7 Penyebab Kartu SD Tidak Terbaca Pada HP Android, Wajib Tahu!

7 Penyebab Kartu SD Tidak Terbaca Pada HP Android, Wajib Tahu!

Ponsel pintarmu tidak bisa mendeteksi memory card? Tenang, ini lumrah dialami user HP Android. Kamu hanya perlu mencari tahu penyebab kartu SD tidak terbaca agar bisa mengatasinya.

Setidaknya ada 7 faktor yang menjadi penyebab kartu SD rusak atau tidak terbaca di HP Samsung, Xiaomi, dan lainnya. Berikut uraian singkatnya:


1. Kerusakan Pada Fisik Kartu SD

7 Penyebab Kartu SD Tidak Terbaca Pada HP Android, Wajib Tahu!

Sama halnya dengan SIM card, kartu SD juga rentan mengalami kerusakan pada fisiknya. Apalagi jika kamu sering melepas-pasang memory card. Ini bisa mengakibatkan permukaan kartu tergores, retak, ataupun patah.

Kerusakan pada fisik kartu SD berpotensi membuat data hilang. Karena itu, hindari melepas-pasang memory card, kecuali kamu memang perlu melakukannya.


2. Tertutup Kotoran atau Debu

Kartu SD terletak di dalam badan ponsel. Tapi ini tidak menutup kemungkinan permukaan kartu jadi kotor. Apalagi partikel debu yang kecil mudah masuk melalui celah di ponsel. 

Tidak percaya?

Coba saja kamu lepas kartu SD setelah beberapa bulan. Lap dengan lembut menggunakan tisu kering. Pasti ada debu yang menempel kan?

Untuk meminimalisir resiko kartu SD tidak terbaca di HP Samsung dan merek lain, maka kamu perlu membersihkannya secara berkala. Tapi ingat, jangan terlalu sering ya.


3. Slot Kartu SD Rusak

7 Penyebab Kartu SD Tidak Terbaca Pada HP Android, Wajib Tahu!

Slot kartu SD memiliki peran penting dalam proses membaca data di memory card. Sayangnya, bagian ini juga bisa mengalami kerusakan saat jatuh, terbentur, ataupun faktor usia.

Untuk mengetahui masalah ini, kamu bisa mencoba memasang kartu SD di ponsel lain. Jika kartu terdeteksi maka kemungkinan besar slot kartu SD kamu rusak.


4. Posisi Kartu SD Tidak Benar

Letak kartu SD di setiap ponsel tidak sama. Untuk ponsel dengan removable battery, biasa letaknya di dekat atau bawah baterai. Sedangkan ponsel dengan baterai tanam biasa ada slot kartu di bagian samping.

Kedua lokasi kartu ini sama-sama memiliki resiko.

Peletakan yang tidak tepat (terlalu longgar) bisa membuat kartu SD bergeser dan
tidak terdeteksi.

Selain itu, jika kartu memori ada di dekat atau bagian bawah baterai maka ada
resiko terlalu tertekan. Khususnya saat kamu meletakkan benda lain di atas
baterai.


5. Ada File yang Rusak atau Tidak Compatible

Kerusakan pada file yang disimpan dalam jangka lama bisa memicu kartu SD tidak terdeteksi oleh ponsel. Selain itu, beberapa jenis file juga tidak compatible saat dibuka di ponsel. Ini juga bisa menyebabkan memory card error.

Jadi, hindari menyimpan file yang rusak atau tidak compatible untuk meminimalisir resiko.


6. Virus

Salah satu alasan umum kenapa kartu SD tidak terbaca di HP OPPO, Xiaomi, dan
merek lain adalah virus.

Sayangnya, keberadaan virus pada kartu memori cukup sulit untuk kamu deteksi.
Biasanya virus ini masuk saat kamu mengakses link tertentu maupun mengunduh file.


7. Kartu SD Corrupted

7 Penyebab Kartu SD Tidak Terbaca Pada HP Android, Wajib Tahu!

Kartu memori corrupted sangat rentan terjadi ketika file yang disimpan melebihi kapasitas. Akhirnya sistem HP tidak bisa mendeteksi kartu SD.

Klaim sistem ui kartu SD tidak tersedia menjadi tanda lanjutan setelah ponsel terasa berat atau loading lemot. Jadi, pastikan kamu waspada jika kinerja HP terasa lambat.

Memahami penyebab kartu SD tidak terdeteksi akan membuatmu lebih mudah mencari jalan keluar. Apakah HP perlu dibawa ke tempat service? Atau kamu bisa mengatasinya di rumah.

Setiap alasan yang menjadi penyebab kartu SD tidak terbaca di atas juga bisa kamu minimalisir. Kamu hanya perlu merawat dan menggunakannya memory card dengan benar. Hindari hal-hal yang bisa memicu munculnya ketujuh penyebab di atas.