Cara membuat Video Animasi 3D dan 2D Cuma Pakai Powerpoint

Banyak sekali yang mengira bahwa animasi hanya bisa dilakukan dengan Adobe After Effect atau Blender, yang tentunya membutuhkan keahlian dan skill yang sangat dibutuhkan. Namun, saya ingin memberikan alternatif cara buat membuat animasi 2D dan 3D hanya dengan PowerPoint saja.

Cara membuat Video Animasi 3D dan 2D Cuma Pakai Powerpoint

Salah satu kendala yang sering terjadi ketika hendak membuat video animation, terutama animasi 2D atau 3D adalah ketiadaan perangkat lunak khusus buat nge-animasi.

Video animasi adalah salah satu bentuk komunikasi. Animasi adalah cara untuk mengekspresikan ide, imajinasi, dan pemikiran Anda. Animasi dapat digunakan sebagai bentuk ekspresi kreatif untuk menceritakan kisah dengan cara yang berbeda yang tidak mungkin dilakukan sebaliknya.

Ada banyak alasan mengapa orang membuat animasi video, seperti:

  • Untuk mengomunikasikan ide secara efektif
  • Untuk berbagi ide dengan orang lain melalui media visual seperti film dan acara televisi (misalnya)
  • Menceritakan cerita dengan cara yang menarik dengan menggabungkan gambar dari berbagai sumber (seperti ilustrasi atau foto) menjadi satu urutan yang menceritakan sebuah cerita tentang sesuatu yang penting terjadi saat ini

Software-software animasi seperti Adobe After Effect atau Blender cukup terjangkau, tapi kelihatannya masih cukup lama juga buat bisa menguasai semua fitur yang tersedia di dalamnya.

Ketika ingin membuat animasi 3D dan 2D dari pembuatan powerpoint, maka perlu Anda ketahui cara penggunaan Microsoft PowerPoint yang baik dan benar supaya hasilnya juga sangat baik.

Nah, kali ini saya ingin memberikan alternatif cara buat membuat animasi 2D dan 3D hanya dengan PowerPoint saja.

Belajar membuat animasi 2D dan 3D hanya dengan PowerPoint

Di sini saya akan menunjukkan cara animasi dasar dengan PowerPoint sebelum melanjutkan ke cara membuat animasi lebih advanced dengan PowerPoint.

Untuk tutorial ini anda harus menggunakan software power point 2016 dan windows 7.

Cara animasi dasar :

  • Menggunakan titik dan garis untuk membentuk pola animasimu.

  • Mulai mengubah slide dengan gambar yang ingin dibuat menjadi video animasi. Jangan lupa untuk memilih format gambar yang ingin dipakai.

  • Setelah itu, buka hamburger menu di atas slide kamu dan pilih Animations pada menu Custom Animation.

  • Lalu arahkan pointer mouse di atas salah satu bagian dari suatu gambar PowerPoint yang ingin memberikan efek kepada video kamu (dalam hal ini kita memilih tanda panah sebagai pointer). Jika sudah tepat, maka akan muncul tombol Play button berwarna merah jadi klik saja tombol play button tersebut.

Kesimpulan

Anda sudah bisa menguasai cara membuat animasi dasar dengan PowerPoint. Selain itu, anda juga bisa menambahkan yang lebih advanced dengan menggunakan fitur-fitur dalam PowerPoint seperti add in pada slide berikutnya.