Tips Mengatasi Layar HP Bergaris Berlaku Untuk Seluruh Tipe HP

Handphone atau HP merupakan barang penting dalam kehidupan sehari-hari. Di era digital ini aplikasi HP sudah menjadi kebutuhan yang esensial bagi hampir semua orang. Namun penggunaan HP ini yang terus menerus terkadang yang menjadi menyebabkan masalah kesehatan HP. Misalnya garis muncul di layar. Cara mengatasi layar ponsel yang tergores terkadang membuat Anda frustrasi dan bingung.

Tips Mengatasi Layar HP Bergaris Berlaku Untuk Seluruh Tipe HP

Tampilan HP yang diatur secara horizontal atau vertikal benar-benar mengganggu. Cara menangani tampilan bilah horizontal HP umumnya tidak jauh berbeda dengan tampilan bilah vertikal HP. Juga cara menghilangkan garis putih pada layar HP. Karena masalah tampilan HP ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Jika itu adalah faktor perangkat keras HP atau masalah perangkat lunak HP.

Kami telah menyiapkan ikhtisar untuk menjelaskan mengapa goresan layar HP muncul.

Penyebab HP Banded Screen Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa garis-garis yang muncul pada layar ponsel apakah itu ponsel Android atau iPhone dapat disebabkan oleh dua alasan utama: perangkat lunak dan perangkat keras. Ini memiliki sifat. Penyebab garis putus-putus sangat perlu Anda ketahui agar dapat menentukan cara yang paling tepat untuk mengatasi layar belang ponsel Anda. Di bawah ini adalah penyebabnya garis di layar HP yang dikatakan paling umum yang sangat fatal bagi kondisi ponsel.

1. Ponsel HP waterfall 

yang sering jatuh bisa menyebabkan munculnya garis-garis di layar ponsel. Garis yang terlihat dari ponsel biasanya dapat menyerang perangkat keras atau perangkat lunak. Memukul perangkat keras biasanya merusak layar LCD. Seperti LCD retak atau pecah dari dalam.

Juga jika Anda menduga bahwa perangkat lunak HP Anda rusak karena crash Anda dapat menggunakan trik tangkapan layar untuk memeriksa apakah perangkat lunak tersebut rusak. Anda dapat mengambil tangkapan layar dari layar ponsel Anda. Kemudian kirim tangkapan layar ke teman Anda. Jika Anda tidak dapat melihat garis pada tangkapan layar sebelumnya yang diambil di ponsel teman Anda Anda dapat yakin bahwa perangkat lunak tersebut aman dan perangkat tidak rusak.

2. HP terkena air atau terendam air 

Alasan lain layar HP Anda adalah percikan air pada ponsel Anda atau merendamnya di genangan air yang menyebabkan munculnya garis-garis. Beberapa merk HP mudah rusak terkena air karena daya tahannya yang kurang baik. Tentu saja sebagai produk elektronik kontak langsung dengan air harus dihindari untuk mengurangi kemungkinan reaksi listrik yang tidak diinginkan.

Selain kontak langsung dengan air yang dapat menyebabkan munculnya garis-garis pada layar ponsel juga dapat menyebabkan layar ponsel bergetar. Oleh karena itu perlu untuk melakukan perawatan yang spesifik dan benar pada saluran monitor HP dan mode penggerak gelombang. Di sisa artikel ini kita akan membahas cara mengatasi masalah HP ini.

3. Kesalahan sistem 

Alasan lain mengapa garis muncul di layar ponsel Anda adalah kesalahan komputer. Kesalahan Sistem HP biasanya bereaksi terhadap kesalahan sistem dalam bentuk garis seperti rambut atau terkadang layar berkedip. Masalah sistem kesalahan ini biasanya terjadi pada ponsel yang sudah di-rooting atau ponsel yang tidak di-rooting. Cara mengatasi layar ponsel belang karena kesalahan sistem biasanya membutuhkan beberapa teknik.

4. Layar ditekan oleh benda berat 

Garis putih atau garis berwarna neon mungkin muncul di layar saat ponsel berada di bawah tekanan kuat atau ditekan oleh benda berat. Ini juga menyebabkan layar HP berkedip dan berkedip. Ini biasa terjadi ketika Anda secara tidak sengaja meninggalkan ponsel Anda di tempat tidur dan secara tidak sengaja duduk di atasnya.

