7 Aplikasi Chatting Gratis Selain WA, Mudah dan Praktis

7 Aplikasi Chatting Gratis Selain WA, Mudah dan Praktis

Aplikasi chatting yang bagus bukan hanya unggul dalam fitur, tetapi juga menjaga privasi pengguna. Berikut ini rekomendasi aplikasi chatting selain
Whatsapp.

Aplikasi chatting yang paling populer saat ini memang Whatsapp. Namun, tahukah kamu kalau ternyata ada banyak saingan WA yang gratis, mudah, dan praktis?

Aplikasi baru banyak menawarkan hal-hal seru seperti kemampuan translate berbagai bahasa, koneksi dengan marketplace dan sebagainya. Nah, kamu mau nyoba aplikasi ngobrol selain WA? Berikut di antaranya.

1. BiP

Aplikasi chatting internasional yang sempat hits beberapa waktu lalu adalah buatan Turki bernama BiP. Berlogo warna biru dan sudah mulai ada sejak tahun 2013.

Sama seperti Whatsapp, aplikasi ini juga menawarkan video call dan aneka stiker unik untuk chatting. Keunggulannya lagi, aplikasi ini bisa menerjemahkan bahasa chat kamu ke dalam pilihan berbagai bahasa dunia yang tersedia di aplikasi ini.

2. Telegram

Setelah Whatsapp, aplikasi chatting yang paling populer kedua adalah Telegram. Aplikasi ini memiliki keunggulan bisa mengunduh kembali file yang sudah kamu hapus di handphone.

Memiliki fitur chat, panggilan video, pesan suara hingga video call bersama seperti di Whatsapp. Memiliki fitur chat rahasia yang lebih aman ketimbang WA.

3. Hangouts

Aplikasi chatting selain WA yang juga cukup populer adalah Hangouts. Aplikasi milik Google ini tersemat di berbagai smartphone Android.

Hangouts memungkinkan kamu membuat panggilan, chatting, panggilan video, hingga membuat grup dengan jumlah anggota maksimal 150 orang.

4. Slack

Buat kamu yang ingin chatting secara intensif dengan rekan kerja di kantor untuk membahas satu topik khusus, tak ada salahnya mencoba Slack.

Di aplikasi ini kamu bisa berbagi dokumen, mengedit, membincangkan dengan grup
khusus, terhubung dengan Google Drive, Twitter dan lainnya.

5. Signal

Sama seperti BiP, aplikasi Signal juga sempat meningkat popularitasnya saat Whatsapp akan membuat kebijakan baru. Aplikasi chat yang populer di Indonesia ini telah memiliki jumlah pengunduh di atas 50 juta.

Signal memiliki fitur chatting, panggilan, panggilan video, dan fitur privasi yang cukup canggih untuk penggunanya.

6. Messenger

Messenger sempat populer bersamaan dengan penggunaan Facebook. Tersedia versi lite untuk aplikasi ini agar memorinya lebih ringan di ponsel kamu.

Bagi kamu yang punya aktivitas bisnis online di Facebook tentunya Messenger menjadi aplikasi chat sehari-hari. Hingga tahun 2021 ini telah tercatat sebanyak satu miliar pengguna Messenger.

7. GetContact

Aplikasi ini cukup populer untuk fungsinya mendeteksi nama yang disimpan untuk suatu nomor. Namun, ternyata tak hanya itu saja fungsinya, aplikasi ini juga memiliki fitur chat layaknya aplikasi chat lainnya.

Saat ini GetContact telah memiliki pengunduh lebih dari 150 juta pengguna di seluruh dunia. Aplikasi chatting bahasa Inggris ini banyak menjadi pilihan kalangan muda.

Selain beberapa aplikasi chat di atas yang sudah mendunia, kamu juga bisa mencoba aplikasi chatting buatan Indonesia seperti liteBIG, Hi App, Yogrt, ChatAja, Catfiz, MyBeb, dan sebagainya.

Pertimbangan paling kuat untuk memilih aplikasi adalah seberapa banyak penggunanya, seberapa kapasitas memori ponsel yang terpakai dan keseruan fitur-fiturnya.

Hal tak kalah penting juga soal privasi. Perhatikan keamanan kamu sebagai pengguna dalam menggunakan aplikasi pilihan.

Pilih aplikasi chatting terbaik, dan pastinya efektif untuk komunikasi yang kamu perlukan. Selamat mencoba aplikasi baru selain WA.