Cara Mengecek IMEI Android dan Statusnya di Kemenperin

cara mengecek IMEI Android bisa kamu lakukan langsung di menu pengaturan dan langsung verifikasi di situs Kemenperin. Cek selengkapnya di sini.

Cara Mengecek IMEI Android dan Statusnya di Kemenperin
Cara Mengecek IMEI Android dan Statusnya di Kemenperin

Sudah tahu berapa nomor IMEI ponsel Android kamu saat ini? Kamu bisa cek sekarang ya untuk memastikan ponsel kamu aman dan nggak illegal. Cara mengecek IMEI Android di hp pun cukup simpel dan cepat.

Apa Itu IMEI dan Manfaatnya?

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan kombinasi deretan 15 angka sebagai bentuk identitas ponsel secara internasional. Pemerintah menggunakan nomor ini untuk memastikan bahwa ponsel yang beredar di Indonesia nggak illegal.

Kalau ponsel kamu illegal sudah pasti akan mati dan nggak bisa kamu operasikan lagi. Nah, untuk mencegahnya, kamu perlu tahu berapa nomor IMEI kamu di hp dan langsung bisa cek statusnya di Kemenperin.

Cara Cek IMEI di HP Android

Cara cek IMEI Android seperti Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo dan lainnya cukup simple, bisa kamu lakukan langsung di hp kamu.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengecek berapa sih angka IMEI hp kamu:

Buka Setting Pengaturan HP

Setting pengaturan beberapa smartphone Android mungkin berbeda, tetapi semua informasi IMEI ini akan ada di menu pengaturan. Buka pengaturan di hp kamu. Cek IMEI Samsung atau Xiaomi tetap bisa kamu lakukan di menu setting ini.

Pilih Pengaturan Lainnya 

Cara Mengecek IMEI Android dan Statusnya di Kemenperin

Pada ponsel Vivo misalnya, kamu bisa membuka lebih dulu menu ‘pengaturan lainnya’ untuk menemukan menu “tentang ponsel”. Beberapa smartphone lain mungkin bisa langsung menemukan menu ini di pengaturan.

Pilih “Tentang Ponsel”

Cara Mengecek IMEI Android dan Statusnya di Kemenperin

Selanjutnya klik langsung menu “tentang ponsel”. Akan bisa kamu lihat spesifikasi lengkap tentang hp kamu, termasuk deretan nomor IMEI yang kamu butuhkan. Simpan dan catat untuk kemudian kamu cek di website resmi kemenperin.

Cara Cek Status IMEI di Kemenperin

Setelah kamu menemukan nomor IMEI di hp, selanjutnya adalah kamu perlu melakukan pengecekan apakan IMEI kamu tersebut terdaftar resmi di Kemenperin atau tidak.

Cek IMEI online ini juga cukup mudah. Bisa kamu lakukan secara langsung di hp dengan cepat. Bagaimana langkah-langkahnya? Silakan ikuti panduan berikut:
Cara Mengecek IMEI Android dan Statusnya di Kemenperin
  • Kamu bisa mengunjungi laman Kemenperin khusus untuk pengecekan IMEI ini, bisa kamu klik di sini.
  • Selanjutnya akan muncul kolom isian IMEI. Lanjutkan dengan memasukkan nomor IMEI yang kamu lihat di hp sebelumnya.
  • Nah, setelah itu langsung klik pengecekan, kalau misalnya IMEI kamu tersebut sudah terdaftar resmi, maka akan muncul status pemberitahuan di bawahnya, “IMEI terdaftar di data base Kemenperin”.

Bagaimana Jika IMEI Tidak Terdaftar?

Penggunaan IMEI sebagai aturan mutlak legalitas mulai berlaku di Indonesia sejak September 2020, yakni dengan beroperasinya Central Equipment Identity Register (CEIR) di Indonesia.

Jika saat ini kamu akan membeli ponsel, maka wajib buat kamu mengecek IMEI nya lebih dulu. Jika tidak memiliki IMEI maka tidak akan mendapatkan jaringan dari provider.

Lalu bagaimana jika ponsel kamu sekarang tidak memiliki IMEI? Pemblokiran tidak akan terjadi kalau ponsel tersebut sudah ada sebelum beroperasinya CEIR di atas. Namun, kalau kamu membeli ponsel saat ini tanpa IMEI, sudah pasti pemblokiran akan berlaku.

Nah, penting banget bukan untuk IMEI ini saat ini? Dulu mungkin angka ini hanya deretan angka biasa ya, tapi sekarang menjadi jaminan legalitas untuk sebuah gawai beroperasi.

Nggak cuma di hp aja lho. Kewajiban memiliki IMEI dari pemerintah ini juga berlaku untuk komputer genggam dan tablet.

Yuk cek IMEI kamu sekarang, cara mengecek IMEI Android di atas cukup mudah bukan dan bisa langsung kamu verifikasi di Kemenperin. Selamat mencoba.