Fungsi dan Cara Kerja Aplikasi TeamViewer yang Bisa Anda Coba!

Aplikasi TeamViewer merupakan sebuah perangkat lunak yang bisa Anda gunakan sebagai penggunaan pribadi atau penggunaan yang non-komersial. Biasanya aplikasi tersebut sering digunakan pada lingkungan perusahaan yang mempunyai lingkup luas atau bisa juga sebagai penghubung antar cabang serta memiliki sifat yang tak terbatas.

Fungsi dan Cara Kerja Aplikasi TeamViewer yang Bisa Anda Coba!
Fungsi dan Cara Kerja Aplikasi TeamViewer yang Bisa Anda Coba!

Sekarang ini, telah banyak sekali perusahaan yang telah menggunakan TeamViewer sebagai pengakses PC atau HP dalam jarak jauh yang hanya mengandalkan jaringan internet saja. Meskipun telah banyak software yang bermunculan, akan tetapi TeamViewer belum tergantikan.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, karyawan bisa saling terhubung dengan lebih mudah serta adanya peningkatan kerja sama. Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak ulasan berikut ini.


Fungsi Aplikasi TeamViewer

Secara umum, aplikasi TeamViewer memiliki fungsi sebagai wadah komunikasi dalam jarak jauh yang bisa menghubungkan PC satu ke PC lainnya dengan memanfaatkan jaringan internet. Bukan hanya melakukan komunikasi, melainkan aplikasi tersebut bisa juga digunakan untuk melakukan transfer file, sampai dengan melakukan panggilan video. Untuk fungsi secara detail, antara lainnya sebagai berikut.


Remote Control

Pertama aplikasi tersebut mempunyai fungsi sebagai remote control. Fungsi tersebut kemungkinan besar bisa melakukan pengontrolan atau pengendalian komputer yang lainnya. Pada biasanya, fungsi TeamViewer tersebut diperlukan saat dalam perusahaan membutuhkan bantuan dari pihak lain, akan tetapi memiliki jarak yang begitu jauh.

Dengan adanya aplikasi tersebut, maka tidak perlu repot-repot melakukan perjalanan ke komputer yang mempunyai masalah. Akan tetap, Anda haus mengetahui terlebih dahulu ID dan juga password dari komputer yang lain, yang nantinya akan Anda tuju.


Media Transfer File

Menjadi fungsi utama yakni sebagai media untuk melakukan transfer file. Sebelum Anda melakukan kegiatan transfer file, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah mengetahui ID dan juga password dari komputer. Apabila telah tersambung, maka transfer file dalam format apapun bisa Anda lakukan.

Untuk cara menggunakannya juga sangat sederhana. Cukup dengan drag dan drop saja. Selain itu, lokasi atau destinasi file bisa Anda lakukan pengaturan sendiri. Umumnya, fungsi aplikasi TeamViewer yang satu ini Anda perlukan sebagai penunjang fungsi dari remote control.


Media Meeting

Fungsi selanjutnya, yakni menjadi media meeting atau pertemuan yang melibatkan banyak orang. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, meeting bisa Anda lakukan tanpa harus meninggalkan komputer. Untuk caranya sendiri hampir sama, jika Anda sebagai pihak server hanya memerlukan pembagian ID dalam pertempuran ke semua anggota serta tersambung ke internet. Agar meeting bisa segera dilakukan.


Cara Kerja

Seperti yang telah Anda ketahui, aplikasi Teamviewer adalah aplikasi sederhana yang akan memudahkan Anda dalam melakukan akses PC atau HP dengan jarak jauh atau remote yang memanfaatkan akses internet. Untuk cara kerjanya sendiri cukup mudah, Anda hanya memerlukan koneksi internet, ID, dan juga password. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara kerja dari TeamViewer yang perlu Anda pahami:

Pertama, Anda pastikan terlebih dahulu komputer dan juga partner TeamViewer telah tersambung ke internet. Apabila melakukan transfer file, usahakan penggunaan koneksi internet cukup stabil.

Setelah itu, usaha kurang lebihnya menggunakan dua komputer yang telah terinstal aplikasi tersebut. Pastikan dengan versi yang sama. Dengan demikian, nantinya akan secara otomatis ID serta password TeamViewer akan muncul.

Selanjutnya, akan terdapat tiga pilihan pada aplikasi TeamViewer. Pertama yakni remote support, file transfer, serta presentation. Kemudian, Anda masukan ID dan juga password dari komputer yang Anda tuju atau parten. Lanjutkan dengan klik Connect to Partner guna memulai sebuah koneksi.