3 Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Tanpa Aplikasi

3 Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Tanpa Aplikasi

Bosan dengan icon aplikasi yang itu-itu aja? Simak cara mengganti icon aplikasi Android tanpa aplikasi berikut untuk tampilan ponsel yang lebih fresh!

Belakangan ini, tren layouting ponsel Android semakin marak. Orang-orang sebisa mungkin mengatur layout sesuai preferensi estetika masing-masing, termasuk mengganti icon aplikasi. Maka dari itu, cara mengganti icon aplikasi android tanpa aplikasi semakin banyak dicari.

Icon aplikasi dengan tema tertentu bisa membuat tampilan ponselmu jadi lebih fresh dan ga bikin bosen, lho. Yuk, cari tahu gimana caranya di penjelasan berikut.

1. Lewat Toko Tema

Cara paling simpel untuk mengganti icon pada ponsel Android milikmu adalah lewat Pengaturan ponsel. Berikut ini adalah cara mengubah icon
aplikasi Xiaomi tanpa aplikasi dan bisa diterapkan di ponsel Android merk lain juga, check it out!

  1. Buka ‘Settings’ pada ponsel Android milikmu.
  2. Klik menu ‘Themes’ dan kamu akan diarahkan menuju halaman toko tema dengan pilihan beraneka macam.
  3. Pilih tema yang sesuai dengan seleramu dan klik ‘Download’. Biasanya, tema yang tersedia sudah lengkap dengan icon packs sehingga icon aplikasi otomatis akan menyesuaikan tema yang kamu pasang.
  4. Setelah unduhan selesai, ‘Apply’ tema dan voila! Icon aplikasi di hpmu sudah otomatis berubah sesuai tema.

2. Lewat Toko Icon

Nah, meskipun tema memiliki icon packs yang fixed dengan konsep tema tersebut, kamu tetap bisa mengubahnya, lho!

Caranya adalah dengan mengunduh icon packs-nya secara terpisah. Simak cara mengubah icon aplikasi di hp Samsung yang bisa kamu aplikasikan di merk lainnya juga pada langkah-langkah berikut:

  1. Buka ‘Settings’ pada ponsel Android milikmu.
  2. Klik menu ‘Themes’ dan kamu akan diarahkan menuju halaman toko tema dengan pilihan beraneka macam.
  3. Masuk ke tab ‘Icons’ dan pilih icon yang paling kamu sukai. Ada beragam icon dengan kategori berbeda yang bisa kamu pilih.
  4. Setelah menjatuhkan pilihan, klik opsi ‘Download’ dan biarkan icon terunduh.
  5. Saat icon berhasil terunduh, pilih opsi ‘Apply’ dan icon ponselmu akan otomatis berubah tanpa ikut mengubah tema ponselmu.

3. Lewat Pengaturan

Ada satu lagi cara yang khususnya lebih cocok dengan merk hp Oppo. Cara mengubah icon aplikasi Oppo ini juga sangat mudah. Inilah langkah-langkah yang harus kamu ikuti:

  1. Buka ‘Settings’ di ponselmu.
  2. Pilih menu ‘Homescreen & Wallpaper’.
  3. Scroll ke bawah dan pilih opsi ‘Set Icon Style’.
  4. Ada beberapa pilihan icon default dari sistem berupa Default, Material Style, dan Pebble. Namun, jika kamu mau icon yang lebih variatif, pilih opsi paling bawah yaitu ‘Custom (Use Art+ icons)’.
  5. ‘Apply’ icon pada launcher ponsel dan iconmu akan otomatis berubah sesuai keinginanmu.

Mengganti Icon Aplikasi, Buat Apa?

Ada banyak alasan yang mendasari keinginan user Android untuk mengubah tampilan icon di ponselnya. Beberapa alasannya adalah sebagai berikut:

  1. Ingin suasana baru.
  2. Merasa bosan dengan icon yang gitu-gitu aja.
  3. Mengikuti tren aesthetic phone concept yang sedang in.

Nah, untuk alasan yang terakhir, kamu mungkin saja merasa kurang puas dengan menggunakan cara di atas. Cara paling tepat untuk kustom tampilan icon aplikasi yang benar-benar sesuai keinginanmu adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Beberapa contoh aplikasi yang bisa kamu gunakan yaitu X Icon Change, Icon Change Free, dan Ume Icon Changer. Dengan aplikasi tambahan ini, kamu bahkan bisa mengambil foto dari galeri untuk replace icon aplikasi apapun di ponselmu.

Akan tetapi, jika kamu lebih memilih cara yang cepat dan efisien, kamu bisa mengikuti cara mengganti icon aplikasi android tanpa aplikasi di atas.