Ini Dia Cara Mengganti Baterai Laptop dan Cara Agar Baterai Tetap Awet

Cara Mengganti Baterai Laptop tentunya bisa Anda gunakan apabila Anda ingin mencoba mengganti baterai laptop yang sudah rusak atau bermasalah. Berikut pembahasannya.

Ini Dia Cara Mengganti Baterai Laptop dan Cara Agar Baterai Tetap Awet
Ini Dia Cara Mengganti Baterai Laptop dan Cara Agar Baterai Tetap Awet

Adanya laptop tentu menjadi sangat penting untuk banyak orang mulai dari pekerja, mahasiswa, hingga anak sekolah pun juga kini memerlukan laptop untuk mengerjakan tugas - tugasnya. Namun ada kalanya laptop yang kita gunakan mengalami masalah pada bagian baterai nya. Jika memang begitu, Anda dapat mencoba Cara Mengganti Baterai Laptop yang bisa Anda lakukan sendiri.

Keberadaan baterai pada laptop ini ibarat jantung pada tubuh manusia. Apabila baterai pada laptop mengalami masalah atau bahkan rusak total maka akan membuat laptop menjadi tidak dapat berfungsi sama sekali. Biaya servis laptop memang sedikit merogoh kocek tergantung dari kerusakan yang ada. Karena itu Anda dapat mencoba sendiri mengganti baterai laptop yang bermasalah ini.

Cara Mengganti Baterai Laptop dan Cara Agar Baterai Laptop Awet  

Cara Mengganti Baterai Laptop ini bisa Anda coba apabila Anda memang berani dan paham mengotak – ngatik laptop Anda. Berikut adalah beberapa caranya dan tips agar baterai laptop tidak mudah rusak:

1.  Cara Mengganti Baterai Laptop Sendiri

  • copot baterai dari laptop, kemudian bongkar casing baterai dengan memakai obeng minus atau pisau khusus pcb karena baterai laptop tidak dirancang untuk di service apabila tidak terdapat baut.
  • Cara Mengganti Baterai Laptop ini harus dilakukan dengan berhati - hati ketika akan membuka casing baterai karena pada casing baterai ini terdapat sebuah circuit board baterai. Hindari adanya goresan pisau atau memutuskan jalur. Anda dapat memulai dari samping dan lanjut sampai belakang agar rangkain yang ada pada sisi colokan tidak tercongkel ketika akan membuka baterai.
  • Hindari memulai dari posisi socket/colokan, hal itu disebabkan karena tempat itu adalah lokasi bagian circuit baterai dalam laptop. Lakukan hal di atas dengan hati  hati dan rapi agar membuat kondisi casing tetap bagus dan mulus untuk dipasang kembali ke laptop.
  • Apabila sudah terbuka, pastikan skema rangkaian baterai laptop menyesuaikan aslinya, dan skema ini dapat berbeda - beda tergantung dari merk laptop. Anda dapat memfoto dengan smartphone Anda terlebih dahulu agar tidak bingung ketika akan memasangnya kembali. Setelah itu copot solderan baterai dari rangkaian.
  • Anda juga harus memperhatikan dengan seksama sebelum mencopot solderan battery yang akan Anda perbaiki atau ganti. Ketika memakai solder, usahakan jangan terlalu lama karena baterai lithium dapat meledak.
  • Hal yang harus dihindari dari baterai lithium adalah panas. Cari kode nomor ukuran cell baterai, contoh tertulis 18650 itu berarti panjang cell baterai adalah 18 milimeter dan besaran lingkar cell baterai adalah 65 milimeter. 
  • Ada baiknya Anda membeli merk baterai laptop yang sama agar cell batteries bisa masuk pada casing baterai laptop. jika ukurannya beda, usahakan jangan terlalu besar perbedaannya. Selama itu tetap muat pada case baterai laptop.
  • seluruh tegangan/voltase Lithium batteries laptop 3.6 volt, namun kapasitas pada daya (mAH) tidak selalu sama. Karena itu ada baiknya Anda membeli cell baterai laptop yang memang sama.
  • Apabila semua sudah terlepas, periksa satu demi satu baterai lithium yang mati (death cell). kemudian ubah cell baterai yang mati dengan baterai lithium yang baru. Harap berhati – hati karena proses pemasangan cell batteries baru harus benar posisi + - nya, apabila baterai laptop baru yang dipasang ini terbalik, maka bisa memicu baterai lithium meledak.
  • Pastikan pemasangan cell lithium batteries sudah berdasarkan dengan skema yang ada. periksa lagi rangkaian memakai AVO/multitester. Susun rangkaian cell batteries laptop yang baru pada casing sebelumnya. Anda dapat memakai lem 'glue stick' atau 'alteco' yang biasa dijual dengan harga 5 ribu di toko besi atau toko material.
  • Apabila terdapat bagian case yang rusak ketika pembongkaran, ada dapat memasang dengan meletakkan potongan kain kasa atau kapas agar ada media lem dapat merekat. Lakukan dengan serapi mungkin.
Apabila Anda memang tidak yakin untuk dapat membongkar pasang laptop Anda sendiri, Ada baiknya Anda minta bantuan orang yang memang mengerti tentang elektronika atau tukang servis komputer dll. 
Ada juga layanan service laptop yang mengerti mengenai persoalan listrik dan cukup handal, Anda dapat memakai bantuan jasa servis laptop yang Anda percaya. umumnya biaya untuk pemasangan cell baterai rusak ini dapat berkisar 100 ribuan, namun harga tersebut belum termasuk harga cell baterai dari laptop rusak yang akan diganti.

