Aplikasi Menghitung Selamatan Orang Meninggal Online

Aplikasi Menghitung Selamatan Orang Meninggal Online

Antiribet dan gampang dengan adanya aplikasi menghitung selamatan orang meninggal secara online dan aplikasi. Selengkapnya, berikut rekomendasi 7 software-nya.

Bingung dan tidak tahu cara hitung pendak untuk orang wafat? Tenanglah, kini ada aplikasi menghitung selamatan orang meninggal secara online, lengkap dari 3, 7, 40, sampai 1000 hari. Hasilnya dijamin 100% akurat dan bisa disimpan.

Selain hari pasaran, di aplikasi-aplikasi ini juga bisa menggunakan tanggal masehi, hijriah, neptu, dan tanggal jawa.

Apa saja aplikasinya?

1. Hitungan Hari Kematian

Pertama, yaitu Hitungan Hari Kematian dari Auto Teknomedia Sistem. Aplikasi ini sangatlah simpel, kamu cukup masuk ke aplikasi dan masukkan nama serta tanggal meninggal dari keluarga atau kerabat yang ingin kamu hitung.

Setelahnya, sistem akan menghitung kapan waktunya tahlil sesuai urutan selamatan orang Jawa.

2. Kalender Jawa (Hitung Selamatan, Weton, & Neptu)

Aplikasi yang kedua dari Miernabase Dev yang tampilannya seperti kalender cetak dengan tanggal masehi, hijriah, plus neptu hari.

Jadi, ketika kamu mengklik pada tanggalnya, sudah tertera kalender Jawa pasaran neptu hari dan lainnya. Sehingga ini memudahkan kamu untuk
menghitung selamatan.

3. Hitungan Tahlil Orang Wafat

Tidak jauh berbeda dengan software sebelumnya, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Hitungan Tahlil Orang Wafat dari Marisinau untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengadakan selamatan mulai dari 3 hari sampai 1000 hari.

4. Hitung Hari Peringatan Kematian (Tahlilan)

Selanjutnya ada aplikasi dari kurangturu dengan namanya Hitung Hari Peringatan Kematian. Di aplikasi ini kamu bisa mendapatkan notifikasi
peringatan apabila sudah mendekati hari selamatan.

Selain itu, desain aplikasinya cukup menarik dengan dominasi warna hijau. Bahkan kamu bisa dengan mudah membagikan atau menyimpan catatan hitungan hari peringatan.

5. Pasaran Jawa; Selamatan, Pasaran, Weton, Neptu

Kemudian, ada aplikasi Pasaran Jawa dari ingsoon yang bukan hanya bisa kamu gunakan untuk menghitung tahlilan orang wafat, tetapi juga menghitung selamatan hari kelahiran.

Bahkan isinya pun cukup lengkap dengan adanya mutiara Jawa, ilmu titen, dan bahasa Jawa.

6. Aplikasi Hitung Pendak Orang Meninggal by Nizam Komputer

Selain berbentuk aplikasi, kamu juga bisa mencoba aplikasi menghitung selamatan orang meninggal online dari nizamkomputer.com untuk menghitung
setiap pendak dari orang mati.

Untuk menggunakannya, kamu cukup memasukkan nama dan tanggal wafatnya.

7. Hitung Pendak Orang Mati by walisongo

Terakhir, kamu bisa menggunakan alat dari walisongo.co.id untuk aplikasi hitung online pendak orang mati.

Di sini, kamu hanya perlu memasukkan tanggal kematian, kemudian submit. Tunggulah beberapa saat sampai hasil penghitungan keluar.

Urutan Acara Selamatan Orang Meninggal dan Cara Menghitungnya

Dalam tradisi Jawa, baik kelahiran maupun kematian selalu diperingati dengan tahlilan. Untuk tahlilan orang wafat terdiri dari 8 acara, yaitu.

1. Geblag

Geblag alias nyaur atau ngesur tanah ialah tahlilan pada hari yang sama dengan orang tersebut mati.

2. Telung Dina

Yaitu tahlilan yang terlaksana pada tiga hari kematian. Cara menghitungnya menggunakan rumus lusarlu atau hari ketiga pada pasaran ketiga.

3. Pitung Dina

Ini adalah tahlilan yang pelaksanaannya pada hari ketujuh kematian. Menghitungnya menggunakan rumus tusaro alias hari ketujuh pada pasaran
kedua.

4. Patangpuluh Dina

Ini adalah selamatan pada hari ke-40 kematian dengan rumus perhitungan masarma, yakni hari dan pasaran kelima.

5. Satus Dino

Sama seperti namanya, ini terlaksana pada hari ke-100 kematian dengan rumus perhitungan berupa rosarma. Jadi, terlaksananya pada hari kedua, pasaran kelima.

6. Medak Pisan

Tahlilan terlaksana pada satu tahun setelah kematian dengan rumus patsarpat atau pada hari dan pasaran keempat.

7. Medak Loro

Sama seperti medak pisan, ini terjadi setelah dua tahun kematian dengan rumus hitung rosarpat, yaitu hari pertama pasaran ketiga.

8. Sewu Dino

Terakhir, yakni 1000 hari. Terlaksana dengan hitungan nemsarma atau hari ke-6 pada pasaran kelima.

Dengan adanya aplikasi menghitung selamatan orang meninggal di atas, tentu kamu tidak perlu lagi ribet dan pusing memikirkan cara hitung setiap pendak-nya. Sangat membantu, kan? Apalagi hasilnya bisa disimpan.