Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop untuk Pengguna Windows

Laptopmu memiliki fitur Bluetooth, tetapi tidak tahu bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut? Begini cara mengaktifkan Bluetooth di laptop Windows.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop untuk Pengguna Windows
Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop untuk Pengguna Windows

Berbeda dengan di ponsel yang langsung terdapat ikon Bluetooth untuk diaktifkan, di laptop, kamu mungkin bingung menemukan fitur tersebut. Bagaimana cara mengaktifkan Bluetooth di laptop? Itulah yang akan kita bahas hari ini. Pengguna Windows bisa merapat.

Pada era ini, fitur Bluetooth di laptop sudah sangat lazim. Fitur ini sangat penting untuk mendukung koneksi antarperangkat. Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini sudah sangat banyak perangkat dengan koneksi nirkabel, mulai dari keyboard, mouse, speaker, dan lain sebagainya.

Bluetooth memang memudahkan koneksi antarperangkat. Untuk laptop yang sudah memiliki fitur Bluetooth, kamu bisa mengaktifkannya dengan berbagai cara berikut sesuai dengan jenis Windows yang kamu miliki. 
 

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Untuk kamu yang bingung karena tidak tahu cara mengaktifkan bluetooth di laptop Asus, ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Silakan sesuaikan dengan jenis Windows yang saat ini kamu pakai. Informasi lengkapnya adalah sebagai berikut.
  

1. Windows 11

Saat ini, Windows 11 menjadi sistem operasi paling ter-update yang kini sudah dipakai oleh banyak orang. Mengaktifkan Bluetooth di Windows 11 pun semakin mudah karena ikon fitur tersebut ada di taskbar Jaringan. Kamu bisa menggunakan du acara untuk mengaktifkan Bluetooth di Windows 11.
  • Cara pertama adalah cara cepat yang memanfaatkan taskbar Jaringan, yakni taskbar dengan simbol WiFi yang berada di sisi kanan sebaris dengan Waktu dan Tanggal. Langsung saja klik Bluetooth. Fitur tersebut otomatis akan aktif.
  • Cara kedua adalah dengan menggunakan menu Start atau taskbar Windows. Buka Menu Start > Pengaturan >> Perangkat & Bluetooth, lalu aktifkan Bluetooth. Fitur tersebut akan menyala.  
“Jika tidak ada perangkat yang tersambung, status Bluetooth akan menjadi not connected atau tidak tersambung. Jika ingin menyambungkan perangkat laptop dengan perangkat lain, kamu tidak bisa melakukannya secara otomatis. Kamu perlu menyambungkannya.”

Cara memasang bluetooth di laptop adalah dengan masuk ke Start > Pengaturan > Perangkat & Bluetooth > Tambahkan perangkat. Pilih perangkat yang ingin disambungkan dan klik Selesai. Kamu hanya perlu mengatur proses ini sekali saja. Selanjutnya akan terpasang otomatis.

2. Windows 10

Kemudian, cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 10 pun sangat mudah, yakni klik “Start” > “Pengaturan” > “Perangkat” > “Bluetooth & Perangkat Lain” > aktifkan Bluetooth. Fitur ini akan aktif.

Selanjutnya, untuk menyambungkannya, di bagian “Bluetooth & Perangkat Lain”, kamu bisa ke bagian “Tambahkan Bluetooth atau Perangkat Lain” > Bluetooth dan klik selesai.

3. Windows 8

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop acer dengan Window 8, pilih menu “Start”.

Selanjutnya, di kolom pencarian, kamu bisa mengetikkan Bluetooth dan pilih “Pengaturan Bluetooth”. Aktifkan Bluetooth dan pilih perangkat yang ingin dipasangkan. Klik “Pasangkan”. Kamu hanya perlu mengikuti instruksi hingga perangkat sukses tersambung.

4. Windows 7

Terakhir, cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 7 lebih mudah lagi. Kamu tinggal memulai perangkat dengan mengeklik taskbar dengan ikon Windows, kemudian pilih “Tambahkan Perangkat”, pilih perangkat yang ingin kamu tambahkan dan klik “Berikutnya”.

Selanjutnya, ikuti saja instruksi yang mungkin muncul. Jika tidak ada instruksi tambahan, dua perangkat yang ingin kamu sambungkan pun otomatis akan tersambung.
  

Penutup

Setelah membaca pembahasan ini, kamu tidak bingung lagi bagaimana cara mengaktifkan Bluetooth di laptop, bukan? Akan ada banyak informasi penting dan menarik seputar teknologi di sini. Jadi, temukan solusi masalahmu seputar teknologi di sini, ya.