Harga HP Samsung Galaxy A33 5g dan Spesifikasi Kekurang Kelebihan

Harga HP Samsung A33 bisa dibilang cukup tinggi di kisaran 4 jutaan hingga 5 jutaan AMD. Tapi harganya pasti sebanding dengan fitur-fiturnya. Samsung Galaxy A33 5G versi Indonesia ini tersedia dalam tiga varian. 

Harga HP Samsung Galaxy A33 5g dan Spesifikasi Kekurang Kelebihan

Masing-masing 6/128GB dengan penyimpanan 8/128GB dan 8/256GB. Ponsel ini juga dilengkapi dengan teknologi RAM Plus yang akan menggandakan kapasitas RAM. Varian 6GB akan memiliki penyimpanan tambahan sebesar 6GB. 

Varian 8GB juga hadir dengan tambahan RAM 8GB. Ini ditenagai oleh Samsung A33 5G serta prosesor Exynos 1280 yang mendukung jaringan internet 5G. Jika Anda menginginkan kinerja tercepat Anda harus memilih versi 8/256 GB. Secara eksternal Samsung A33 didasarkan pada panel Super AMOLED untuk tampilan. 

Layarnya bisa menampilkan kualitas FHD dan refresh rate 90Hz. Samsung A33 5G juga disertifikasi untuk ketahanan air dan debu pada level IP67. Artinya ponsel bisa terendam air sedalam 1 meter selama 30 menit. Ponsel ini pasti akan berguna untuk mengambil video di dalam air.

Di departemen kamera Samsung A33 5G mengandalkan empat kamera utama di bagian belakang. Masing-masing memiliki sensor makro 48MP sudut lebar 8MP ultra lebar 5MP dan sensor bokeh 2MP. Ada kamera sudut lebar 13MP untuk selfie. 

Dilengkapi dengan baterai 5000 mAh dengan pengisian super cepat 25W. Baterainya kabarnya bisa bertahan hingga dua hari dengan pemakaian normal. Harga Samsung A33 5G masih cukup stabil di bulan Oktober ini. Harga toko resmi Samsung A33 varian 6/128GB adalah Rs. 4499.000 untuk varian 8/128GB Rp. 4799000 dan varian 8/256GB seharga Rp. Ini adalah 5299000. Mungkin A333 bisa lebih murah.

Spesifikasi Samsung Galaxy A33 5G

Ukuran Layarnya: 6,4 inci, Super AMOLED, 1080 x 2400 (Full HD+)
Chipset: Exynos 1280 (5 nm)
CPU: Octa-core
GPU: Mali-G68
Sistem Operasi: Android 12, One UI 4.1
RAM: 6GB, RAM 8GB
Memori internal: 128 GB, 256 GB
Dimensi HP: 1597 x 74 x 81 mm
Berat HP: 186 g
Kamera depan: 13 MP, f/2.2 (wide)
Kamera utama: 48 megapiksel f/1.8 (lebar) 8 megapiksel f/2.2 (ultra lebar) 5 megapiksel f/2.4 (makro) 2 megapiksel f/2.4 (kedalaman)
Video: 4K@30fps
Baterai: Li-Po 5000 mAh, fast charging 25W
SIM: Dual SIM
USB: USB Type-C
Warna: Great Blue Great Black Great White Great Peach

Seperti apa desain Samsung Galaxy A33 5G? Samsung A33 memiliki desain yang ramping dan minimalis. Ponsel ini berukuran 1597 x 74 x 81 mm dan berat 186 gram. Desain lubang layar mengadopsi desain Infinity-U yang membuat tampilan kamera selfie lebih modern. Terbuat dari plastik polikarbonat bahannya nyaman digenggam dan memiliki hasil akhir matte.

Atribut kamera utama tidak terlalu mencolok untuk memberikan kesan bersih dan modern. Di sisi kanannya itu terdapat tombol power dan volume. Ini memiliki lubang atas untuk mikrofon dan baki kartu SIM tetapi sayangnya Samsung Galaxy A33 5G tidak memiliki lubang jack 3.5mm sehingga Anda tidak dapat mendengarkan menggunakan earphone berkabel.

