Review Oppo A57 5G: Kelebihan dan Kekurangan

Melalui Oppo A57 5G, Oppo hadir dengan membawa spesifikasi yang lebih tinggi. Benarkah demikian? Simak review kelebihan dan kekurangan Oppo A57 5G di sini.

Review Oppo A57 5G: Kelebihan dan Kekurangan

Oppo mengumumkan perilisan Oppo A57 5G di Indonesia pada akhir Juli 2022. Merek ponsel cerdas asal Tiongkok ini ditenagai chipset Mediatek Dimensity 810, RAM 8GB, dan berjalan pada OS Android 12.

Lantas, bagaimana spesifikasi Oppo A57 5G?
Simak review Oppo A57 5G kelebihan dan kekurangan di bawah ini.

Review: Spesifikasi Oppo A57 5G, Kelebihan dan Kekurangan

Tentunya, Oppo membawa spesifikasi yang lebih tinggi dari seri Oppo A57 sebelumnya. Hadir dengan 3 pilihan warna, yaitu Dark Blue, Quiet Night, dan Lilac, saat ini harga Oppo A57 5G berada di kisaran Rp 3,4 jutaan.

Berikut spesifikasi HP Oppo A57 5G:

1. Body

Membawa desain premium, Oppo Glow, yang membuatnya tampak berkelas pada bobot 187g dan 8mm. Selain desain body yang mewah dan berkilau, Oppo A57 5G juga aman untuk berbagai aktivitas karena sudah dilengkapi sertifikasi IP54.

Meskipun kehadiran IP54 tidak lebih baik dari IP57 atau IP58, tapi itu sudah yang terbaik di kelas harganya.

Namun sangat disayangkan, tampilan depannya tidak semewah bagian belakang. Karena sebagai ponsel kelas menengah, kamera depan tidak memberikan kesan yang kekinian. Bezel tebal dan kamera masih menggunakan desain water drop.

Hasilnya, kamu akan melihat kamera depan yang cukup mengganggu layar.

2. Layar

Hadir dengan panel IPS LCD, Oppo A57 ini memiliki panjang diagonal layar 6,56 inci dengan refresh rate 60Hz. Sebenarnya ini tidak terlalu mengganggu, namun tidak sedikit HP 4G sudah menggunakan refresh rate yang lebih tinggi dari 60Hz.

Meski demikian, Oppo A57 menggunakan layar HD+ 720 x 1612 piksel yang nyaman dan lega untuk nonton maupun bermain game.

Menariknya lagi, meskipun hanya menggunakan panel IPS, tapi layarnya sangat kaya warna dan cerah sehingga tetap mendukung meskipun kondisi gelap.

3. Sistem dan Performa

Berjalan pada OS Android v12.0, firmware A57 5G bisa kamu upgrade ke versi yang lebih baru. Untuk performa, Oppo A57 2022 ini didukung chipset MediaTek Hello G35 dengan 8 core yang mampu memberikan kecepatan hingga 2.3GHz.

Namun, chipset tersebut termasuk kelas menengah ke bawah yang sebenarnya tidak untuk gaming, sehingga bisa mengurangi kenyamanan bermain game. Maka dari itu, lebih sesuai untuk bermain game ringan.

4. Penyimpanan

Meskipun chipset kurang memuaskan, tapi ada dukungan RAM LPDDR4X 4GB yang bisa di-upgrade hingga 8GB berkat adanya teknologi RAM Expansion. Lebih dari itu juga menyediakan penyimpanan internal sebesar 128GB.

5. Kamera

Oppo A57 5G memiliki 3 kamera, yaitu:
  • Kamera utama 13MP
  • Kamera mono 2MP
  • Kamera depan 8MP
Meskipun kamera utama 13MP memiliki fokus yang baik, namun penggunaan 2 kamera belakang hanya mampu menghasilkan gambar berkualitas standar di pencahayaan minim.

Ya, setidaknya layak untuk diposting di medsos.

Akan tetapi untuk selfie, hasil foto cukup detail dan tampak natural berkat fitur mode malam pada resolusi 8MP.

6. Baterai dan Konektivitas

Oppo A57 battery merupakan apa yang patut dibanggakan. Karena pada HP Oppo A57, tertanam baterai 5000mAh dengan sistem pengisian cepat, SuperVOOC 33W.

Hasilnya, kamu bisa mengisi daya 0-50% hanya dalam waktu 30 menit.

Untuk konektivitas, Oppo A57 5G sudah mendukung konektivitas WLAN 5G, bluetooth 5.3, dan USB Tipe-C.

7. Fitur

Dilengkapi speaker stereo ultra-Linear yang mampu menghasilkan suara jernih dan cukup memuaskan untuk ponsel mid-range.

Satu fitur lainnya yang menjadi kelebihan Oppo A57 5G yaitu pemindai sidik jari yang cukup sensitif dan menyatu dengan tombol power. Tujuannya supaya lebih mudah dan cepat saat membuka dan mengunci HP.

Penutup

Jika diperhatikan, desain kamera depan terkesan seperti HP entry-level dengan kualitas foto yang standar. Serta layar dengan refresh rate yang masih biasa dan chipset tidak sesuai untuk gaming.
Namun melalui Oppo A57 5G, Oppo hadir dengan desain premium dan spesifikasi kelas mid-range. Sementara ketahanan baterai, menjadi keunggulan yang kini banyak dicari.