5 Tips agar Laptop Tidak Lemot dan Lag saat Dipakai

Performa laptopmu turun dan terasa sangat lemot? Kamu perlu mengaplikasikan tips agar laptop tidak lemot berikut. Performa laptop pun akan kembali maksimal.

5 Tips agar Laptop Tidak Lemot dan Lag saat Dipakai
5 Tips agar Laptop Tidak Lemot dan Lag saat Dipakai

Memiliki laptop yang lemot memang menyebalkan. Kamu tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Sebaliknya, kamu pun akan lebih sering emosi karena performa laptop turun. Sebelum emosimu meluap-luap, kamu perlu menyimak tips agar laptop tidak lemot ini.

Laptop yang lemot tidak serta merta disebabkan oleh eror atau ada hardware yang rusak. Bisa jadi kamu melakukan sesuatu yang secara tidak sadar berpengaruh pada performa laptop. Oleh karena itu, mari kita minimalisasi laptop yang lemot dengan melakukan beberapa langkah berikut.

Tips agar Laptop Tidak Lemot saat Dipakai

Ada banyak cara agar laptop tidak lemot windows 10 yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi performa laptop yang lemot. Tak hanya Windows 10, cara ini bisa kamu praktikkan ketika menggunakan Windows jenis lain, bahkan pengguna MacBook. Ini adalah cara paling standar untuk meningkatkan performa laptop.

1. Periksa Berapa Tab dan Aplikasi yang Terbuka

Cara pertama, silakan periksa berapa tab yang terbuka saat kamu berselancar di internet. Membuka terlalu banyak tab akan menyebabkan laptop menjadi berat. Performa laptop pun akan turun.

Kemudian, terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan juga akan memberatkan laptop. Aplikasi yang terbuka akan berjalan di latar belakang. Hasilnya, RAM pun memproses banyak data. Laptop pun akan menjadi lemot.

Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu menutup tab yang tidak terpakai. Kamu pun sebaiknya hanya menjalankan aplikasi yang benar-benar kamu butuhkan.

2. Lakukan Update Windows Rutin

Untuk pengguna Windows, cara agar laptop tidak lemot Windows 7 adalah dengan melakukan update secara rutin. Bagaimanapun, update tetap perlu untuk mengatasi masalah lag pada versi sebelumnya.

Jika laptop kamu memungkinkan untuk menggunakan aplikasi versi terbaru, sebaiknya lakukan update sesuai dengan yang disarankan. Proses update tidak akan memberatkan laptop kamu selama laptop kompatibel dengan perubahan terbaru.

3. Bersihkan File Sampah

Selanjutnya, penting sekali untuk membersihkan file sampah pada laptop. Terlalu banyak file sampah menyebabkan kapasitas RAM atau harddisk menjadi penuh. Akibatnya, performa laptop pun akan turun.

Kamu bisa membersihkan file sampah secara manual dengan menghapus file-file yang sudah tidak terpakai. Lalu, rutinlah mengecek Recycle Bin dan mengosongkannya. Terakhir, kamu juga perlu menghapus file cache yang ada di sistem laptop.

4. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Jika tiga cara sebelumnya sudah kamu lakukan, tetapi belum berhasil, saatnya meng-uninstall aplikasi-aplikasi yang sudah jarang kamu pakai.

Kamu juga perlu memastikan bahwa aplikasi yang terpasang di laptop sudah sesuai dengan spesifikasi laptop. Jika ada aplikasi yang berat dan tidak sesuai dengan spesifikasi laptop, aplikasi tersebut tidak akan berjalan lancar.

5. Tambah Kapasitas RAM

Terakhir, untuk laptop yang masih saja lemot meskipun sudah melakukan berbagai cara, coba tambahkan RAM dengan kapasitas yang lebih tinggi daripada yang kamu pakai sekarang. Cara ini paling ampuh untuk membuat laptop tidak lagi lemot.

Untuk penambahan RAM, kamu juga perlu memperhatikan apakah laptop kamu memungkinkan dipasang RAM yang lebih tinggi atau tidak. Proses penambahan RAM bisa kamu lakukan mandiri atau dengan bantuan ahli.

Penutup

Bermasalah dengan performa laptop yang lemot? Lakukan lima langkah yang sudah dijelaskan di atas. Jika langkah 1 sampai 4 sudah kamu lakukan dan performa laptop sudah cukup bagus, kamu tidak perlu penambahan RAM.

Namun, jika laptop masih saja lemot meski sudah melakukan 4 tips agar laptop tidak lemot tersebut, penambahan RAM memang menjadi solusi terakhir yang perlu kamu lakukan.