Cara Daftar TikTok Shop, Cocok untuk Bisnis Online

Selain akun kreator, pengguna general lainnya juga bisa mendaftarkan akun mereka bergabung di TikTok Shop. Ketahui cara daftar TikTok Shop dan manfaatnya.

Cara Daftar TikTok Shop, Cocok untuk Bisnis Online
Cara Daftar TikTok Shop, Cocok untuk Bisnis Online

Cara daftar TikTok Shop untuk berniaga secara daring bisa kamu lakukan dengan gampang dan cepat, lho! Yang harus kamu lakukan adalah menggunakan account media sosial tersebut, melakukan registrasi dan mulai berdagang. Kamu bisa melakukan segala aktivitas niaga lewat aplikasi ini.

Sebagai informasi, fitur marketplace ini adalah salah satu layanan yang tersedia di media sosial tersebut. Sehingga dapat memudahkan kamu untuk berbelanja atau bahkan berdagang. Kamu bisa membeli sesuatu, menawarkan produk, membayar, tanpa harus keluar dari platform tersebut.
 

Tutorial Cara Daftar TikTok Shop

Namun, sebelum kamu melakukan registrasi dan mulai berdagang, ada beberapa ketentuan yang wajib kamu penuhi. Apa saja? Berikut diantaranya:
  • Negara kamu berada masuk kriteria layak menggunakan fitur ini.
  • Nama gerai tidak mengandung unsur yang melanggar aturan.
  • Akurasi informasi gerai.
  • Identitas pribadi yang benar.
  • Informasi nomor rekening yang valid.
Lantas, bagaimana cara daftar Tiktok shop seller? Sebelumnya, pastikan kamu sudah memenuhi beberapa ketentuan di atas terlebih dahulu. 
Berikut adalah beberapa langkah mudahnya. Perlu untuk kamu ketahui, langka berikut adalah cara daftar Tiktok shop di hp. Namun juga bisa kamu terapkan lewat penggunaan komputer atau laptop.
  

1. Masuk ke Situs

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke website utama https://seller-id.tiktok.com/account/welcome. Kamu bisa masuk lewat smartphone atau komputer. 

2. Registrasi

Untuk kamu yang belum punya account untuk berdagang, maka kamu wajib untuk registrasi terlebih dahulu. Langkahnya adalah pilih opsi Sign Up, bisa menggunakan account media sosial tersebut atau dengan email dan nomor telepon.

Kemudian, kamu akan masuk pada bagian otorisasi. Kalau kamu sudah sepakat dengan ketentuan yang berlaku, kamu tinggal lanjutkan saja untuk tahapan berikutnya. Jangan lupa pilih opsi jadi pedagang, jika kamu berniat membuka gerai.

3. Konfirmasi Lewat Email

Selanjutnya, kamu akan menerima kode untuk verifikasi surat elektronik yang kamu registrasikan.
 

4. Account Sukses Dibuat

Setelah beberapa proses di atas, selanjutnya selamat account kamu telah terproses dan sudah jadi. Namun tunggu dulu, kamu harus melakukan beberapa penyetelan lebih lanjut. 

5. Isi Formulir dan Atur Account

Langkah untuk cara daftar Tiktok shop untuk jualan selanjutnya, kamu harus mengisi surat isian untuk registrasi calon gerai kamu. Sertakan informasi penting selamat alamat dan kontak yang dapat dihubungi. 

Tipsnya, beri gerai kamu nama yang mudah untuk diingat dan unik. Dengan begitu, akan lebih menarik perhatian calon konsumen.
 
Jangan lupa beri keterangan tentang bisnis dan barang yang kamu tawarkan. Dengan begitu, gerai kamu akan mendapatkan validasi.
 
Setelah segala pengaturan tuntas dan sudah ada konfirmasi dari pengelola platform. Jika semua sudah tuntas, maka kamu bisa memulai untuk berdagang. 

Cara Jualan di TikTok Shop

Untuk mendukung pemasaran, kamu bisa menggunakan fitur live streaming dalam menawarkan barang. Jangan lupa untuk melakukan validasi berkas terlebih dahulu dengan memilih opsi unggah dokumen.
  
Lalu, untuk menambahkan galeri barang, kamu bisa pilih opsi tambahkan produk yang tersedia pada halaman utama. 

Keunggulan TikTok Shop

Keunggulan dari fitur ini adalah para pelaku bisnis dapat melebarkan target perdagangan mereka lebih mudah. Sebab, pengguna aplikasi ini sangat besar. Apalagi, tercatat ada lebih dari 92 juta pengguna di Indonesia pada 2022, berdasarkan kajian ByteDance. Sehingga potensi pasarnya sangat besar.
 
Kemudian, lebih praktis karena kamu tidak harus membuka layanan atau aplikasi tambahan untuk berdagang. Sebab, semuanya menjadi satu hanya dalam satu platform.
  
Yang perlu kamu lakukan adalah memanfaatkannya sebaik mungkin untuk menawarkan barang. Salah satunya dengan menggunakan tagar yang sedang tren, dengan sesuai dengan brand kamu. 
Itulah tadi cara daftar TikTok Shop. Gampang sekali bukan? Semoga bermanfaat ya!