Pilihan Warna Samsung Galaxy A33 5G

Ponsel Samsung bergaransi resmi di Indonesia ini tersedia dalam 4 pilihan warna yang menarik. Itu berarti dua biru dua hitam dua putih dua persik.

Samsung A33 5G Tahan Air

Samsung A33 bersertifikat IP67 membuatnya tahan air dan debu. Anda dapat menggunakannya dengan lebih nyaman setelah menyemprotkan air ke ponsel Anda.

Layar Samsung A33 5G

Ukuran layar ponsel resolusi full HD ini adalah 64 inci. Panel layar yang digunakan adalah Super AMOLED yang mendukung kecepatan refresh 90Hz dan kecepatan sampling sentuh 180Hz. Menggulir layar Samsung A33 5G sangat mulus dengan pengaturan ini. Berkat panel Super AMOLED tampilan warna-warni juga memanjakan mata. Aktivitas visual dan game dijamin akan membuat mata Anda tetap terhibur.

Selain itu ponsel Samsung ini hadir dengan pelindung layar berupa Corning Gorilla Glass 5 yang membuat layar ponsel lebih tahan terhadap goresan. Namun jika Anda menginginkan keamanan lebih Anda dapat menambahkannya.

RAM Samsung A33 5G

Varian Samsung A33 5G hadir dengan pilihan kapasitas RAM 6GB dan RAM 8GB dengan garansi resmi SEIN. Anda dapat memilih versi dengan memori internal 128 GB atau 256 GB.

Performa Samsung Galaxy A33 5G

Samsung Galaxy A33 5G ditenagai oleh chipset Exynos 1280 dan diproduksi menggunakan manufaktur 5nm. Chip ini itu memiliki CPU octa-core yang terdiri dari 2x Cortex-A78 2.4Ghz dan 6x Cortex-A55 2.0GHz. Ini juga memiliki GPU Mali-G68 untuk pemrosesan grafis.

Kinerjanya memastikan operasi harian yang cepat dan andal. Di Samsung A33 saat Anda membuka aplikasi media sosial mengedit video konten pendek atau streaming video tidak ada lag yang berarti. Ketangguhan kinerjanya juga tercermin dari hasil pengujian AnTuTu di mana ponsel ini mencetak lebih dari 400.000 poin. Unit ini mengungguli beberapa pesaing di kelasnya yang disebut OPPO Reno5 5G. Performanya dikatakan cocok dengan kisaran harga mid-range Samsung Galaxy A33 5G.

Samsung Galaxy A33 5G Edisi Android

Samsung A33 menjalankan sistem operasi Android 12 One UI 4.1. Ketika datang ke pembaruan sistem operasi Samsung mengklaim menyediakan setidaknya empat versi OS Android (hingga Android 16) dan pembaruan keamanan lima tahun. Nilai jual yang menarik untuk dipertimbangkan terutama jika Anda berencana untuk menggunakan handset ini untuk waktu yang lama.

Beberapa fitur yang tersedia di sistem operasi ini adalah folder aman yang dapat Anda gunakan untuk mengunci file atau aplikasi dengan kata sandi. Untuk pengguna yang lebih menyukai tema dan wallpaper khusus One UI memberi Anda kebebasan untuk menyesuaikan tampilan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Samsung Galaxy A33 5G bagus untuk bermain game

Exynos 1280 di Samsung Galaxy A33 5G membuat game tetap sangat nyaman meskipun Anda tidak menggunakan banyak metrik. Misalnya saat bermain game mobile game berjalan lancar di setting tinggi. Konsumsi daya relatif normal dan setelah satu jam bermain daya baterai dikonsumsi hingga sekitar 15%. Bagi penggemar game FPS seperti PUBGM game ini mudah dimainkan tetapi memiliki beberapa masalah dalam hal suhu. Meskipun saya hanya bermain selama 15 menit suhunya naik terlalu cepat. Dan biaya pembuatan Samsung Galaxy A33 5G masih sangat wajar. Nokia juga memiliki fitur Game Booster untuk mendukung pengalaman bermain game Anda. Dengan fitur ini ponsel memahami perilaku bermain game Anda dan menggunakan data ini untuk mengoptimalkan suhu baterai dan RAM. Notifikasi diblokir secara otomatis sehingga Anda dapat fokus pada game Anda.

