Tips Membeli Laptop Bekas agar Tidak Tertipu

Ingin membeli laptop bekas? Baca dulu tips membeli laptop bekas berikut. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum membeli laptop bekas.

Tips Membeli Laptop Bekas agar Tidak Tertipu
Tips Membeli Laptop Bekas agar Tidak Tertipu

Tidak ada salahnya membeli laptop bekas. Selama kamu selektif dalam memilih laptop, kamu bisa mendapatkan laptop bekas dengan kualitas yang masih bagus. Kamu harus tahu dulu beberapa tips membeli laptop bekas agar tak salah pilih.

Sekarang ini, kamu bisa membeli laptop secara langsung atau online. Namun, kamu lebih disarankan untuk membeli laptop secara langsung daripada online. Dengan begitu, kamu bisa mengecek lebih detail bagaimana kondisi laptop tersebut.

Jika terpaksa harus membeli laptop secara online, pastikan kamu memilih toko yang terpercaya dan menawarkan garansi. Dengan begitu, jika ada cacat setelah kamu melakukan pengecekan, kamu bisa langsung mengklaim garansi tersebut. Langsung saja simak informasi lengkapnya berikut.

Tips Membeli Laptop Bekas yang Penting Kamu Perhatikan

Secara garis besar, tidak ada perbedaan besar antara tips membeli laptop bekas online dan offline. Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan kurang lebih sama, yakni sebagai berikut.

1. Tentukan Spesifikasi Laptop yang Kamu Butuhkan

Pertama-tama, kamu harus menentukan terlebih dulu spesifikasi laptop yang kamu butuhkan. Penentuan spesifikasi laptop ini berdasarkan tujuan penggunaannya. Jika kamu hanya perlu laptop untuk penggunaan standar, kamu pun tidak perlu spesifikasi yang tinggi.

Sebaliknya, jika kamu membutuhkan laptop untuk penggunaan profesional, seperti programming, editing, atau pembuatan video, kamu pun perlu laptop dengan kualifikasi tinggi. Intinya, rumuskan dulu laptop seperti apa yang kamu butuhkan saat ini.

2. Cek Harga Pasaran dan Tentukan Budgetmu

Setelah itu, kamu juga perlu mencari informasi merk laptop bekas yang bagus dan berapa harganya di pasaran. Hal ini perlu kamu lakukan untuk melakukan negosiasi dengan penjual.

3. Cek Kondisi Hardware Laptop

Jika kamu membeli laptop secara langsung, kamu perlu mengecek kondisi hardware sebelum memutuskan untuk membelinya. Apa saja yang perlu kamu cek? Pastikan bodi laptop tidak ada yang lecet berlebih.

Selanjutnya, cek kondisi layar, webcam, hardisk, dan kondisi baterainya. Kamu juga bisa mengecek koneksi nirkabelnya, apakah ada yang tidak berfungsi atau tidak.

Lalu, jika kamu membeli laptop secara online, mengecek kondisi hardware laptop menjadi salah satu hal yang harus dilakukan setelah membeli laptop bekas. Kamu bisa langsung mengklaim garansi jika ternyata ada yang cacat.

4. Cek Spesifikasi Laptop

Mengecek spesifikasi laptop juga penting. Karena kamu pasti punya standar sendiri terkait laptop yang kamu butuhkan, pastikan kamu mendapatkan laptop sesuai dengan kebutuhan kamu.

Spesifikasi laptop juga menjadi salah satu penentu harga laptop. Jadi, pastikan kamu mengeceknya dengan detail.
  

5. Cek Garansi

Terakhir, kamu juga perlu mengecek garansi. Apakah produk yang kamu beli masih dalam masa garansi atau tidak. Lalu, apakah toko memberikan garansi atau tidak untuk laptop bekas yang kamu beli.

Untuk memastikan laptop yang kamu beli aman, sebaiknya tidak membeli laptop dengan umur lebih dari 3 tahun. Laptop dengan usia lebih dari 3 tahun sudah tidak memiliki garansi. Selain itu, performa laptop pun bisa jadi sudah mulai turun.

Penutup

Ini adalah tips membeli laptop second dan standar pengecekkannya. Kamu mungkin perlu memperhatikan banyak hal jika ingin membeli laptop bekas. Namun, hal ini tetap penting untuk kamu lakukan.

Tujuan pengecekan adalah agar kamu benar-benar mendapatkan laptop bekas aman. Sekalipun ada minus, kamu pun tidak merasa tertipu karena sudah mengetahuinya. Oleh karena itu, pastikan kamu memperhatikan tips membeli laptop bekas sebelum membeli laptop bekas, ya.