7 Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks, Mudah & Cepat

7 Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks, Mudah & Cepat

Mencari aplikasi yang bisa membantu kamu membuat catatan tanpa harus mengetik? Temukan aplikasi pengubah suara menjadi teks yang tepat di
bawah ini.

Kamu malas ngetik untuk membuat catatan? Jangan khawatir, gunakan saja aplikasi pengubah suara menjadi teks di bawah ini.

Aplikasi yang akan membantu kamu menulis hanya dengan mengidentifikasi suara.

Berikut daftar aplikasi pengubah rekaman suara menjadi teks:

1. Live Transcribe - Speech To Text Converter

Aplikasi untuk mengubah ucapan menjadi teks dan dapat dikirim sebagai Email atau chat dan dipindahkan ke aplikasi lain. Manfaatkan untuk menulis teks pendek atau panjang dengan mudah dan tanpa batasan.

Bahkan teks yang tertulis bisa kamu edit saat aplikasi masih mengidentifikasi dan mencatat suara.

2. Speechnotes

Buat kamu yang ingin memilih proses pengetikan yang cepat dan mudah, gunakan aplikasi pengubah suara menjadi teks di Android ini. Aplikasi yang akan memudahkan kamu dalam menulis teks yang pendek maupun panjang, termasuk perintah pengetikan simbol.

Lebih dari itu, Speechnotes sudah dilengkapi dengan penyimpanan otomatis ke Google Drive. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kehilangan catatan. Bahkan bisa kamu gunakan dalam keadaan offline dan bisa digunakan sampai berjam-jam tanpa berhenti mendengarkan kamu.

3. Google Keyboard (G-Board)

Tidak hanya untuk menulis artikel panjang. Fitur canggih dalam aplikasi GBoard juga bisa kamu manfaatkan untuk mengetik di aplikasi chat seperti WhatsApp, Wechat sampai Line.

Menariknya, GBoard juga menyediakan lebih dari 60 bahasa yang bisa kamu gunakan. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menekan tombol mikrofon dan rekaman audio akan berlangsung.

Sangat sederhana dan mudah digunakan. Hanya saja, kamu harus mengucapkan setiap kata dengan jelas dan tidak terlalu cepat supaya tidak terjadi kesalahan pengetikan.

4. Windows Voice Recognition

Merupakan fitur bawaan Windows yang berguna untuk mengubah suara menjadi teks di word. Bahkan fitur ini dapat membantu kamu menggunakan kata-kata yang tepat yang ada di kamus. Sehingga meminimalkan penggunaan ejaan yang salah.

Jadi, kamu hanya perlu mengucapkan kata-kata dan sistem komputer akan memprosesnya dalam bentuk teks. Dengan cara ini, pengetikan akan lebih cepat dan mudah, terutama bagi kamu yang tidak terlalu mahir dalam mengetik.

5. Notulite

Software yang mampu mengidentifikasi berbagai karakter suara. Sehingga dapat membedakan suara pertama, kedua, dan yang lainnya.

Bagian terbaiknya, dengan Notulite kamu tidak perlu bingung bagaimana menulis dengan ejaan yang benar. Karena Notulite melakukan semuanya untuk kamu.

Teks yang ditulis akan secara otomatis menyesuaikan dengan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

6. Speech to Text Widya Wicara

Aplikasi pengubah suara menjadi teks untuk PC, smartphone, smart speaker, dan laptop. Bisa untuk notulensi dan bisa menerima berbagai macam jenis suara orang.

Tidak hanya itu, aplikasi karya anak bangsa ini juga bermanfaat untuk membuatsubtitle video dan asisten virtual.

7. Otter

Aplikasi yang memudahkan kamu membuat catatan secara real time. Jadi, kamu bisa membiarkan aplikasi ini menyimpan keseluruhan kegiatan dengan menginput audio melalui bluetooth atau mikrofon built-in.

Sementara kamu bisa fokus dengan kegiatan. Selanjutnya tambahkan gambar atau slide pada catatan yang tersimpan dan tinjau kembali hasil kegiatan.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk merekam ceramah, podcast, webinar, video, rapat sampai wawancara dalam bentuk tulisan.

Maka dengan aplikasi pengubah suara menjadi teks di atas, kamu bisa dengan mudah membuat catatan tanpa mengetik.