Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows dan MacBook

Bingung bagaimana cara cek spesifikasi laptop kamu? Ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Pengguna Windows atau MacBook bisa melihat ulasan berikut.

Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows dan MacBook
Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows dan MacBook

Ingin tahu bagaimana cara cek spesifikasi laptop? Terkadang, kamu memang perlu mengetahui seperti apa spesifikasi laptop yang kamu gunakan sekarang. Setelah mengetahuinya, kamu akan bisa menilai apakah laptop yang kamu gunakan masih sesuai dengan kebutuhan kamu saat ini atau perlu menggantinya.

Tak hanya itu, ketika kamu ingin membeli laptop bekas, kamu pun tak boleh percaya begitu saja dengan deskripsi spesifikasi yang penjual sampaikan. Kamu perlu mengecek sendiri spesifikasinya. Cara melihat spesifikasi laptop Asus atau laptop dengan Windows OS umumnya sama. Itulah yang akan kita bahas hari ini.

Kemudian, bagi pengguna MacBook atau MacOS, kamu pun tak perlu khawatir. Kita juga akan membahas cara melihat spesifikasi laptop MacBook. Berikut pembahasan lengkapnya.

Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows

Karena pengguna Windows OS rata-rata lebih banyak daripada MacBook, kita akan bahas terlebih dahulu cara cek spesifikasi laptop HP dan sejenisnya yang menggunakan Windows OS. Ada beberapa langkah yang bisa kamu coba. Kamu tinggal memilih langkah yang paling mudah versi kamu.

1. Melalui Properties di My Computer

Pertama, kamu bisa mengandalkan menu “Properties” yang ada di laptop kamu. Caranya adalah sebagai berikut.
  • Pilih “Start” atau ikon “Windows”, ketikkan “File Explorer” atau “My Computer” di kolom pencarian dan enter.
  • Klik kanan pada ikon “This PC” pilih “Properties”.
Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows dan MacBook
  • Setelah itu, kamu pun akan mendapatkan informasi tentang spesifikasi laptop, yakni prosesor, nama perangkat, kapasitas RAM, tipe OS (32 bit atau 64 bit). Dengan informasi tersebut, kamu sudah dapat menilai seberapa baik kinerja laptop tersebut.
Untuk mengakses info spesifikasi laptop dengan cepat, kamu bisa langsung masuk dengan shortcut “Windows + E”. Kamu pun bisa langsung masuk ke menu “File Explorer”.

2. Melalui Control Panel

Kedua, cara melihat spesifikasi laptop Acer dan laptop dengan Windows OS lainnya adalah dengan memanfaatkan Control Panel. Caranya adalah sebagai berikut.
  • Tekan bersamaan tombol Windows + R
  • Ketikkan “control panel” dan tekan enter
  • Klik “System and Security”, lalu klik “System”
Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap terkait spesifikasi laptop. Informasi yang kamu dapatkan sama dengan ketika menggunakan cara yang pertama. Tidak begitu detail, tetapi cukup untuk mengetahui performa laptop. 

3. Melalui Diagnostic Tools

Terakhir, metode ketia adalah dengan memanfaatkan menu Diagnostic Tools. Metode ini juga bisa memberikan informasi spesifikasi laptop yang lebih lengkap dan detail. Berikut langkah-langkahnya.
  • Tekan bersamaan tombol “Windows + R”
  • Ketikkan “dxdiag” dan enter
Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows dan MacBook

Dengan cara sederhana ini, akan ada informasi lengkap tentang spesifikasi laptop, yakni yang berkaitan dengan System, Display, Sound, dan Input. Kamu pun akan tahu jika ada masalah di salah satu bagian laptop kamu. Cara cek spek laptop dxdiag ini paling disarankan untuk kamu yang ingin membeli laptop bekas.

Cara Cek Spesifikasi Laptop MacBook atau MacOS

Terakhir, untuk pengguna MacBook, kamu pun bisa mengetahui spesifikasi laptop dengan cara berikut.
  • Klik logo Apple
  • Pilih opsi “About This Mac”. Setelah itu, akan muncul halaman yang menunjukkan prosesor, memori, dan grafis.
  • Jika kamu ingin mengecek baterai, klik saja “About This Mac” > “System Report” > “Hardware” > “Power”. Setelah itu, akan muncul informasi baterai.

Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows dan MacBook

Penutup

Apa pun laptop kamu, pasti ada salah satu cara cek spesifikasi laptop di atas yang bisa kamu pakai. Tinggal sesuaikan saja dengan sistem operasi laptop kamu. Setelah itu, kamu pun bisa menilai seberapa baik performa laptopmu.