Review Oppo A76: Serbaguna dengan Budget Minim

Review Oppo A76: Serbaguna dengan Budget Minim



Menawarkan SuperVOOC dengan anggaran rendah, Oppo A76 5G juga mendukung kebutuhan multitasking. Apa yang membuatnya dapat diandalkan? Simak review-nya di sini.

Oppo telah resmi meluncurkan Oppo A76 sebagai seri A pertama yang dilengkapi dengan fitur Pengisian Cepat SuperVOOC. Tidak hanya itu, Oppo juga menyematkan RAM yang mampu menjalankan berbagai macam aplikasi.

Membuatnya sebagai andalan tepat untuk produktivitas sehari-hari, ditambah dengan dukungan jaringan 5G. Untuk lebih jelas, cek spesifikasi Oppo A76 serta kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Review: Spesifikasi Oppo A76 yang Multitasking

Oppo A76 rilis pada pertengahan Februari 2022 lalu dengan spesifikasi sebagai berikut:

1. Desain: Oppo Glow yang Memukau

Memiliki bobot 189g yang pas digenggaman dengan layar yang sudah dilengkapi pelindung ekstra.

Saat membalik ponsel, kamu akan menemukan kamera ganda yang sederhana dan tidak mencolok. Bahkan desain belakangnya mengadopsi teknik pewarnaan Oppo Glow yang membuatnya terlihat menakjubkan saat terkena cahaya.

Selain tahan debu dan goresan, Oppo A76 juga tahan terhadap tumpahan air.

2. Layar: 90Hz dengan Rasio Screen 89,9%

Oppo A76 5G masih menghadirkan layar HD yang lebih hemat daya dan warna yang memanjakan mata. Namun, tanpa FHD+ tingkat kecerahan tergolong kurang.

Meski demikian, pada layar berukuran 6,56 inci, Oppo A76 hadir dengan refresh rate 90Hz dan touch sampling 180Hz yang membuatnya semakin responsif. Cukup halus saat berselancar di media sosial atau saat bermain game.

3. Baterai: 5000mAh + SuperVOOC 33W

Baterai Oppo A76 menggunakan 2 cell jenis Li-Po berkapasitas 2.500 mAh. Selain kapasitas yang besar, yakni 5000mAh, juga sudah dilengkapi teknologi fast Charging, 33W SuperVOOC.

Memungkinkan kamu melakukan pengisian daya sampai 50% dalam waktu 30 menit. Bahkan tidak untuk penggunaan penuh, daya hidupnya bisa sampai 1,5 atau 2 hari.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk penggunaan sehari-hari tanpa harus melakukan pengisian daya.

4. Performa: Snapdragon 680 dengan Fabrikasi 6nm

Berbicara performa, dapur pacu Oppo A76 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 680 (6nm) pada kecepatan 2.4GHz. Artinya, secara keseluruhan performa bagus, sesuai dengan kebutuhan harian.

Ditambah dengan dukungan memori internal sebesar 128GB dan RAM 6GB yang memiliki dukungan RAM Expansion.

5. Kamera: Kamera Ganda 13MP + 2MP

Kamera Oppo A76 mampu menghasilkan foto yang cukup bagus berkat kamera depan beresolusi 8MP. Kemudian di cover belakang terdapat kamera utama beresolusi 13MP dan sensor portrait 2MP.

Hasilnya, foto terlihat natural karena mampu menampilkan warna asli dan tampak cukup tajam. Namun ketika cahaya redup dan foto dalam ruangan cukup rentan terhadap noise.

6. Fitur

Meskipun hanya menjalankan ColorOS 11.1 yang setara dengan Android 11, tapi Oppo A76 membawa beberapa fitur andalan selain SuperVOOC 33W. Beberapa di antaranya yaitu:
  • Flexdrop, untuk mengakses beberapa aplikasi secara bersamaan dengan memperkecil jendela aplikasi.
  • Sensor lengkap meskipun giroskopnya masih berbasis virtual.
  • Memiliki 2 slot kartu untuk SIM dan satu microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan.
  • Meskipun memiliki bodi yang tipis, tapi Oppo A76 tetap menyediakan jack audio 3,5mm.
  • Mendukung standar aptX HD yang memungkinkan penggunaan earphone nirkabel dengan kualitas yang baik.
Hanya saja, speaker bawaan tidak memiliki kedalaman, karena tidak menggunakan speaker stereo, tapi masih mono.

Untuk harga Oppo A76 sendiri berada di kisaran Rp 3,4 jutaan.

Memiliki layar responsif dengan baterai tahan lama dan kinerja yang dibawa, Oppo A76 cukup mendukung kegiatan multitasking. Termasuk untuk pengalaman gaming yang memuaskan meski tanpa melakukan pengaturan grafis.