Kualitas Kamera Samsung A33 5G

Kamera utama Samsung Galaxy A33 5G memiliki pengaturan empat kamera. Keempat lensa tersebut meliputi lensa 48 MP f/1.8 (sudut lebar) 8 MP f/2.2 (sudut ultra lebar) 5 MP f/2.4 (makro) dan 2 MP f/2.4 (kedalaman).

Kualitas kamera utama sangat mengesankan dan mampu menampilkan detail yang tajam. Tidak hanya warna yang ditangkap oleh kamera mirip dengan subjek aslinya tetapi juga tidak terlalu mengesankan. Harga Samsung Galaxy A33 5G cukup bagus. Tersedia pula berbagai fitur untuk menunjang hobi fotografi Anda seperti mode kamera quad portrait dengan panorama makro malam dan zoom hingga 10x.

Untuk perekaman video ponsel Samsung ini dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) yang memungkinkan Anda merekam video lebih stabil dengan sedikit goyangan. Ada fitur menarik yang bisa Anda gunakan untuk membuat rekaman lebih menarik. Hyperlapse yang diputar di sepanjang timeline video termasuk gerakan lambat dan gerakan super lambat.

Sedangkan untuk kamera selfie ponsel ini hadir dengan kamera beresolusi 13MP f/2.2 (wide). Kualitas gambar memuaskan. Ini menangkap wajah dan objek di sekitarnya dengan detail yang tajam. Namun saat mengambil gambar dalam cahaya redup kualitasnya tampak menurun. Samsung juga memiliki kecerdasan buatan bawaan untuk membuat wajah Anda lebih halus memberi Anda lebih banyak kebebasan untuk mengambil foto narsis.

Kapasitas baterai Samsung A33 5G

Kapasitas baterai 5000mAh adalah salah satu hal terbaik tentang ponsel ini. Dengan baterai yang terisi penuh Anda dapat menjelajahi Internet selama sekitar 14 jam atau menonton video hingga 18 jam.

Untuk penggunaan normal seperti menjawab chat atau browsing jejaring sosial ponsel dapat digunakan seharian sehingga Anda tidak perlu khawatir baterai habis.

Samsung A33 5G super cepat

Samsung Galaxy A33 5G sudah mendukung teknologi pengisian cepat 25W. Hingga 50% proses pengisian membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Baterai 100% 5000 mAh membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk terisi penuh.

Di kelas harga Samsung Galaxy A33 teknologi fast charging 25W sepertinya tidak lebih istimewa dari kompetitor lainnya.

Galaxy A33 sudah 5G

Seperti namanya Samsung Galaxy A33 versi 5G dibekali kemampuan menerima jaringan 5G. Jadi Anda dapat menggunakan koneksi 5G untuk pengalaman internet yang lebih cepat.

Galaxy A33 5G kini mendukung pengenalan sidik jari

Samsung Galaxy A33 5G dilengkapi dengan sensor sidik jari dalam layar. Dalam pengaturan ini Anda hanya perlu menyentuh layar untuk membuka kunci ponsel. Proses pemindaiannya sangat cepat sehingga Anda tidak perlu menyalakan layar terlebih dahulu.

Galaxy A33 5G memiliki NFC

Ponsel ini dilengkapi dengan teknologi NFC. Jadi Anda dapat menggunakan ponsel Anda untuk memeriksa saldo e-money Anda di berbagai bank berkemampuan NFC di Indonesia. Fitur ini jelas merupakan salah satu tambahan yang lebih menarik pada Samsung Galaxy A33 dengan harga menengah.

Kualitas Suara Samsung Galaxy A33 5G

Perangkat ini berisi speaker stereo yang terletak di bagian bawah. Fitur ini merupakan upgrade dari versi sebelumnya yang hanya tersedia untuk seri A5x.
Suara yang dihasilkan sangat jernih dengan bass. Ada juga fitur Dolby Atmos yang membuat segalanya lebih keras. Ini benar apakah Anda sedang memutar audio atau menonton video. Sayangnya output audio terbatas karena hal-hal menjadi sedikit terpecah saat Anda menaikkan volume.

Keunggulan Samsung Galaxy A33 5G

Samsung Galaxy A33 5G membawa banyak perubahan di kelas. Apa kelebihan dari kelas HP ini? Berikut penjelasannya.

