4 Cara Membersihkan Sampah di Laptop Windows dengan Mudah

File sampah akan memberatkan performa laptop. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara membersihkan sampah di laptop untuk menjaga performa laptop.

4 Cara Membersihkan Sampah di Laptop Windows dengan Mudah
4 Cara Membersihkan Sampah di Laptop Windows dengan Mudah

Tahukah kamu cara membersihkan sampah di laptop? Kalau kamu merasa performa laptop sudah mulai menurun, itu berarti saatnya kamu melakukan pembersihan. File sampah akan mengganggu performa laptop.

Oleh karena itu, salah satu hal yang perlu kamu lakukan secara rutin untuk menjaga laptop kamu adalah membersihkan sampah di laptop. File sampah di laptop akan memenuhi kapasitas RAM dan harddisk atau SSD. Akibatnya, performa laptop pun akan menurun. Laptop pun akan menjadi lemot.

Kali ini, kita akan membahas cara membersihkan sampah di laptop agar tidak lemot. Kamu tidak perlu mencari file sampah secara manual. Dengan beberapa cara berikut, file sampah akan otomatis terhapus. Langsung saja simak informasi lengkapnya berikut.

Cara Membersihkan Sampah di Laptop dengan Windows OS

Cara berikut berlaku untuk kamu yang menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows. Ada beberapa cara membersihkan sampah di laptop Windows 10, 11, maupun yang berada di bawahnya. Berikut informasi lengkapnya.
  

1. Melalui Disk Cleanup

Pertama, Windows memiliki aplikasi bawaan untuk menghapus file sampah. Namun, aplikasi tersebut tidak bisa berjalan sendiri. Kamu perlu menjalankannya dengan cara berikut.

4 Cara Membersihkan Sampah di Laptop Windows dengan Mudah
  • Di kolom pencarian atau “menu Start di Windows 10”, kamu hanya perlu mengetikkan “Disk Cleanup”. Setelah itu, buka aplikasi tersebut. Setelah itu, akan muncul pilihan lokasi penyimpanan yang ingin dibersihkan. Pilih lokasi penyimpanan yang ingin kamu bersihkan, lalu klik “OK”.
  • Selanjutnya, akan muncul halaman baru “Disk Cleanup”. Sistem akan mencentang file sampah di penyimpanan tersebut. Selanjutnya, kamu tinggal klik “OK” dan tunggu pembersihan selesai.
Dengan menggunakan cara ini, kamu tidak perlu khawatir file kamu akan hilang. Sistem hanya akan membersihkan file yang tidak terpakai alias sampah.

2. Melalui Shortcut Windows + R

Jika kamu ingin cara cepat, ada juga shortcut yang bisa kamu pakai, yakni menggunakan “Windows + R”. Cara membersihkan sampah di laptop menggunakan Windows R adalah sebagai berikut.
  • Tekan bersamaan ikon “Windows + R” pada keyboard
  • Setelah itu, ketikkan “temp dan enter”. File Explorer pun akan terbuka dan menampilkan “Folder Temp”.
  • Pilih “semua data yang ada” dan tekan tombol “Delete” pada keyboard.
  • Kemudian, tekan lagi ikon “Windows + R”
  • Ketikkan “%temp%” dan “file explorer” pun akan terbuka. Lalu, “hapus seluruh file yang tampil”
  • Setelah itu, kamu bisa masuk ke “Recycle Bin” untuk menghapus permanen file sampah tersebut.
4 Cara Membersihkan Sampah di Laptop Windows dengan Mudah

Sama seperti cara sebelumnya, file-file yang tersimpan di Folder Temp adalah file sampah. Jadi, tidak akan menghapus file penting kamu.

3. Melalui Recycle Bin

Selanjutnya, aplikasi Recycle Bin merupakan tempat untuk file-file yang kamu hapus secara manual. Ternyata, file yang kamu hapus tidak langsung hilang. Data tersebut masih tersimpan di Recycle Bin. Oleh karena itu, kamu perlu menghapusnya.

Cara menghapusnya sangat mudah. Kamu tinggal buka “Recycle Bin”, lalu pilih “semua file” dan klik “Delete” pada keyboard. File pun akan terhapus secara permanen.

4. Melalui Aplikasi CCleaner

Untuk kamu yang ingin menggunakan aplikasi tambahan, Aplikasi CCleaner adalah yang direkomendasikan untukmu. Cukup “install aplikasi” tersebut dan “jalankan untuk menghapus file sampah di laptop secara otomatis”.

Penutup

Cara membersihkan sampah di laptop windows 7 dan di atasnya bisa kamu lakukan dengan 4 cara mudah di atas. Lakukan pembersihan secara rutin untuk menjaga performa laptop. Informasi cara membersihkan sampah di laptop ini sangat bermanfaat, bukan?