5+ Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang Sendiri dalam Hitungan Menit

Cara mengatasi keyboard Android hilang sendiri padahal HP masih baru dan belum lama dipakai. Simak disini!

5+ Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang Sendiri dalam Hitungan Menit
5+ Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang Sendiri dalam Hitungan Menit

Keyboard atau papan ketik memiliki peranan penting dalam HP misalnya untuk mengetikkan sesuatu atau ingin membalas pesan. Masalahnya kadang keyboard khususnya untuk pengguna Android kerap hilang sendiri. Cara mengatasi keyboard Android hilang sendiri  sebenarnya tidak sulit.

Bukan hanya pengguna Android lama yang berisiko terkena masalah keyboard hilang sendiri bahkan meski keadaan smartphone Android masih baru sekalipun bisa saja terjadi. Masalah ini jadi hambatan besar dan kerap membuat pengguna panik padahal penyelesaiannya sangat sederhana dan akan dijelaskan disini.

5 Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang Sendiri

Siapa yang tidak risau jika mendadak keyboard hilang sendiri terlebih jika ponsel sedang dalam keadaan yang sangat darurat dan dibutuhkan. Tenang saja karena di bawah ini akan dijelaskan cara penyelesaiannya dengan mudah dan anti ribet:

1.Restart Android 

Permasalahan Android kebanyakan bisa diselesaikan dengan cara memulai ulang atau restart. Tidak ada salahnya menggunakan cara tersebut ketika papan ketik hilang sementara waktu. Fungsi restart sendiri bisa memaksimalkan supaya sistem Android bisa berjalan semua dengan baik termasuk untuk keyboard yang hilang bisa muncul lagi.

2.Periksa Aplikasi Keyboard

Banyak pengguna Android yang lebih memilih memasang keyboard tambahan dengan berbagai alasan. Cobalah untuk update aplikasi keyboard tersebut supaya bisa berfungsi dengan maksimal dan tidak cepat hilang jika menggunakan aplikasi keyboard tambahan dari PlayStore.

Selain itu juga bisa saja tipe Android dan keyboard terlalu berat sehingga coba install aplikasi keyboard yang lain. Mungkin saja dengan aplikasi yang lebih rendah kapasitas pemasangannya bisa lebih optimal dipakai.

3.Hapus Data Aplikasi 

Coba juga untuk menghapus data aplikasi karena bisa mempengaruhi performa aplikasi lain termasuk sampahnya sendiri. Hapus data aplikasi keyboard juga bisa membantu supaya tidak hilang mendadak.

Caranya bisa langsung ke Pengaturan lalu pilih Kelola Aplikasi, lalu ke Aplikasi Keyboard, hapus data dan konfirmasi untuk hapus semua data. Selesai.

4.Hapus Cache Aplikasi

Hal sepele dan tak terduga yang kerap menyebabkan keyboard di Android hilang karena menumpuknya cache. Cobalah untuk membersihkan cache di aplikasi Android terkhusus lagi aplikasi keyboard yang ada.

Langsung coba keyboard ketika sudah menghapus sampah yang menumpuk. Biasanya menghapus sampah bisa membuat performa Android semakin membaik dan selebihnya fungsi keyboard juga bisa jauh lebih baik lagi.

5.Berhenti Paksa

Cara yang lain yaitu dengan menghentikan paksa aplikasi keyboard. Langkah yang bisa dilakukan untuk menghentikan paksa ini adalah:

  • Buka daftar aplikasi yang ada di Android
  • Pilih Pengaturan atau Setelan
  • Pilih Aplikasi
  • Cari nama aplikasi keyboard yang digunakan
  • Pilih hapus data
Jika sudah melakukan semua cara di atas cobalah langsung masuk ke aplikasi chat atau apapun yang membutuhkan papan ketik. Papan ketik bisa langsung muncul dengan menggunakan salah satu dari cara di atas.

Aplikasi keyboard yang beragam sebenarnya hanya sebagai pelengkap. Fungsi keyboard yang utama adalah sebagai alat tulis digital yang memudahkan proses komunikasi terhadap lawannya. Itulah kenapa sangat penting menggunakan keyboard dengan fungsi optimal tidak menghilang mendadak.

Cara mengatasi keyboard Android hilang sendiri di atas bisa dicoba satu persatu. Jika gagal kemungkinan ada sistem yang mengalami gangguan atau versi Android yang sudah terlalu lama.