1. Desain dan ukuran

Galaxy A33 5G dan A53 5G tampaknya mengikuti panduan desain seri Galaxy S22. Artinya gaya desain dasar tidak banyak berubah dari generasi sebelumnya. Dalam hal ini Galaxy A33 akan menampilkan desain modul kamera Ambient Edge yang sama dengan Galaxy A52.

Namun tidak perlu ponsel ini mengadopsi desain Galaxy A52. Itu karena cover belakang Galaxy A32 masih ceper. Demikian pula kamera depan Infinity-U mengenai wajah.
Aspek menarik dari desain Galaxy A33 adalah hasil akhir matte yang tercetak pada sampul belakang dan bingkai. Pelapisan atau pemolesan ini tidak membuat noda sidik jari mudah menempel. Fitur ini tidak ada di Galaxy A32.

Juga seperti yang disebutkan dalam paragraf pembukaan Galaxy A33 telah mendapat sertifikasi IP67. Badan pesawat dijamin tahan debu di semua sisi dan tahan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Fitur durabilitas ini merupakan yang paling pertama untuk seri Galaxy A3x.

Secara konstruksi Galaxy A33 menggunakan material polikarbonat untuk cover belakang dan bodi. Sementara itu bagian depan ponsel dilindungi oleh Cornings Gorilla Glass 5.

Max Parker dari ulasan terpercaya menghargai kualitas build yang sangat baik dari HP ini meskipun terbuat dari polikarbonat. Menurut lab Tech Radar Tom Bedford Galaxy A33 sangat nyaman untuk dipegang serta kualitas build yang sangat baik.

Pengalaman tangan yang nyaman dapat dicapai karena ukuran Galaxy A33 tidak besar. Benar sekali dimensi ponsel ini adalah 1597 x 74 x 81 dengan berat 186 gram. HP ini juga cukup kompak dan tidak berat.

Beberapa hal yang bisa Anda temukan pada bezel ponsel ini adalah tombol power dan pengatur volume di sisi kanan. Berikutnya adalah mikrofon speaker utama di bagian atas dan port USB C di bagian bawah. Sisi kiri kosong sementara slot mikrofon kedua hybrid di bagian atas ditempati oleh dua kartu SIM dan lubang suara yang berfungsi sebagai speaker sekunder.

2. Tampilan dan suara

Spesifikasi bagian layar Galaxy A33 5G tetap tidak berubah dari pendahulunya. Panel layar yang digunakan masih Super AMOLED dengan bentang 64 inci dan resolusi Full HD (1080 x 2400 piksel).
Layar mendukung kecepatan refresh hingga 90Hz untuk menciptakan pengalaman pengguliran yang mulus. Ada juga pemindai sidik jari dalam layar. Samsung mengklaim bahwa layar Galaxy A33 5G dapat mencapai kecerahan maksimum 800 nits.

Banyak penguji yang puas dengan tampilan desktop HP ini. Warna yang ditampilkan khas untuk panel AMOLED. Kecerahan dan kontrasnya juga bagus menurut Tom Bedford.

Pratima Adhikari di saluran YouTube Gadgetbyte mengatakan bahwa Samsung memiliki optimasi warna yang baik. Menurut Athikaar layar Galaxy A33 mungkin terlihat lebih baik daripada layar AMOLED yang digunakan oleh merek lain.

Layar Galaxy A33 yang layak adalah pendamping yang hebat untuk speaker stereonya. Perpaduan kedua komponen tersebut dapat menciptakan perasaan puas saat menonton film.

Secara total speaker stereo Galaxy A33 5G terdengar semakin nyaring ujar Pratima Adhikari. Konfigurasi speaker HP ini dapat ditingkatkan dengan preset Dolby Atmos.

3. Dapur pacu

Galaxy A33 5G mendapatkan Samsung Exynos 1280 SoC. Galaxy A53 5G juga menggunakan SoC 5nm ini. Sebelum berbicara tentang performa mari kita ceritakan sedikit tentang bentuk SoC baru ini.

