Anda yang tahu kalau membuka tabs terlalu banyak rupanya bisa memperlambat jaringan internet Anda. 

Semakin banyak Anda membuka tabs di browser, maka perangkat Anda seperti komputer harus bekerja ekstra keras dan mengakibatkan lambatnya jaringan wifi.

Oleh karena itu, saat Anda online dan sedang membuka browser, pastikan Anda membuka tabs sesedikit mungkin agar kegiatan berselancar Anda cepat dan nyaman.

Jika salah satu cara mempercepat koneksi internet di atas tidak berhasil, Anda bisa mencoba semua cara yang diberikan oleh artikel ini. Jika masih terus mengalami masalah, kemungkinan Anda harus segera mengganti peralatan router Anda.