5. Konektor display rusak 

Penyebab lain yang sering terjadi adalah konektor display HP rusak. Kerusakan pada soket layar ini dapat menyebabkan munculnya garis putih horizontal vertikal atau garis ganda pada ponsel Anda. Soketnya layar HP yang rusak ini kemungkinan biasanya itu disebabkan oleh cacat produksi.

Ini dapat terjadi bahkan jika ponsel Anda mati selama sehari. Namun layanan yang dilakukan oleh ponsel Anda tidak akurat menyebabkan masalah soket layar. Soket monitor merupakan komponen HP yang sangat sensitif sehingga memerlukan keahlian dan ketelitian khusus dalam penggunaannya agar tidak menimbulkan masalah lain seperti garis-garis pada layar.

Cara Mengatasi Layar HP Bercoreng 

Setelah mengetahui beberapa penyebab umum guratan pada HP. Selanjutnya Anda perlu mengetahui cara menangani tampilan HP bergaris dengan benar. Karena jika Anda tidak tahu cara menangani layar ponsel bergaris yang baik dan benar justru akan menimbulkan masalah baru alih-alih membantu ponsel Anda. Di bawah ini adalah ulasan lengkap tentang cara memperbaiki layar HP yang gores.

1. Restart HP kemudian gunakan Safe Mode 

Cara pertama untuk memperbaiki layar handphone yang bisa anda coba adalah dengan restart handphone kita kemudian buka aplikasi Safe Mode. Penggunaan mode aman ini membantu memantau kinerja sistem operasi dan mendiagnosis masalah apa pun dengan sistem operasi. Dengan mengaktifkan safe mode komputer akan segera mengirimkan sinyal atau notifikasi jika ada retakan pada software atau garis layar.

Berikut cara mengaktifkan Safe Mode: Tekan tombol daya pada ponsel Anda hingga menu pop-up muncul di layar. Klik dan tahan tombol daya hingga jendela lain muncul. Klik OK untuk memulai ulang ponsel Anda. Fitur Safe Mode secara otomatis menempatkan ponsel Anda ke Safe Mode atau Safe Mode.

Jika Anda tidak menemukan menu pop-up atau metode di atas untuk menyesuaikan layar ponsel tidak berfungsi Anda dapat menemukan metode yang cocok dengan versi ponsel Anda. Biasanya ada berbagai cara untuk mengaktifkan fitur Safe Mode karena ada berbagai jenis ponsel dan sistem operasi yang berbeda.

2. Memperbaiki layar HP yang rusak dengan opsi pengembang 

Cara lain untuk memperbaiki layar ponsel yang rusak adalah pengembang dapat memilih untuk memanfaatkannya dengan baik. Opsi atau opsi pengembang ini adalah halaman pengembang di mana Anda dapat mengelola pengaturan HP Anda secara lebih tepat dari halaman ini. Pada halaman Opsi Pengembang ini Anda dapat menampilkan indikator lokasi untuk membantu Anda menghilangkan garis horizontal dan vertikal di layar ponsel Anda.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menemukan opsi pengembang dan mengaktifkannya.

Buka bagian pengaturan Android di ponsel Anda. Temukan opsi Tentang atau Tentang di ponsel Anda. Klik Opsi dan masuk ke menu Info Seluler. Centang kolom Build Number setelah login. Anda dapat melakukan ini setelah beberapa klik hingga Anda menemukan pesan Anda sudah menjadi pengembang dan tekan tombol kembali untuk membuka menu opsi pengembang. Anda dapat mematikan opsi Show Notes setelah membuka menu. Garis pada layar ponsel tidak muncul dan hilang secara otomatis. Garis yang dapat dihilangkan dengan menggunakan menu Opsi Pengembang Garis putih Garis vertikal Garis horizontal Garis multi-warna dari sistem HP atau garis lain yang tidak rusak atau rusak perangkat kerasnya.