Exynos 1280 memiliki 8 inti prosesor dalam 26 konfigurasi. Konfigurasi ini berarti dua inti prosesor dengan mikroarsitektur Cortex A78 (24 GHz) dan enam inti prosesor dengan mikroarsitektur Cortex A55 (20 GHz). Inti prosesor pertama aktif sedangkan inti prosesor kedua menangani tugas telepon ringan untuk tujuan kinerja tinggi.

Selain itu Exynos 1280 juga menyertakan berbagai komponen salah satunya adalah GPU Mali-G68 quad-core dengan frekuensi 1 GHz. Galaxy A33 Runway ditenagai oleh memori internal Exynos 1280 UFS 3.1 (128 atau 256 GB) dan RAM 6 atau 8 GB.

Galaxy A33 mencetak skor AnTuTu 9 secara keseluruhan sebesar 396823 berdasarkan tes yang dilakukan oleh Pratima Adhikari. Skor ini cukup bagus untuk HP kelas menengah. Namun pihak berwenang tidak mengungkapkan varian memori Galaxy A33 mana yang diuji.

Skor 396K juga menunjukkan bahwa Exynos 1280 setara dengan Snapdragon 765G tetapi bahkan tidak mendekati Snapdragon 778G. Menurut NanoReview skor AnTuTu 9 dari Snapdragon 765G berada di kisaran 386K sedangkan Snapdragon 778G sekitar 526K.

Sementara itu Galaxy A33 5G mencetak 742 poin di single-core dan 1911 poin di multi-core di Geekbench 5 dalam tes yang dilakukan di saluran YouTube Rim Review. Ponsel ini menunjukkan skor kinerja yang konsisten 99,4% dari 20 dalam tes stres 3D Mark Wild. Disarankan untuk mengulang.

Pratima Adhikari yakin ponsel ini memiliki performa harian tercepat. Hal ini terlihat pada aplikasi dan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya (multitasking).

Galaxy A33 juga berkinerja baik saat bermain game. Pejabat tersebut menguji ponsel dengan game seluler PUBG pada pengaturan grafis HD dan frame rate tinggi. Alhasil permainan berjalan lancar. Petugas mengalami hasil serupa saat memainkan game mobile Call of Duty pada pengaturan grafis sedang dan frame rate tinggi.

4. Kamera

Galaxy A33 memiliki empat kamera yang menghiasi cover belakang. Di bagian depan terdapat kamera utama 48MP dengan aperture f/1.8. Kamera otomatis ini memiliki sensor 1/2 inci dan mendukung OIS (Optical Image Stabilization).

Kedua ada kamera ultra-wide 8MP dengan aperture f/2.2 dengan bidang pandang 123 derajat. Selain itu ada kamera makro 5 MP f/2.4 dan sensor kedalaman 2 MP f/2.4 sebagai bonus. Semua kamera belakang dilengkapi dengan flash.

Di bagian depan adalah kamera menghadap ke depan 13 MP dengan aperture f/2.2. Kamera utama dan kamera depan ponsel dapat merekam video hingga resolusi 4K pada 30 fps sedangkan kamera ultra lebar merekam resolusi 1080p (Full HD) pada 30 fps.

Pada tulisan ini perekaman video 1080p pada 60 fps hanya dimungkinkan dengan kamera utama. Kemampuan untuk merekam 1080p 60fps kemungkinan akan diperluas ke kamera ultrawide dan menghadap ke depan selama LG menyediakan pembaruan perangkat lunak di masa mendatang.

Kualitas tangkapan kamera Galaxy A33 umumnya bagus dalam kondisi pencahayaan yang baik. Kondisi luar ruangan hari ini.

Faktor-faktor seperti detail kontras dan rentang dinamis tampaknya benar berdasarkan pengamatan gambar yang diambil oleh penguji kami. Warnanya juga natural tapi terkadang terlalu jenuh.

Gambar bokeh juga bisa tercipta dengan baik. Pemisahan antara objek utama dan latar belakangnya terlihat bersih. Hal yang paling luar biasa dari kamera HP ini adalah kemampuan fotografi malamnya.

Saat mode malam tidak aktif ia memiliki lebih banyak noise dan lebih sedikit detail. Namun saat mode malam diaktifkan kualitas gambar sangat meningkat. Kebisingan berkurang eksposur dipertahankan dan detail ditingkatkan.

