5+ Cara Menjadikan Smartphone Sebagai Remote TV Termudah Untuk Anda!

Cara menjadikan smartphone sebagai remote TV paling mudah dengan aplikasi atau tanpa aplikasi

5+ Cara Menjadikan Smartphone Sebagai Remote TV Termudah Untuk Anda!
5+ Cara Menjadikan Smartphone Sebagai Remote TV Termudah Untuk Anda!

Fungsi smartphone semakin lama semakin komplit, terbaru ini bisa digunakan sebagai remote TV. Cara menjadikan smartphone sebagai remote TV tidaklah sulit. Sayangnya banyak yang kurang memahami sehingga sampai membutuhkan jasa untuk menyambungkan smartphone dengan TV.

Saat ini smartphone lebih sering ada di tangan sehingga jika remote TV sewaktu-waktu hilang tidak perlu panik. Dengan smartphone yang ada di genggaman bisa dipakai untuk menggantikan saluran TV dengan mudah.
 

5 Cara Menjadikan Smartphone Sebagai Remote TV

Kecanggihan smartphone masa kini dengan perkembangan teknologinya bisa dijadikan remote TV. Meskipun tidak semua smartphone bisa mendukung kinerja aplikasi untuk menjadikannya sebagai remote salah satu syaratnya wajib memiliki infra red.

Fungsi infra red ini dijadikan sebagai sensor yang memberikan kemudahan untuk mengganti saluran TV. Jika sudah menginstal aplikasi namun tidak bisa bekerja maka bisa mengecek smartphone Anda apakah memiliki infra red atau tidak.

1. IR Universal TV Remote

Aplikasi ini bisa didownload dengan cara gratis . Setelah terinstal nantinya akan muncul layar pilihan menu merk TV lalu pilihlah yang sesuai dengan merk TV Anda selanjutnya coba gunakan untuk memindah atau menaik turunkan volume.

2. Aplikasi Bawaan

Ada beberapa smartphone yang sudah memiliki aplikasi bawaan sehingga tidak perlu lagi tambahan aplikasi untuk menjadikannya sebagai remote. Biasanya dengan aplikasi bawaan fungsinya bukan hanya untuk mengganti program saluran TV saja.

Fungsinya bisa digunakan dalam banyak hal seperti remote AC. Smartphone yang biasanya ada aplikasi menjadikan sebagai remote ini adalah Oppo dan Samsung. Cara penggunaannya yaitu:
  • Buka aplikasi remote yang terdapat di smartphone
  • Pilih nama negara atau kota tempat tinggal saat ini
  • Pilih layanan TV yang akan digunakan
  • Cari pengaturan lalu klik lanjutkan
  • Pilih merk TV lalu coba 
  • Jika sudah berjalan pilih yes lalu pilih This Code One Work

3. Zaza Remote

Aplikasi ini mendukung banyak barang elektronik bukan hanya TV. Menjalankannya cukup mudah dengan menginstal aplikasi lalu lanjutkan dengan langkah di bawah ini:
  • Pilih icon menu lalu ke icon +
  • Pilih perangkat apa yang diinginkan disini yang dipilih TV
  • Pilih merk
  • Pilih Nama Merk Perangkat lalu klik power
  • Jika tidak ada respon klik No Response setelah itu klik kembali icon power
  • Jika berhasil maka klik Has Response

4. Android TV Remote Control

Google sudah mengembangkan aplikasi ini sebagai remote yang hanya bisa dipakai untuk smartphone Android. Penawaran terbaik tampilan dalam aplikasi ini adalah tampilan antarmuka (UI) yang terbilang sederhana dan cara pemakaiannya terbilang mudah.

Setelah dibuka secara otomatis akan mendeteksi TV Android yang ada di sekitar paling dekat. Lanjutkan pemakaian layaknya aplikasi smartphone biasa.

5. Google Home

Lewat aplikasi ini pengguna smartphone bisa dengan mudah mengakses sebagai remote TV dan beberapa elektronik lainnya. Setelah masuk ke akun aplikasi pengguna wajib memasukkan akun Google lalu aplikasi akan meminta sejumlah perizinan dan lanjutkan sesuai petunjuk.

Jadi itulah cara menjadikan smartphone sebagai remote TV dengan mudah baik dengan aplikasi atau tidak. Pasalnya ada beberapa smartphone yang sudah memiliki setelan pabrik untuk dipakai sebagai remote.