5+ Cara Membuat Akun Instagram Shopping Aktif dan Tampil Menarik

Cara membuat akun Instagram Shopping sampai aktif khusus dipakai untuk pelaku bisnis online, simak ulasannya disini.

5+ Cara Membuat Akun Instagram Shopping Aktif dan Tampil Menarik
5+ Cara Membuat Akun Instagram Shopping Aktif dan Tampil Menarik

Pandemi Covid-19 membuat banyak pekerja yang memutuskan bekerja sampingan dengan membuka bisnis. Salah satu platform yang dipakai adalah Instagram Shopping. Cara membuat akun Instagram Shopping memang belum banyak orang yang tahu.

Padahal fitur tersebut bisa memudahkan pebisnis online bisa membuka tokonya dengan tampilan menarik dan mudah dipakai pengunjung toko. Untuk penjelasan dan bagaimana cara mengaktifkannya akan dibahas di bawah ini.

5 Cara Membuat Akun Instagram Shopping

Mempromosikan bisnis lewat Instagram menjadi salah satu kesempatan untuk membuka bisnis semakin luas. Pengguna Instagram terus meningkat sehingga jika ingin memulai bisnis online lewat Instagram Shopping berikut cara mengaktifkannya:

1.  Penuhi Persyaratan

Untuk mengaktifkan Instagram Shopping harus mendapat persetujuan dari pihak Instagram. Alasannya supaya yang mendaftarkan sebagai akun bisnis bisa mendapat prioritas tidak sembarangan bisa mengaktifkannya. Ini dia syaratnya:
  • Lokasi bisnisnya di area yang didukung oleh Instagram Shopping
  • Produk yang dijual harus memenuhi syarat
  • Bisnis baru wajib mematuhi perjanjian pelapak dan kebijakan perdagangan Instagram
  • Bisnis mempunyai website yang dipakai untuk jualan
  • Punya akun Facebook Ads Representative 

2.  Ubah ke Akun Bisnis

Caranya dengan masuk ke akun Instagram lalu buka pengaturan. Selanjutnya pilih Account lalu pilih lagi Switch to a Professional Account dan tekan Continue. Jika sudah atur kategori bisnis lalu terakhir pilih Done.

3.  Persiapan Website dan Katalog Facebook

Buat website yang fungsinya bisa meningkatkan  kredibilitas toko online.  Buat juga halaman Facebook yang memuat katalog di dalamnya yang mana dari katalog di website dihubungkan juga ke katalog Facebook.

Katalog ini bagaikan etalase online. Jadi calon pembeli bisa melihat barang dagangan dari foto. Pakai kamera dan fotografer terbaik supaya bisa memberikan tampilan gambar menarik dan lebih dilirik calon pembeli online yang saat ini sudah meningkat pesat.

4.  Peninjauan Akun

Setelah memenuhi persyaratan pendaftaran dan sudah mendaftarkan ke akun bisnis selanjutnya tunggu peninjauan selesai. Jika tidak ada masalah selama proses peninjauan maka hanya perlu menunggu untuk mendapatkan izin membuat akun Instagram Shopping bisa aktif.

5.  Pengaktifan Fitur Shopping

Aktifkan fitur Shopping jika peninjauan selesai. Untuk mengaturnya bisa lihat di pengaturan namun jika pilihannya belum tersedia maka proses peninjauan masih berlangsung atau belum mendapatkan persetujuan.

6.  Penambahan Label Produk

Setelah mendapat persetujuan selanjutnya Anda bisa membuat konten dengan cara tap pada konten untuk meninjau produk yang ada didalamnya. Caranya hampir sama dengan menandai produk seperti menandai akun Instagram teman yakni dengan cara berikut:
  • Setelah memilih foto selanjutnya klik Tag Products
  • Klik satu kali lagi pada produk yang akan ditandai
  • Aktifkan Facebook supaya bisa mengunggah sekaligus dua di media sosial
  • Lakukan promosi

7.  Memaksimalkan Promosi dengan Teknik SEM dan SEO

Untuk memaksimalkan penjualan di media sosial ada baiknya mempelajari teknik SEM dan SEO. Dua teknik ini jadi andalan para pebisnis online sehingga ketika sudah memanfaatkan fitur Instagram Shopping penjualannya bisa lebih maksimal.

Itu dia cara membuat akun Instagram Shopping bisa aktif. Ada baiknya untuk bersaing dalam hal pemasaran digital bisa mempelajari teknik digital marketing dan memaksimalkan media yang ada sehingga nantinya toko online Anda bisa lebih terpercaya.