Foto selamat malam juga tak lepas dari kehadiran OIS. Fitur tunggal ini mampu meminimalkan goyangan saat kamera mengambil gambar dalam mode malam.

Perhatikan bahwa memotret dalam mode malam membutuhkan waktu. Ini karena mode ini memaksa kamera untuk mencoba menangkap cahaya sebanyak mungkin.

5. Baterai

Di bagian daya Samsung mengemas baterai 5000mAh untuk Galaxy A33 5G. Kapasitas ini tidak meningkat dibandingkan Galaxy A32. Bahkan 5000 mAh sangat besar menurut standar saat ini.

Samsung mengklaim baterai Galaxy A33 5G akan bertahan hingga dua hari. Dalam pengujian dunia nyata di saluran YouTube Lim Review HP ini bertahan hingga satu hari penuh beroperasi.

Bahkan baterai yang tersisa masih 20%. Aktivitas selama masa uji coba antara lain menonton video dan bermain game.

Di sisi lain Samsung sekarang mendukung pengisian cepat 25W untuk telepon. Ini merupakan peningkatan mengingat Galaxy A32 hanya mendukung pengisian cepat 15W.

Menurut pengujian yang dilakukan oleh Pratima Adhikari dan tim Gadgetbyte pengisian daya dari 0-100% hanya membutuhkan waktu 1 jam 10 menit. Waktu pengisian sangat cepat. Pengujian menggunakan pengisi daya Samsung asli dengan daya keluaran 25W.

6. Jaminan pembaruan

Salah satu alasan ponsel Android tidak memiliki siklus hidup yang panjang seperti iPhone adalah karena pembaruan perangkat lunak dijamin. Pada ponsel Android sebagian besar produsen menawarkan peningkatan perangkat lunak hanya dua kali dan patch keamanan diperbarui selama tiga tahun.

Android jelas kalah dari iPhone karena Apple menjanjikan peningkatan lima kali lipat atau lebih dalam perangkat lunak produk. Tetapi ketika datang ke pembaruan perangkat lunak dalam beberapa tahun terakhir Samsung telah membuat percikan besar.

Mulai Februari 2022 Samsung menetapkan standar baru dengan menawarkan empat peningkatan sistem operasi serta lima tahun pembaruan patch keamanan. Menariknya standar baru ini tidak hanya berlaku untuk ponsel flagship seperti seri Galaxy S dan Galaxy Z.

Tetapi standar baru ini juga berlaku untuk ponsel kelas menengah kelas atas termasuk Galaxy A33 5G. Galaxy A33 dilengkapi dengan Android 12 di luar kotak dengan OneUI 4.1 saat diluncurkan. Handset juga kemungkinan akan ditingkatkan ke Android 16 dan akan menerima pembaruan patch keamanan hingga 2027.

7. Harga menarik

Perdebatan harga sangat subjektif. Anda mungkin atau mungkin tidak setuju. Namun mengingat harga segmen atas smartphone mid-range yang akan turun hingga April 2022 Galaxy A33 kemungkinan akan dibanderol dalam kategori terjangkau.

Apalagi jika mendapatkan versi memori 6/128GB yang dibanderol seharga Rp4699.000. Dengan budget kurang dari 5 juta Anda tidak hanya akan mendapatkan ponsel dengan desain menarik tetapi juga lini fungsional yang berbeda. Sertifikasi IP67 mencakup fitur berharga seperti OIS dan garansi perangkat lunak jangka panjang.

Kekurangan Samsung A33 5G

Tidak dapat disangkal bahwa Galaxy A33 adalah ponsel yang menarik. Namun ponsel tidak kebal terhadap sesuatu yang bisa menjadi masalah bagi sebagian konsumen. Jika tidak ditoleransi pelanggan lebih cenderung melihatnya sebagai kelemahan.

1. Tidak ada jack audio dan tidak ada slot SIM

Seperti yang dibahas dalam paragraf pertama Galaxy A33 5G lebih condong ke premium karena memiliki fitur seperti peringkat OIS dan IP67. Namun tak disangka hal itu juga berimbas pada hilangnya jack audio 35 mm.

Melepaskan jack audio 35mm bukanlah masalah besar. Hal ini dikarenakan masih banyak ponsel lain yang lebih tipis dari Galaxy A33. Kami melihat hilangnya jack audio 35mm dimulai dengan smartphone kelas atas.

