Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran, Bisa di HP

Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran, Bisa di HP

7 aplikasi untuk membuat video pembelajaran yang bisa digunakan di HP, dijamin bagus hasilnya video makin kreatif dan inovatif. Ada yang untuk
komputer juga.

Salah satu taktik untuk memberikan pembelajaran yang edukatif tetapi kreatif dan inovatif adalah dengan video pembelajaran. Namun, bagi yang belum pernah membuatnya tentu akan mengalami kesusahan. Lalu, adakah aplikasi untuk membuat video pembelajaran yang gampang penggunaannya?

Selain mudah pengaplikasiannya, beberapa rekomendasi aplikasi untuk membuat video pembelajaran ini juga mempunyai fitur yang mudah untuk kamu pahami.

Berikut rekomendasi aplikasi edit video terbaik di ponsel.

1. Kinemaster

Siapa yang belum mengenal Kinemaster? Software yang memungkinkan kamu untuk menyunting video dan mengolahnya menjadi lebih menarik lagi.

Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh YouTuber, musisi, konten kreator, dan masih banyak lagi penggunanya.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini via Google Play Store atau App Store. Kalau kamu bingung bagaimana cara menggunakan aplikasi Kinemaster, kamu bisa pergi ke YouTube dan mencari serta mendapatkan tutorial lengkapnya di sana.

2. Power Director

Selanjutnya aplikasi yang tak kalah terkenal dari Kinemaster, yaitu Powerdirector yang populer dengan gaya sinematiknya.

Dalam software ini, kamu akan menemukan banyak fitur menarik yang siap mempercantik dan memperindah tampilan videomu.

Selain itu, kamu bisa menyisipkan slide-slide juga ke video agar lebih menarik lagi ketika shared screen Zoom loh.

3. Viva Video

Aplikasi yang ketiga, yaitu VivaVideo. Fiturnya terbilang kompleks untuk beragam jenis kepentingan editing.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa menciptakan video untuk kamu posting di sosial media atau untuk keperluan media pembelajaran.

4. InShot

Kemudian ada InShot. Menggunakan aplikasi ini, kamu bisa memangkas, mengkombinasikan dua video atau lebih, menambahkan transisi; lagu atau
instrumen; teks; sticker; dan masih banyak lagi fitur kerennya.

Selain bisa untuk membuat video YouTube, kamu juga bisa membuat video Instagram menggunakan aplikasi ini dengan gaya yang cantik.

Bukan hanya itu, Inshot juga bisa kamu pakai sebagai aplikasi pembuat video materi pembelajaran loh karena fiturnya sangat ciamik menambah kecantikan tampilan video.

5. FilmoraGo

Selanjutnya FilmoraGo yang menghasilkan video-video lucu dan unik. Selain itu, menggunakannya tanpa watermark dan batasan. Sehingga kamu bebas menggunakan filter, efek, dan fitur lainnya untuk videomu.

Untuk interface-nya sangatlah mudah dipahami, bahkan oleh newbie sekali pun.

6. Canva

Percaya enggak kalau Canva bisa digunakan untuk membuat video materi pembelajaran?

Jadi, di Canva ada banyak template sesuai dengan kategorinya untuk membuat media belajar. Mulai dari brosur, pamflet, selebaran, grafis, hingga video.

Kamu hanya perlu mengaksesnya melalui ponsel atau laptop untuk menggunakannya.

7. Powtoon

Terakhir aplikasi presentasi sekaligus video animasi interaktif, Powtoon. Jadi, kamu bukan hanya membuat video edukatif, tetapi juga bisa membuat video animasinya, infografis bergerak, serta lainnya.

Dengan Powtoon, guru bisa menjelaskan materi dengan lebih jelas. Selain itu, di aplikasi ini tersedia beberapa fitur menarik seperti penambahan karakter, efek teks, dan lain-lain.

Setelah pengeditan selesai, kamu bisa mengunggahnya di kanal YouTube, sosial media, atau menyimpannya dalam beberapa bentuk, seperti PDF, PPT, dan MP4.

Selain ketujuh aplikasi di atas, masih ada banyak aplikasi yang siap untuk kamu coba demi membuat videomu menjadi menarik.

Yang perlu kamu garisbawahi ketika membuat video interaktif guna memperlancar proses belajar mengajar, tentu kamu membutuhkan keterampilan
dalam mengolah, menyunting, dan menciptakan video.

Namun, kini tidak lagi sulit berkat adanya aplikasi untuk membuat video pembelajaran di atas. Sudah siap mencobanya?