Ada Tugas Merangkum? Ini 5 Aplikasi untuk Merangkum

Ada Tugas Merangkum? Ini 5 Aplikasi untuk Merangkum

Sedang ada banyak sekali tugas untuk merangkum? Tak perlu bingung lagi. Manfaatkan 5 aplikasi untuk merangkum berikut ini. Tugas kelar, anti lelah.

Ada banyak tugas untuk merangkum? Sedang malas membaca, tetapi tetap ingin dapat informasi penting? Buat semuanya lebih mudah dengan aplikasi untuk merangkum. Tak perlu membaca dan menulis banyak-banyak, tools ini bisa memudahkanmu untuk membuat rangkuman.

Rekomendasi aplikasi untuk merangkum berikut ini berupa tools yang bisa diakses menggunakan browser. Jadi, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan. Langsung saja manfaatkan tools tersebut dengan membuka alamat-alamat website berikut.

Tools dan Aplikasi untuk Merangkum

Butuh aplikasi merangkum online? Kamu tinggal memilih salah satu di antara beberapa tools berikut. Lebih serunya lagi, kamu tidak perlu men-download tools tersebut. Cukup buka websitenya menggunakan browser kamu.

1. Text Summarization

Website untuk merangkum yang recommended adalah Text Summarization. Untuk menggunakan tools ini, kamu hanya perlu mengunjungi situs website resmi mereka di sini. Setelah itu, kamu tinggal klik bagian “Text Summarizer Online”.

Pada halaman tersebut, ada kolom untuk memasukkan alamat URL website yang ingin kamu rangkum. Jika tidak ingin merangkum dari website, kamu juga bisa copy paste artikel di kolom bawahnya. Kemudian, di kolom paling bawah, kamu tinggal mengetikkan berapa jumlah kalimat yang kamu butuhkan dalam rangkuman. Kamu tinggal klik “Summarize Now.

2. Resoomer

Selanjutnya, untuk keperluan meringkas jurnal atau tulisan lainnya, kamu juga bisa menggunakan website Resoomer. Situs ini menjadi salah satu cara resume jurnal otomatis yang bisa diandalkan. Hanya butuh beberapa klik saja dan rangkuman pun akan selesai tanpa ribet.

Kamu cukup masuk ke situs web ini, pastikan bahasanya sudah kamu ubah menjadi bahasa Indonesia, ya. Selanjutnya, cukup copy paste artikel atau jurnal yang ingin kamu rangkum. Kamu juga bisa pakai link URL artikel untuk artikel yang diposting di website. Terakhir, klik “Resoomer”.

Hasil ringkasan berupa tulisan yang lebih pendek dan padat daripada aslinya.Waktu untuk membaca pun bisa lebih pendek.

3. Synopsis

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan situs Synopsis untuk meringkas bacaan secara online. Sama seperti cara-cara sebelumnya, hanya butuh beberapa klik saja untuk membuat rangkuman bacaan.

Pertama-tama, kamu harus mengunjungi situs Synopsis di sini. Selanjutnya, masukkan link URL bacaan yang ingin kamu rangkum. Terakhir, klik “Run Example”.

Meski sangat sederhana, ada beberapa kelemahan dari situs ini, ya. Synopsis hanya mampu merangkum teks dalam bahasa Inggris. Jadi, untuk bahasa yang lainnya, pakai dulu cara sebelumnya.

4. Prepostseo

Selanjutnya ada tools merangkum online keren yang bernama Prepostseo. Tools yang satu ini memungkinkan kamu untuk meringkas bacaan atau artikel berdasarkan kata dan persentase. Artinya, jika kamu ingin meringkas berdasarkan jumlah kata, atur saja jumlah kata yang diinginkan. Jika ingin berdasarkan persentase, tinggal pilih berapa persen jumlah rangkuman.

Kemudian, website ini juga bisa merangkum teks berbahasa Indonesia dan beberapa bahasa lainnya. Langsung saja kunjungi situsnya di sini.

5. Editpad

Selanjutnya, untuk meringkas teks yang panjang, kamu juga bisa menggunakan Editpad. Tools ini recommended karena tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk Indonesia. Jadi, kamu bisa merangkum tugas apa pun.

Cara merangkum menggunakan aplikasi ini pun sangat mudah. Langsung saja kunjungi website Editpad di sini dan masukkan teks yang ingin kamu ringkas.

Penutup

Dengan menggunakan salah satu dari 5 aplikasi untuk merangkum di atas, kamu bisa lebih hemat waktu. Tak perlu membaca artikel yang panjang-panjang, kamu bisa mengambil intisari artikel melalui tools merangkum tersebut. Semoga bermanfaat!