5+ Cara Menggunakan Google Translate dengan Kamera Agar Akurat

Cara Menggunakan Google Translate dengan Kamera adalah cara termudah untuk menerjemahkan dokumen ke dalam berbagai bahasa

5+ Cara Menggunakan Google Translate dengan Kamera Agar Akurat
5+ Cara Menggunakan Google Translate dengan Kamera Agar Akurat

Cara menggunakan Google Translate dengan kamera merupakan kabar baik bagi yang bingung menerjemahkan bahasa namun malas menuliskan manual. Bahkan kabar baiknya lagi tidak dibutuhkan koneksi internet dalam memproses hasil terjemahan.

Fitur ini sangat memudahkan pekerjaan yang saat ini sedikit banyak ada yang menggunakan bahasa asing. Supaya menghasilkan terjemahan akurat dengan kamera di bawah ini akan dituliskan cara sekaligus tips pengambilan gambarnya.

Cara Menggunakan Google Translate dengan Kamera yang Benar

Salah satu fitur yang bisa dipakai adalah Camera Translation yang hanya memanfaatkan kamera ponsel untuk menggunakannya. Untuk lebih jelasnya di bawah ini akan dituliskan tahapan menerjemahkan memakai Google Translate:

1.Buka Google Translate

Layanan Google Translete bisa langsung dibuka dengan mengetikkan kata kunci Google Translete di mesin pencarian. Bisa juga menginstal aplikasinya baik untuk Android atau Ios. Tips untuk memudahkan proses ini adalah memastikan jaringan internet stabil, meskipun jika lewat aplikasi ada yang tidak membutuhkan internet.

2.Arahkan Kamera ke Teks

Siapkan teks yang akan diterjemahkan. Lalu pilih opsi “instan” yang ada di bawah layar jika menggunakan aplikasi.
 
Tips untuk membuat terjemahan akurat teks harus bisa terbaca secara penuh. Usahakan memilih tempat yang cahayanya terang sehingga saat dipindai bisa jelas dan tidak salah makna nantinya.

Jika dirasa sudah jelas selanjutnya pindai atau scan file yang sudah dipilih dengan memilih opsi “pindai”. Blok bagian mana saja yang akan diterjemahkan lalu tekan panah yang ada di bagian atas layar.

3.Pilih Bahasa

Di bagian bawah ada pilihan bahasa yang akan diterjemahkan dari bahasa apa ke bahasa apa. Contohnya dokumen atau file dengan bahasa Indonesia yang akan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau sebaliknya.

Pastikan memilih bahasa dengan benar supaya tidak mengulang prosesnya dua kali. Pasalnya jika sampai salah memilih bahasa maka hasilnya nanti akan salah bahkan jauh dari terjemahan asli yang diharapkan.

4.Periksa Tata Bahasa

Jika hasil sudah keluar coba satu kali lagi membaca hasil dari terjemahan tersebut karena kerap kali cara menggunakan kamera ini berisiko ada huruf yang tak terbaca atau salah. Bisa saja kesalahan tersebut membuat ada tatanan bahasa yang tidak nyambung satu sama lain jika digabungkan menjadi satu kalimat.

Tips jika hal tersebut terjadi maka bisa tandai bagian yang sekiranya salah lalu terjemahkan manual dengan mengetikkan ulang di Google Translate. Cara ini akan sangat efektif menghindarkan kesalahan kecil dalam terjemahan.

5.Copy File

Setelah tahapan pemeriksaan selesai dan dirasa sudah cukup sempurna file bisa langsung di-copy lalu edit sesuai dengan kebutuhan.  Blok semua bagian yang ingin disalin lalu sediakan file baru supaya terlihat lebih rapi.

Untuk menggunakan Google Translete ini bisa memilih download aplikasi langsung atau bisa juga ke mesin pencarian Google. Bahasa yang disediakan juga cukup lengkap sehingga pengguna tidak perlu khawatir dan kesulitan memilih bahasa nanti.

Meski banyak yang meragukan hasil terjemahan dari Google namun faktanya layanan Google Translete laris digunakan. Baik untuk kebutuhan pendidikan atau pekerjaan banyak yang membutuhkan fitur tersebut.

Itu dia cara menggunakan Google Translate dengan kamera supaya bisa mendapatkan hasil yang akurat. Tips di atas juga bisa membantu dalam mendapatkan hasil akurat sesuai yang diinginkan.