Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10, 7, 8 & 11

Cara mematikan Windows Defender bisa kamu lakukan cepat di menu pencarian start Windows dengan mengklik  Windows security. Panduan lengkapnya di sini.

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10, 7, 8 & 11
Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10, 7, 8 & 11

Guna melindungi laptop atau komputer, Windows memiliki software antivirus bawaan yang langsung terinstall di laptop atau komputer, namanya Windows Defender. Cara mematikan Windows Defender ini pun mudah, bisa langsung kamu lakukan manual di laptop atau komputer.

Kenapa Mematikan Windows Defender?

Mematikan Windows Defender Windows 10 atau 11 kadang jadi pilihan orang karena sudah menggunakan antivirus dengan fitur yang lebih lengkap.

Software bawaan ini sebenarnya juga  sudah ada di Windows  sebelum 10, yakni Windows 7 dan 8. Jadi pengguna Windows inilah yang bisa memilih apakah tetap menggunakannya atau mematikannya saja.

Alasan lain kenapa banyak orang memilih mematikan sistem antivirus ini adalah kesulitan untuk menginstall software baru di laptop. Windows Defender seringkali mendeteksi software tersebut sebagai malware yang terdeteksi.

Akibatnya tentu membuat proses install tidak bisa. Kamu bisa mematikan lebih dulu sistem ini jika ingin menginstall software tertentu di laptop atau komputer.

Sebelum kamu mematikannya, perlu juga kamu ketahui jika Windows Defender ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk perlindungan laptop atau komputer.

Antivirus ini mampu mendeteksi malware, melakukan blokir eksploitasi, mendeteksi situs terindikasi phising, hingga serangan berbasis jaringan.

Nah, tetapi sekarang banyak orang memilih aplikasi antivirus yang lain untuk perlindungan lebih lengkap. Jadi, untuk penggunaan yang lebih nyaman, Windows Defender ini perlu kamu matikan. Gimana caranya?

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

Bagaimana cara mematikan Windows Defender Windows 10? Berikut ini langkah-langkahnya yang bisa kamu lakukan:

Pilih Menu Start di Windows

Langkah pertama silakan kamu buka menu “start” yang ada di bagian Windows laptop atau komputer. Klik di “kolom pencarian”.

Ketik Windows Security

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10, 7, 8 & 11

Supaya lebih cepat, kamu bisa langsung klik di kolom pencarian menu “windows security” tunggu sampai terbuka halamannya.

Pilih “virus & threat protection”

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10, 7, 8 & 11

Selanjutnya, kamu bisa langsung klik menu “virus & threat protection”. Ambil bagian “manage” dan selanjutnya kamu bisa mematikan pada bagian “real time protection”.

Setelah itu kamu akan bisa melihat tampilan tombol Windows Defender yang masih on atau off. Segera “off” kan dengan “menggeser tombol” tersebut. 
 
Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10, 7, 8 & 11

Kalau kamu ingin mengaktifkan lagi pengaman virus ini, kamu tinggal menggeser tombol nonaktif tadi menjadi aktif kembali. Sistem ini juga bisa kamu matikan secara permanen jika benar-benar kamu anggap tidak penting untuk keamanan perangkat yang kamu miliki.

Apalagi jika kamu tidak memiliki sistem antivirus lainnya yang bisa melindungi laptop atau komputer, keamanan perangkat kamu tentu akan jadi lebih rentan.

Cara Mematikan Windows Defender Windows 11

Bagaimana pula cara mematikan Windows Defender Windows 11? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kalau Windows Defender ini terdapat di Windows 10 dan 11, jadi secara umum langkah-langkahnya tetap sama yakni bisa kamu lakukan di menu “Windows Security” yang ada di start Windows.

Cara Mematikan Windows Defender Windows 7 atau 8

Sedangkan kalau kamu pengguna Windows 7 atau 8, langkahnya berbeda. Kamu bisa menemukan langsung Windows Defender di kolom pencarian start,  masuk ke “Tools’, dan pilih “option”. Di sana kamu bisa menemukan menu “real time protection” yang bisa kamu atur waktunya untuk perlindungan komputer.

Nah, gimana? Kamu tetap ingin mematikan Windows Defender? Secara umum fungsi dari perangkat anti virus ini sangat penting bukan untuk keamanan laptop atau komputer.

Namun, perlu juga kamu ketahui kalau sekarang sejak adanya Windows Defender ini, kasus infeksi virus di laptop atau komputer jarang terjadi. Terutama pasca rilisnya Windows 10 di tahun 2015 lalu.

Keputusannya tentu di kamu, apakah kamu hapus atau nggak ya. Pastinya cara mematikan Windows Defender di atas bisa membantu kamu untuk menjaga keamanan dan kenyamanan operasi penggunaan laptop atau komputer. Selamat mencoba.