7 Aplikasi Al Quran Recommended untuk Perlancar Ibadah

7 Aplikasi Al Quran Recommended untuk Perlancar Ibadah

Enggan membawa mushaf Al Quran fisik ke mana-mana? Di era yang lebih canggih ini, kamu bisa beribadah tanpa ribet dengan aplikasi Al Quran
digital.

Sebagai umat muslim, membaca Al Quran adalah ibadah sehari-hari yang perlu kita amalkan. Namun, karena mobilitas masyarakat era ini yang semakin tinggi, terkadang kita enggan membawa Al Quran ke mana-mana. Oleh karena itu,
solusi terbaiknya adalah mengunduh aplikasi Al Quran.

Di era yang sudah lebih canggih ini, Al Quran juga sudah ada dalam bentuk aplikasi, lho. Jadi, kamu bisa membaca Al Quran di mana saja tanpa takut dilabeli sok alim. Dengan menggunakan aplikasi AL Quran Indonesia, amalan kita bisa lebih mudah dan tidak mengundang cemoohan dari orang lain.

Karena ada banyak sekali aplikasi Alquran yang bisa kamu temui di Google Play Store atau Apple Store, berikut adalah 7 rekomendasi aplikasi Al-Quran terbaik offline dan online.

1. Quran – Colour Coded Tajweed

Aplikasi yang satu ini tersedia di Android dan developer yang membuatnya adalah Azzam Sheikh. Yang menarik dari aplikasi Quran Coloured Coded adalah adanya warna-warna yang berbeda untuk memperjelas bacaan tajwid.

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana melafalkan huruf-huruf dalam Al Quran, aplikasi ini akan memudahkan kamu.

2. Al Quran (Tafsir & By Word)

Aplikasi kedua merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Greentech Apps Foundation. Aplikasi yang satu ini sudah tersedia di Android maupun iOS, lho. Yang paling menarik dari aplikasi ini adalah adanya tafsir per kata.

Tak hanya tafsir dalam bahasa Indonesia, ada total 35 bahasa di aplikasi ini. Jadi, kamu akan lebih mudah memahami makna-makna dalam Al Quran melalui tafsir tersebut.

3. Umma

Untuk kamu yang mencari aplikasi AL Quran buatan Indonesia, Umma ID adalah pilihan terbaik. Aplikasi ini dikembangkan sendiri oleh Umma. Selain membaca Al Quran lewat aplikasi, ada banyak fitur bermanfaat lainnya di aplikasi ini.

Kamu bisa mengetahui jadwal salat di daerahmu, menemukan arah kiblat yang tepat, serta dilengkapi dengan panduan tajwid. Ada juga bookmark untuk menandai bacaan Quran terakhirmu.

4. Quran Best

Aplikasi Al Quran buatan anak Indonesia lainnya adalah Quran Best. Di aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan banyak fitur menarik, yakni bookmark, murotal Al Quran 30 juz, terjemahan ayat suci sekaligus tafsirannya, hingga pencarian ayat dengan keyword.

Aplikasi yang satu ini juga sangat kekinian karena memiliki fitur mini podcast, chat antar anggota, hingga grup mengaji.

5. Al Quran Indonesia

Aplikasi selanjutnya adalah Al Quran Indonesia. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini jelas buatan anak negeri. Fitur yang ada dalam aplikasi ini tidak hanya Al Quran digital.

Ada banyak fitur bermanfaat lainnya, seperti kalender Islam, jadwal salat & imsakiyah, audio murottal Alquran, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini secara online maupun offline.

6. Muslim Pro

Ada juga aplikasi Al Quran yang namanya sudah mendunia, yakni Muslim Pro.
Aplikasi ini sudah diakui oleh banyak ulama di berbagai belahan dunia. Selain Al Quran digital, aplikasi ini juga menyajikan berbagai informasi menarik, seperti wisata halal dan pelacakan masjid paling dekat.

7. Quran Majeed

Pengguna Apple bisa men-download aplikasi Al-Quran ini di Apple Store dan Play Store. Quran Majeed hadir untuk pengguna dengan berbagai tema yang menarik.
Sama seperti Muslim Pro, ada banyak informasi menarik di aplikasi ini, termasuk wisata halal dan masjid terdekat.

Setelah membaca pembahasan ini, semoga kamu tidak bingung lagi memilih aplikasi Quran, ya. Kamu tinggal memilih satu di antara beberapa aplikasi yang sudah tersebut di atas. Pilih saja sesuai dengan kebutuhan kamu, ya.