3+ Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti dengan Mudah

Jika ada notif Android Process Media telah berhenti, jangan panik. Anda bisa mencoba Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti berikut ini.
 
3+ Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti dengan Mudah
3+ Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti dengan Mudah

Smartphone Android menjadi salah satu merk HP terpopuler hingga hari ini dikarenakan harganya yang terjangkau dengan fitur yang cukup lengkap. Namun seringkali pengguna Android ini mendapatkan permasalahan yang sama, yaitu pada layar HP muncul notif “Android process media telah berhenti”. Lantas bagaimana Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti ini?

Munculnya permasalahan “Sayangnya Proses Android.Process.Media Telah Berhenti” ini adalah salah satu tanda kalau fitur dalam sistem tersebut sedang bermasalah. Notifikasi itu umumnya muncul dengan sendirinya. Contohnya ketika Anda tengah memainkan game, memutar musik, video, atau hal lainnya. Selain itu masalah tersebut juga sebenarnya sudah ada sejak lama pada sistem Android.

Penyebab dan Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti 

Mengetahui sebab dan juga Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti berikut ini dapat membantu Anda Untuk dapat membuat smartphone Anda berjalan seperti semula:

1. Penyebab Tombol Home Tidak Berfungsi 

Sudah disebutkan sebelumnya kalau notifikasi tersebut tersebut muncul dikarenakan terdapat masalah pada sistem. notif ‘Sayangnya Proses Android.Process.Media Telah Berhenti’  itu muncul jika ada aplikasi smartphone Android Anda yang sedang bermasalah.

Permasalahan tersebut tidak cuma dijumpai pada smartphone merek Android saja, tetapi juga merk smartphone, tergantung dari aplikasi media yang digunakan. karena itulah ada baiknya untuk Anda mengenali beberapa hal yang dapat membuat Android media berhenti sebelum membetulkannya. Berikut adalah haal yang dapat menjadi penyebabnya:

Sinkronisasi pada Akun 

Ketika Anda telah melakukan login email utama di smartphone Android yang dipakai, maka secara otomatis sebuah sinkronisasi akan berjalan. Hanya saja ada kemungkinan terjadi juga kesalahan saat sinkronisasi yang membuat proses media jadi terhenti.

Karena Root

Memang benar dengan melakukan root di smartphone Android dapat memberikan beragam kelebihan macam dapat membuka banyak Access. Akan tetapi ada berbagai resiko dari  proses root tersebut seperti masalah yang membuat munculnya notifikasi proses media terhenti pada Android anda.

2.  Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti 

Membersihkan Sampah Cache 

Anda perlu menghapus data dari Google Services Framework, Google Play Store, Media Storage, serta Download Manager. Cara tersebut anda lakukan agar berbagai aplikasi Google bisa kembali dengan pengaturan bawaan dan bersih dari file cache, temporary, history, dan basis data. Untuk menghilangkan cache aplikasi ini tidak sulit, berikut adalah langkah – langkah nya:

 - Buka bagian Pengaturan, Aplikasi, klik Unduhan, pilih app Google Play Store, setelah itu klik “Hapus Data”.
- Lakukan hal Langkah pertama tadi pada Google Services Framework, setelah itu klik “Hapus Data”.
- masih seperti sebelumnya, Lakukan trik yang sama untuk Media Storage, setelah itu klik “Hapus Data” kemudian klik “Disable”.
- Lakukan cara yang sama untuk Download Manager, setelah itu klik “Hapus Data” dan klik opsi “Disable”.

Hentikan sinkronisasi pada akun google Anda.

Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti berikutnya dilakukan agar Android tidak terhubung pada google serta terbebas dari pengaturan google. Anda dapat menghentikannya dengan cara Buka Menu Pengaturan, pilih menu, Akun, Google, dan klik “Remove All The Ticks”.

Melakukan Hard Reset pada Smartphone Anda

 Hard reset ini Tidak jauh berbeda dengan factory reset, anda juga dapat melakukan hard reset pada Android Anda. walaupun hampir mirip seperti factory reset, tetapi cara ini bisa lebih optimal. tetapi sebelum melakukan cara ini, anda harus lebih dulu melakukan backup pada berbagai data yang ada di smartphone Anda.

sebenarnya untuk step by step nya, tentu tiap - tiap perangkat akan mempunyai cara yang berbeda – beda untuk mengakses menu recovery mode. Anda dapat mencari cara yang sesuai dengan jenis perangkat Anda pakai di Google selain yang Android. Berikut adalah Langkah – langkahnya:

  1. Tekan Power button di samping badan smartphone Anda sambal menekan tombol Volume Atas dan Home (tergantung jenis smartphone yang anda pakai).
  2. Setelah itu Pilih Wipe Data dan klik Yes.
  3. Apabila sudah, pilih Wipe Cache dan juga Yes.
  4. Dan terakhir pilih “Reboot System Now”.
Itulah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti yang dapat Anda coba. Agar Anda dapat Kembali menggunakan smartphone untuk keperluan sehari - hari. Karena itu Anda bisa mencoba Langkah – Langkah diatas dan pastikan untuk lebih berhati – hati dalam memakai smartphone agar lebih awet dan tahan lama.