2.  Cara Agar Baterai Laptop Tidak Mudah Rusak 

Apabila baterai laptop sudah rusak atau mengalami masalah, tentu akan repot jadinya. Karena itu berikut adalah tips agar baterai laptop Anda lebih awet dan tidak mudah rusak:

Tidak Melakukan Pengisian Daya Ketika Pemakaian Pertama

Hal pertama yang dapat mengurangi umum baterai adalah tidak melakukan pengisian daya tepat setelah Anda membelinya. Sama seperti ketika membeli smartphone, laptop yang baru dipakai pertama kali setelah dibeli ini harus Anda charger sampai full sebelum dipakai.

Karena pada kondisi baru, kapasitas baterai laptop umumnya belum terisi penuh atau bisa juga keadaan kosong. Oleh karena itu, sesaat setelah dibeli, direkomendasikan untuk langsung melakukan charge laptop hingga full sampai sekitar 4 jam dengan kondisi mati.

Jangan sampai baru dibeli, kamu sudah melakukan kesalahan yang bisa mempengaruhi performa dari perangkat pintar tersebut.

Terlalu sering Laptop Dalam Keadaan Mati Total

Apabila tidak sering terjadi mungkin tidak masalah, tetapi apabila dilakukan berkali - kali, dikhawatirkan bisa membuat baterai laptop menjadi cepat bocor. Ada baiknya Anda kurangi kebiasaan buruk ini, karena apabila masih dilakukan, bisa membuat komponen di baterai laptop semakin mudah rusak.

Selain itu, untuk mengurangi kerusakan akibat hal tersebut, Anda bisa membiasakan untuk mengisi daya baterai ketika ada di angka 20 %. Sedangkan untuk laptop yang tidak terlalu sering digunakan, sisakan daya baterainya sekitar angka 40 %, dan simpan laptop Anda di tempat yang tidak lembab.

Memakai Laptop Sambil Dicharge

Hal ini bisa membuat baterai cepat rusak karena dengan bersamaan, kinerja baterai laptop menjadi terganggu dikarenakan daya yang terbagi. Disatu sisi baterai harus mengeluarkan daya, tetapi disisi lainnya juga harus memasukan daya. Ada baiknya, tidak terlalu sering melakukan kebiasaan yang satu ini.

Untuk Idealnya, ketika Anda tidak terlalu memerlukan laptop, lakukan charging terlebih dulu sambil mematikan laptop. Apabila sudah, barulah Anda memakai laptop kembali untuk bekerja, tapi ingat harus dengan kondisi baterai yang telah penuh yaitu 100%.

Itulah pembahasan mengenai Cara Mengganti Baterai Laptop dan penyebab baterai laptop cepat rusak. Apabila Anda memang tidak yakin untuk mengganti baterai laptop sendiri karena berbahaya, maka Anda bisa mengandalkan jasa service laptop yang tersedia di tempat Anda.