5 Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Merespon di HP Android

5 Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Merespon di HP Android

Sedang ingin membuka aplikasi di HP, tapi aplikasi tidak merespon? Baca artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi aplikasi yang tidak merespon di HP
Android.

Aduh, padahal mau upload momen penting di Instagram, tapi kok malah nggak merespon. Pasti kamu sebel kan kalau aplikasi yang ingin kamu buka tidak merespon? Kalau sudah begitu, kamu harus tahu cara mengatasi aplikasi yang tidak
merespon di HP Android.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Merespon di Android

Ketika sedang ingin membuka aplikasi lalu muncul tulisan “Aplikasi tidak merespon”, pasti membuat kamu kesal. Tidak direspon oleh manusia saja sudah sebal bukan main apalagi oleh aplikasi di HP. Simak cara-cara di bawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Restart HP

HP yang terlalu sering kamu gunakan dan hampir tidak pernah diistirahatkan akan membuatnya menjadi lemot. Hal ini pun membuat aplikasi di HP sering tidak merespon ketika ingin kamu gunakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat memulai ulang atau restart HP. Tahan tombol power di HP kamu selama 15-30 detik, kemudian layar HP akan mati dan nyala kembali. Saat HP sudah menyala kembali, coba buka aplikasi yang tidak merespon tadi dan lihat hasilnya.

2. Periksa Ruang Penyimpanan dan Hapus Cache

Cara mengatasi aplikasi yang tidak menanggapi selanjutnya adalah periksa storage dan hapus cache. Melansir dari kompas.com, jika ruang penyimpanan penuh, maka kinerja HP menjadi lambat dan aplikasi cenderung sering tidak merespon. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan bahwa masih terdapat banyak ruang penyimpanan di HP.

Lalu, bagaimana jika ruang penyimpanan penuh? Langkah yang harus kamu ambil adalah menghapus cache. Adapun langkah-langkah untuk menghapus cache sebagai berikut:
  • Buka menu pengaturan di HP
  • Pilih menu “Storage”. Kamu akan melihat total ruang penyimpanan yang dipakai dan yang tersedia.
  • Kemudian, klik aplikasi yang ingin kamu akses.
  • Setelah aplikasi terbuka, terlihat jumlah data atau ruang yang terpakai dan cache pada aplikasi tersebut. Pilih opsi “Hapus cache” yang terdapat pada bagian bawah tampilan.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Menghapus aplikasi menjadi salah satu cara mengatasi aplikasi terus berhenti.
Semakin banyak aplikasi yang terdapat di HP kamu, maka RAM yang terpakai pun juga makin banyak. Kalau RAM tidak kuat menanggung beban aplikasi tersebut, hal ini akan membuatnya bekerja tidak maksimal.

RAM yang tidak bekerja maksimal ini menyebabkan HP menjadi lemot dan aplikasi
tidak sanggup merespon. Kalau kamu menghapus aplikasi yang tidak penting, RAM dapat bekerja maksimal sehingga HP tidak lemot dan aplikasi dapat merespon.

4. Hentikan Paksa Aplikasi

Kalau kamu sudah melakukan cara-cara di atas tapi aplikasi belum merespon juga, lakukan cara ini. Berikut langkah-langkah untuk menghentikan paksa aplikasi:
  • Buka menu pengaturan di HP.
  • Pilih menu “Manajemen Aplikasi”.
  • Lalu, pilih aplikasi yang tidak merespon tersebut.
  • Setelah tampilan aplikasi terbuka, terlihat tulisan “Hentikan Paksa” dan “Copot Pemasangan”, pilih opsi “Hentikan Paksa”.
  • Kemudian, bukalah aplikasi yang telah kamu hentikan paksa tersebut.
  • Biasanya, aplikasi yang telah kamu “Hentikan Paksa” dapat merespon dengan baik.

5. Perbarui Aplikasi dan Sistem Operasi Android

Versi aplikasi yang sudah tertinggal sering kali membuatnya tidak bekerja dengan baik dan sering tidak merespon. Kamu dapat memperbarui aplikasi tersebut melalui Google Play Store untuk mendapatkan versi terbaru.

Sementara itu, untuk memperbarui sistem operasi Android, kamu harus menerapkan langkah berikut:
  • Buka menu pengaturan di HP.
  • Pilih menu “Perbarui Software” dan klik “Perbarui Software” pada tampilan menu tersebut.

Penyebab Aplikasi Tidak Merespon di HP Android

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa aplikasi sering tidak merespon? Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, antara lain:
  1. HP terlalu sering digunakan tanpa istirahat
  2. RAM dan ruang penyimpanan internal (ROM) sudah penuh
  3. Cache yang menumpuk
  4. Aplikasi belum diperbarui ke versi terbaru
  5. Sistem operasi Android belum diperbarui

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi aplikasi yang tidak merespon di HP Android yang dapat kamu coba. Perhatikan juga penyebab aplikasi tidak merespon supaya kamu dapat menghindari hal tersebut terjadi lagi.