Bumil Wajib Download, Aplikasi Ibu Hamil Ini Bermanfaat dan Mudah Digunakan

Kehamilan adalah moment yang istimewa karena menantikan kehadiran calon jabang bayi lahir di dunia. Terutama untuk wanita yang baru pertama kali mengalami kehamilan pasti masih bertanya-tanya bagaimana caranya memantau kondisi janin. Nah, salah satunya dengan menggunakan aplikasi ibu hamil. 

Bumil Wajib Download, Aplikasi Ibu Hamil Ini Bermanfaat dan Mudah Digunakan
Bumil Wajib Download, Aplikasi Ibu Hamil Ini Bermanfaat dan Mudah Digunakan

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin modern, calon ibu bisa dengan mudah mengakses informasi seputar kehamilan melalui internet. Untuk mempermudah saat ini juga sudah banyak sekali aplikasi kehamilan yang khusus untuk ibu hamil. Namun manakah aplikasi yang betul-betul bermanfaat dan rekomended? 


Aplikasi Ibu Hamil Bisa Digunakan dengan Mudah dan Memiliki Banyak Fitur Unggulan

Ibu hamil wajib periksa dan konsultasi kandungan setiap bulannya dengan bidan atau dokter kandungan. Hal ini penting untuk memastikan calon buah hati sehat dan tumbuh dengan baik. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan USG, memantau detak jantung janin, dan juga pemberian vitamin ibu hamil. 

Dengan adanya aplikasi hamil ini tentu tidak dapat menggantikan peran dokter kandungan, namun calon ibu bisa mendapatkan edukasi seputar kehamilan, perkiraan tanggal lahir, bahkan konsultasi online. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi ibu hamil yang bisa diunduh dengan mudah di Play Store maupun App Store. 


1. Ovia Pregnancy Tracker

Apl kehamilan yang satu ini menyediakan forum diskusi untuk sesama ibu hamil lainnya sehingga bisa saling bertukar informasi dan pengalaman. Selain itu, yang tak kalah menggemaskan adalah adanya ilustrasi ukuran tangan dan jari si kecil dari hari ke hari. Terdapat juga fitur untuk menyimpan foto hasil USG dan ribuan artikel seputar kehamilan. 


2. Pregnancy Tracker

Aplikasi ibu hamil ini telah diverifikasi oleh BabyCenter Medical Advisory Board yang berisi para ahli dan dokter kandungan terpercaya. Aplikasi ini mempunyai fitur untuk memantau perkembangan janin mulai dari berat janin, jumlah tendangan, dan ukuran janin. 


3. Teman Bumil

Untuk ibu hamil yang kurang nyaman dengan aplikasi berbahasa inggris bisa menggunakan aplikasi khusus indonesia ini. Sesuai namanya, aplikasi kehamilan yang satu ini cukup user friendly dan konten-konten pun isinya selaras dengan kondisi dan budaya di Indonesia. 


4. Pregnancy +

Aplikasi hamil yang satu ini bisa dibilang serupa dengan buku diary ibu hamil karena calon ibu bisa mencatat informasi kenaikan berat badan janin setiap kali Moms melakukan kunjungan ke dokter. Selain itu ada juga fitur penghitung waktu kontraksi, penghitung tendangan, daftar belanja jabang bayi, rekomendasi nama buah hati, dan banyak lagi. 


5. HalloBumil

Apl kehamilan ini juga berbahasa indonesia dan bisa digunakan untuk ibu yang sedang melakukan program hamil karena ada fitur kalender kesuburan. Selain itu, juga ada fitur yang bisa digunakan saat bayi sudah lahir seperti tracker menyusui dan tracker tumbuh kembang anak juga ada dalam aplikasi ini. 


6. Hello Belly

Aplikasi ibu hamil yang satu ini sangat unik karena disajikan dengan visual ilustrasi yang menarik dan tidak monoton. Selain itu juga tersedia fitur video yoga class untuk ibu hamil yang ingin melakukan yoga kehamilan. 


7. Diary Bunda

Ibu hamil bisa mencatat dan menyimpan informasi seputar perkembangan janin setiap bulannya melalui aplikasi ini. Selain itu tersedia pula fitur tanya dokter untuk menjawab pertanyaan ibu hamil jika belum sempat konsultasi langsung dengan dokter kandungan.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi ibu hamil dari dalam dan luar negri yang bermanfaat dan bisa digunakan ibu hamil dengan mudah. Namun dengan adanya aplikasi ini jangan lupa untuk tetap konsultasi rutin ke dokter kandungan.