5+ Cara Mengatasi Speaker HP Bunyi Kresek Hilang Selamanya

Cara mengatasi speaker HP bunyi kresek paling mudah bisa dilakukan di rumah tanpa harus ke tukang service HP
 
5+ Cara Mengatasi Speaker HP Bunyi Kresek Hilang Selamanya
5+ Cara Mengatasi Speaker HP Bunyi Kresek Hilang Selamanya

Speaker HP mempunyai peranan yang krusial karena tanpa speaker tidak akan bisa terdengar bunyi dari HP tersebut. Kadang kala masalah bunyi kresek terjadi sehingga mengganggu ketika HP digunakan. Cara mengatasi speaker HP bunyi kresek sebenarnya tidak sulit.

Sayangnya banyak yang langsung panik ketika bunyi kresek tersebut terdengar di HP dan langsung membawanya ke tukang service. Padahal bunyi kresek jika belum parah masih bisa diselesaikan sendiri di rumah permasalahannya.

5 Cara Mengatasi Speaker HP Bunyi Kresek

Bunyi kresek pada HP sebenarnya bisa dihindari. Hanya saja jika terlanjur terjadi mau tidak mau harus dibenahi, cara mudah membenahinya hingga bunyi kresek hilang dan suara speaker jadi jernih bisa dilakukan dengan cara berikut:

1.Memperbaiki Lewat Sistem

Metode untuk memperbaikinya paling efektif ialah lewat sistem atau mengganti komponen mana yang mengalami kerusakan. Alasannya karena jika perbaikannya lewat sistem sebenarnya kurang tepat jika yang rusak bukan pada sistemnya.

Jika HP hanya berfungsi untuk mendengarkan music dan lainnya bisa dengan cara memperbaiki lewat sistem ini. Pertama Anda harus install MX Player. Lalu selanjutnya klik menu pada bagian kanan atas, ke pengaturan, audio lalu centang pemutar audio. Putar dengan mengatur volume sampai bunyi kresek hilang.

2.Pemindahan Speaker Utama

Speaker pada HP ada dua yang utama  untuk mendengarkan musim lalu yang kedua untuk telepon. Jika suara kresek hanya terjadi di satu speaker saja maka bisa mengakalinya dengan menonaktifkan speaker utama kemudian memindahkan fungsinya ke speaker kedua.

3.Mengganti Komponen yang  Rusak 

Menggunakan dua cara sebelumnya cukup efektif namun jika belum berhasil maka artinya ada komponen yang harus diganti. Terlebih jika usia HP memang sudah lama.

Harga komponen seperti IC audio, IC Power sebenarnya tidak begitu mahal. Namun untuk menggantinya memang butuh membongkar HP dan tentu tidak sembarang bisa melakukannya.

Inilah saatnya ke tukang service HP jika memang tak kunjung bisa diperbaiki speaker yang memunculkan bunyi kresek tersebut. Pilihan tersebut lebih baik dibandingkan memaksakan lalu terdapat komponen lain yang ikut rusak.

4.Rendam HP dengan Beras

Kenali penyebab bunyi kresek, jika bunyi kresek muncul setelah terkena air atau hujan maka coba untuk rendam terlebih dahulu HP-nya ke dalam beras. Tujuan merendam HP ini supaya komponen HP termasuk juga speaker bisa lebih cepat kering.

Lepas baterai, case, slot kartu dan lainnya kemudian rendam HP. Tunggu sampai beberapa hari jika sudah coba pasang kembali komponen HP dan lihat bagaimana hasil speakernya apakah membaik.

5.Membersihkan Speaker

Cara mengatasi speaker HP bunyi kresek selanjutnya dengan membersihkan speaker itu sendiri. Mungkin saja speaker menimbulkan bunyi kresek karena tersangkut debu atau kotoran lain. Bersihkan bagian speaker secara perlahan dengan jarum dan tisu jangan sampai tergores.

Coba cek lagi apakah setelah dibersihkan bunyi kresek masih muncul atau menghilang. Jika hilang berarti masalahnya hanya terletak pada debu yang sudah menumpuk di HP.

Itu dia cara mengatasi speaker HP bunyi kresek tanpa harus dibawa ke tukang service bahkan bisa selesai hanya dalam hitungan menit. Salah satu kunci keberhasilan cara di atas adalah menganalisa penyebabnya dan mengatasi dengan cara yang tepat.