Di sisi lain masalah slot hybrid dual SIM dapat dinilai sebagai kelebihan atau kekurangan. Slot hybrid dual-SIM dapat dianggap sebagai nilai tambah karena dapat menampung kartu microSD yang berbeda dengan slot dual-SIM non-microSD yang biasanya terdapat pada flagship HP.

Di sisi lain slot kartu dual-SIM hybrid merupakan kelemahan jika Anda perlu menggunakan kartu microSD untuk memperluas ruang penyimpanan ponsel. Anda harus menggunakan dua kartu SIM aktif secara bersamaan. Anda terjebak dengan dua pilihan: kartu microSD atau kartu biasa.

2. Performa permainan

Exynos 1280 yang digunakan oleh Galaxy A33 5G tampaknya dirancang sebagai SoC produk. Pasalnya SoC ini menunjukkan performa yang impresif dalam hal pemrosesan foto dan video. Ini dapat dilihat pada perekaman video 4K yang mulus dan fungsi pemotretan malam yang mulus.

Selain itu Exynos 1280 menggunakan litografi 5 nm sehingga lebih banyak transistor dapat dicetak dengan cepat. Dengan demikian jarak antara transistor meningkat.

Akibatnya lebih sedikit energi yang dibutuhkan untuk memproses perintah lebih sedikit panas yang dihasilkan dan perintah diproses lebih cepat. Inilah yang dimaksud dengan efisiensi tinggi SoC.

Namun Exynos 1280 bukan tandingan Snapdragon 778G di segmen kelas menengah. Pasalnya kapasitas SoC ini tidak cukup untuk menjalankan game-game berat.

Saluran YouTube Lim Reviews mendemonstrasikan hal ini dengan memainkan Genshin Impact di Galaxy A33. Ponsel ini menunjukkan beberapa kelelahan saat bermain. Suhu tubuhnya langsung naik menjadi 41 atau 42 derajat Celcius.

3. Paket penjualan

Samsung berharap dapat membuat Galaxy A33 lebih hijau dengan program bernama Galaxy for the Planet. Upaya mereka dimulai dengan penggunaan bahan daur ulang di tombol power ponsel tombol volume dan slot kartu SIM.

Kasing penjualan HP ini juga diklaim Samsung menggunakan kertas ramah lingkungan. Penerapan kampanye Galaxy for the Planet juga berdampak pada pengurangan paket penjualan Galaxy A33.

Tentu saja yang akan Anda temukan saat membongkar ponsel ini adalah ejector kartu SIM kabel USB C dan buku petunjuk. Tidak ada lagi charging head dalam paket penjualan. Jika sudah memiliki charger yang mendukung fast charging 25W tentunya tidak menjadi masalah.

Tetapi jika Anda tidak memilikinya Anda harus merogoh kocek kembali untuk membeli pengisi daya yang sesuai. Charger asli Samsung dengan daya 25W ini dijual di toko online dengan harga Rp 400 ribu. Anda dapat menemukan mangkuk serupa yang terbuat dari tiga bagian untuk disimpan sesuka hati.

kesimpulan

Samsung telah berhasil membawa Galaxy A33 5G ke level terdepan di kelasnya. Status ponsel bukan hanya ponsel kelas menengah yang mendukung konektivitas 5G. Namun ponsel ini menjadi salah satu pilihan menarik dengan fitur klasik.

Semua area Galaxy A33 5G bisa dikatakan cukup. Dari desain layar hingga kemampuan kamera dan masa pakai baterai. HP ini juga memiliki sertifikasi IP67 OIS dan menjamin pembaruan perangkat lunak jangka panjang. Ketiga hal ini tidak tersedia di smartphone lain dalam kategori yang sama.

Dalam hal kinerja selama game yang dimainkan bukan kelas atas ponsel ini baik-baik saja. Jadi Galaxy A33 5G bukan untuk Anda sebagai gamer yang kompetitif terutama jika Anda bermain game seperti Genshin Impact.

Galaxy A33 5G akan lebih cocok untuk pengguna biasa yang menggunakan ponsel dalam waktu lama. Jadi apa pendapat Anda tentang ponsel yang menarik ini?