Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menghapus file cache dan file sampah.

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Terkadang, para pengguna smartphone akan merasa kesal karena memori internalnya telah penuh. Padahal tidak banyak data-data yang kamu simpan di dalam memori selain aplikasi. Jika kamu mengalami seperti itu, kamu perlu tahu cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi.

Memori internal yang penuh dengan data-data akan membuat kinerja smartphone menjadi berkurang. Bahkan dapat membuat aplikasi yang kamu jalankan menjadi lag dan tidak berjalan dengan normal. Jadi kamu perlu membersihkan data-data yang ada di dalam memori penyimpanan tersebut.


Tips Menambah Kapasitas Memori Internal HP Tanpa Menghapus Aplikasi

Berikut ini telah kami rangkum beberapa Cara membersihkan ruang penyimpanan Tanpa menghapus aplikasi Samsung maupun merk HP lainnya.


1. Bersihkan Cache

Cache merupakan file sampah yang dihasilkan dari penggunaan aplikasi yang ditampung di dalam memori HP Android kamu, namun sifatnya sementara. Bila dibiarkan tidak terlalu lama, maka cache ini akan memenuhi memori internal HP.
Membersihkan file cache di HP Android cukup mudah. Kamu dapat mengikuti step by step berikut:
  1. Buka menu ‘Setting’ di HP yang kamu gunakan.
  2. Kemudian tap pilihan ‘Storage’ dan buka penyimpanan aplikasi.
  3. Setelah itu tap aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya.
  4. Terakhir, tap tombol ‘clear cache’

2. Pindahkan Data ke MicroSD

Cara membersihkan ruang penyimpanan tanpa hapus aplikasi di HP Oppo dan HP lainnya yaitu dengan memanfaatkan microSD. Caranya adalah dengan memindahkan data-data yang ada di memori internal HP ke microSD.

Sesuaikan kapasitas microSD yang digunakan dengan kapasitas data yang akan
kamu pindahkan. Jika data di memori HP yang akan kamu pindahkan itu berukuran 8GB, maka microSD yang dipakai ukurannya harus 8GB atau lebih.

Berikut ini adalah step by step untuk memindahkan data dari memori internal ke microSD.
  1. Buka ‘Setting’ di HP kamu lalu pilih menu ‘Application’.
  2. Setelah itu pilih bagian ‘Application Manager’.
  3. Lalu pilih aplikasi yang akan kamu pindahkan ke microSD.
  4. Jika aplikasi dapat dipindahkan, maka kamu akan melihat opsi yang dengan tulisan ‘Move to SD Card’.
Tidak hanya aplikasi saja yang dapat kamu pindahkan, data lainnya seperti musik, foto, dan video dapat kamu pindahkan ke microSD. Proses pemindahannya dilakukan di File Manager.


3. Cadangkan Foto ke Google Photos

Google memiliki platform khusus yang berfungsi untuk backup foto pada HP Android. Bahkan platform ini dapat menyimpan foto dengan jumlah yang hampir tidak terbatas. Platform yang dimaksud bernama Google Photos

Dengan bantuan platform ini kamu dapat mencadangkan foto-foto di Android ke Google Photos. Dengan begitu memori internal HP kamu akan lebih leluasa.

Untuk memindahkan file foto ke Google Photos, kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Setelah membuka Google Photos, silahkan membuka menu Setting di HP yang kamu gunakan. Kemudian nyalakan saklar di menu ‘back up & sync’.

Jika foto-foto telah berhasil kamu backup ke Google Photos, foto yang ada di memori penyimpanan HP harus dihapus. Langkahnya sangat mudah. Kamu
tinggal mengetuk ‘free up device storage’ di pengaturan Google Photos.

Tips ini sangat cocok untuk kamu yang hobi memotret dan memiliki koleksi foto yang banyak di dalam memori. Apalagi ukuran foto dengan kualitas bagus itu biasanya cukup besar, sehingga berpotensi menguras space memori HP kamu.


4. Hapus File Musik

Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis yang selanjutnya dapat kamu lakukan yaitu dengan menghapus file musik. Tips yang satu ini mungkin cukup disayangkan bagi kamu yang suka mendengarkan musik di HP.

Tapi sekarang kamu lebih mudah mendengarkan berbagai musik dengan kualitas terbaik. Kamu dapat mendengarkan musik secara online dengan memanfaatkan aplikasi pemutar musik streaming seperti JOOX dan Spotify.

Namun tips yang satu ini tidak perlu dilakukan jika kamu memang tidak memiliki akses internet memadai untuk memutar musik online. Tapi kalau punya,sebaiknya pakai aplikasi online saja, sebab rata-rata file musik yang tersimpan di ponsel itu ukurannya besar.


5. Bersihkan File Sampah Dengan Aplikasi

Selain cache, ada juga file sampah lainnya yang harus kamu bersihkan dari HP Android. File-file sampah ini akan lebih efektif jika dibersihkan dengan memakai aplikasi cleaner.

Aplikasi cleaner biasanya akan melakukan scanning secara lebih mendalam dan file yang dilacak bukan hanya cache saja, tapi juga file sampah lainnya. Aplikasi cleaner yang dapat kamu gunakan Salah satunya adalah Files by Google.

Aplikasi tersebut dapat kamu unduh secara gratis di Google Play Store. Namun jika ingin mendapatkan fitur yang lengkap, kamu harus upgrade ke versi premium. Namun jika untuk kebutuhan membersihkan memori saja, versi yang
gratis saja telah bagus.

Yang penting untuk diperhatikan, pastikan untuk memakai satu aplikasi cleaner saja, misalnya Files by Google saja. Karena memasang aplikasi yang fungsinya sama itu dapat menambah data di memori HP kamu.

Itulah beberapa cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang dapat kamu coba. Aktivitas yang perlu kamu lakukan yaitu dengan membersihkan file cache dan file sampah di dalam HP secara rutin. Karena jika
dibiarkan lama, file tersebut akan semakin menumpuk.