Aplikasi Facebook Lite Kian Populer, Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Aplikasi Facebook Lite Kian Populer, Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Aplikasi Facebook Lite merupakan alternatif untuk Anda yang memiliki ruang penyimpanan minim di ponsel. Pada dasarnya, versi lite dari Facebook ini masih sangat mumpuni untuk Anda gunakan. Hal itu karena Facebook Lite masih memiliki beberapa fitur yang sama dengan versi aslinya.

Seperti yang kita ketahui, di zaman modern ini media sosial menjadi hal yang wajib orang miliki. Kita berkomunikasi melalui media sosial dengan mudah. Facebook menjadi salah satu platform yang terkenal sejak dulu.

Sayangnya, semakin bertambahnya fitur, maka ukuran aplikasi mereka juga kian membesar. Hal itu menjadi keluhan banyak pengguna setia Facebook sejak lama. Lantas, perusahaan Facebook sendiri meluncurkan versi lite dengan ukuran yang jauh lebih kecil.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Facebook Lite

Facebook sudah memiliki banyak pengguna sejak lama. Bahkan, Facebook dapat dikatakan sebagai tonggak awal media sosial. Lahir sejak tahun 2004, nyatanya Facebook masih eksis hingga kini.

Pihak Facebook selalu menghadirkan fitur-fitur menarik yang memanjakan pengguna. Pada tahun 2010, mereka merilis Facebook Lite yang merupakan versi lebih ringan dari Facebook asli.

Peluncuran versi lite ini tidak lain untuk membuat pengguna yang memiliki memori terbatas tetap bisa bermain FB. Dengan ukurannya yang kecil, Facebook Lite tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri.

Facebook Lite Menghemat Penggunaan Data

Dalam berselancar internet, tentu membutuhkan paket data. Media sosial menjadi salah satu yang paling banyak menguras paket tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan aplikasi Facebook Lite.

Anda bebas menjelajahi dunia maya tanpa khawatir data internet akan boros. Ini juga menjadi alasan kenapa banyak orang yang memilih menggunakan Facebook Lite.

Aman untuk Perangkat Android Lama

Ponsel memiliki sistem Android berbeda. Setiap tahunnya Android akan merilis versi baru mereka. Sayangnya, versi baru Android hanya ada di ponsel keluaran terbaru.

Jika Android Anda versi lama, terdapat beberapa hambatan berupa aplikasi yang tidak bisa digunakan. Pengguna Android lama tidak perlu takut untuk menggunakan Facebook Lite karena mereka dapat digunakan di berbagai jenis smartphone.

Tampilan yang Lebih Sederhana

Beberapa orang akan malas menggunakan media sosial karena terlihat terlalu rumit. Aplikasi Facebook Lite memiliki tampilan yang jauh lebih sederhana dari aplikasi asli mereka. Hal itu memang berkaitan dengan ukuran aplikasi yang kecil.

Semakin sederhana tampilan sebuah aplikasi, maka akan membutuhkan sedikit ruang di dalam ponsel. Meski demikian, tampilan sederhana Facebook Lite tetap menjadi kesukaan banyak pengguna.

Memiliki Fitur Terbatas

Facebook Lite memiliki fitur yang lebih sedikit dari aplikasi standar mereka. Terdapat beberapa fitur tambahan yang tidak bisa Anda nikmati saat menggunakan Facebook Lite. Meski begitu, sebenarnya fitur utama Facebook sudah ada di dalam versi lite ini dan sudah mencukupi untuk penggunaan standar.

Resolusi Gambar Rendah

Hal ini berkaitan langsung dengan besaran data yang Facebook Lite ambil. Untuk mendapatkan gambar HD, maka paket daya internet yang dibutuhkan juga cukup banyak. Sehingga, Facebook Lite memberikan gambar dengan resolusi rendah.

Anda tentunya masih dapat mengatur resolusi gambar pada pengaturan Facebook Lite jika memang ingin mendapatkan pengalaman berselancar di dunia maya yang lebih menarik.

Itulah segala kelebihan dan kekurangan aplikasi Facebook Lite. Dengan ukuran yang sangat kecil, Facebook Lite sudah dapat memberikan fitur yang cukup baik untuk para penggunanya. 

Aplikasi media sosial ini menjadi salah satu versi lite yang dapat dikatakan lebih baik daripada versi standar mereka.