Review Realme C30: HP 1 Jutaan, Stylish dan Kencang

Review Realme C30: HP 1 Jutaan, Stylish dan Kencang



Realme C30 hadir sebagai smartphone dengan desain yang lebih keren dari HP entry-level lainnya. Apa hanya itu? Lihat keunggulan Realme C30 5G lainnya di sini.

Perusahaan Realme melakukan pembaruan untuk harga rendah melalui Realme C30 yang memiliki kesan stylish dan nyaman dalam genggaman. Hadir pada pertengahan 2022.

Realme C30 harga 1 jutaan memiliki 3 pilihan warna, yaitu Lake Blue, Denim Black, dan Bamboo Green. Ternyata, selain desain memukau dan menjadi yang paling stylish, smartphone entry-level ini juga menawarkan performa terbaik.

Apa saja keunggulannya? Simak ini.

Review: Spesifikasi Realme C30 Harga 1 Jutaan

Berikut Realme C30 spesifikasi:

1.Desain Body: Stylish dan Tidak Membosankan

Realme C30 hadir sebagai HP 1 jutaan dengan desain yang paling menarik. Bahkan desainnya tergolong ringan dan kokoh dengan dimensi 8.5mm dan berat 182g.

Memiliki tekstur seperti koper yang keren sehingga tidak licin, nyaman dalam genggaman, dan tidak mudah kotor.

2.Layar: 60Hz HD+

Sebagai HP 1 jutaan, resolusi HD+ dengan refresh rate 60Hz pada layar IPS 6,5 inci sudah cukup memadai. Memiliki tingkat kecerahan dan kontras yang nyaman untuk penggunaan luar maupun di dalam ruangan.

Rasio yang ditawarkan 88,7% pada resolusi 1600 x 720 piksel. Ukuran standar mengingat harganya yang tergolong HP kelas entry-level.

3.Performa: MediaTek Helio G80

Untuk performa, Realme C30 5G mengandalkan chipset Unisoc T612 dengan fabrikasi 12nm dan kecepatan 1.8GHz. Kemudian mendapatkan dukungan RAM 2GB sehingga mampu mengakses beberapa aplikasi bersamaan tanpa kendala.

Realme C30 membawa memori internal 32GB yang sebenarnya kurang memadai untuk ukuran smartphone saat ini. Namun kekurangan ini dapat diatasi berkat adanya slot untuk microSD dengan kapasitas hingga 1TB.

Maka dengan budget minim, kamu tetap bisa memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan lebih banyak file dengan menambah microSD.

4.Baterai: 5.000 mAh

Keunggulan lain yang dimiliki Realme C30 yaitu, ketahanan baterai. Membawa baterai berkapasitas besar, 5.000mAh, membuat Realme C30 mampu standby hingga 45 hari.

Untuk menonton Youtube dan Netflix, Realme C30 bisa kamu andalkan untuk waktu cukup lama, atau sampai seharian. Namun untuk penggunaan sederhana seperti chatting dan medsos kamu bisa menggunakannya sampai 2 hari.

Sayangnya, Realme C30 5G tidak mendukung fast charging, sehingga kamu butuh waktu sampai 3 jam untuk melakukan pengisian daya sampai penuh dalam mode terkunci.

5.Kamera

Realme C30 hanya dibekali 2 kamera yaitu kamera belakang beresolusi 8MP dan kamera depan dengan resolusi 5MP. Meskipun hanya dengan satu kamera belakang, tapi mampu merekam video dengan resolusi full HD hingga 1080p.

Sementara kamera depan bisa merekam video dengan resolusi maksimal HD 720p.

Lebih dari itu, untuk foto, Realme C30 sudah mendukung fitur AI dan mempu menghasilkan foto tanpa overekspose dan saturasi warna yang hampir akurat.

6.Sistem Operasi dan Fitur

Realme C30 RAM 2GB ini menggunakan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka Realme UI R Edition yang simple, ringan, dan mudah dipahami.

Menariknya, sebagai HP di kelas 1 jutaan, Realme C30 tidak membawa terlalu banyak aplikasi bawaan sehingga tersedia lebih banyak ruang penyimpanan. Bahkan beberapa aplikasi bawaan bisa di-uninstall.

Untuk konektivitas, Realme C30 menggunakan Wifi 2,4GHz dan Bluetooth versi 5.0.

Jika anggaran kamu sangat terbatas namun menginginkan HP dengan desain berkelas, maka kamu bisa meminang Realme C30 5G.