3. Gunakan aplikasi LCD Fixer 

Jika Anda ragu tentang cara mengatasi layar ponsel belang hal lain yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan aplikasi LCD Fixer. Sudah banyak aplikasi di hp android yang sengaja dikembangkan sebagai jawaban dan salah satu solusi cara mengatasi hp belang atau masalah hp lainnya.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda coba untuk memperbaiki layar LCD atau aplikasi LCD Fixer biasa disebut Dead Pixel Test and Fix. Anda dapat dengan mudah menarik aplikasi ini di Google Stories karena banyak orang telah menggunakannya sehingga peringkatnya juga tinggi dan tidak sulit ditemukan.

Aplikasi ini bekerja dengan mendeteksi piksel HP yang dianggap cacat. Anda dapat secara bertahap menghapus garis-garis pada layar HP setelah aplikasi mendeteksi titik-titik yang menghasilkan garis-garis pada layar dan menghapusnya.

Berikut cara menggunakan aplikasi: Temukan aplikasi Dead Pixel Test and Fix dan unduh. Buka aplikasinya dan terima syarat dan ketentuannya. Ketuk opsi Periksa Piksel Mati dan Perbaiki Piksel Mati untuk mengaktifkannya. Mulai selesaikan masalah pajak di layar ponsel. Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut Anda harus menunggu aplikasi berjalan sampai hasilnya.

4. Tekan permukaan layar 

Jika solusi layar HP Streak di atas masih tidak berfungsi tekan permukaan layar. Anda dapat menggunakan metode ini jika hasil diagnosa menunjukkan bahwa layar ponsel Anda rusak atau gangguan tersebut disebabkan oleh faktor eksternal atau perangkat keras.

Anda dapat melakukannya secara manual dengan menekan layar di bawah HP dengan lembut dan kuat menggunakan ujung jari Anda. Lakukan ini berulang kali hingga garis-garis pada layar ponsel hilang.

5. Segera keringkan ponsel Anda setelah terkena air

Caranya adalah dengan segera mengeringkannya. Untuk mengeringkan handphone anda bisa menggunakan kain yang menyerap air dengan baik dan tidak memiliki bulu-bulu halus yang bisa rontok karena akan membuat beberapa lubang pada handphone.

Jika Anda khawatir air masuk ke dalam ponsel maka Anda dapat melakukan beberapa tips untuk mengeringkan ponsel Anda sepenuhnya. Berikut adalah tipsnya.

Lampu ponsel. Lepaskan penutup belakang kartu SIM ponsel dan jika mungkin baterai ponsel. Siapkan nasi dalam panci secukupnya. Kemudian rendam ponsel dalam beras selama 2 sampai 3 hari Proses mengubur beras ini akan membantu mengeluarkan air dari ponsel. Periksa apakah garis di layar masih ada ketika Anda telah menyelesaikan kotak SIM dan ponsel.

6. Periksa soket layar HP 

Cara lain untuk mengatasi layar ponsel berikut ini adalah dengan memeriksa kondisi soket layar HP. Tonton sekarang Jika Anda sudah memiliki pengetahuan khusus tentang elektronik Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Namun jika anda ragu anda bisa merujuknya ke service HP terdekat. Teknisi elektronik kemudian akan membongkar telepon untuk menemukan soket layar dan memperbaikinya.

7. Periksa penutup HP untuk memastikan tidak kendor

Hal lain yang dapat menyebabkan munculnya garis-garis pada monitor HP Anda adalah kerusakan hardware. Salah satu perangkat yang bisa memberikan efek adalah HP Case. Jadi jika Anda melihat garis di layar ponsel terlebih dahulu Anda dapat memeriksa penutup ponsel dan memastikan penutup ponsel terpasang dengan benar dan tidak longgar.

8. Bongkar ponsel dan temukan penyebab layar ponsel

Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah segera memutuskan sambungan telepon dan mencari tahu di mana masalahnya dan mengapa garis muncul di layar ponsel. Dengan cara ini Anda dapat menentukan penyebabnya tanpa harus menebak layar HP.

Cara membongkar HP untuk melepas layar HP memang butuh kesabaran dan kesempurnaan. Mulai dari pengusutan kasus hingga penyelidikan internal. Jika Anda ragu tentang metode ini Anda dapat meminta bantuan dari seorang profesional atau teknisi.

9. Ganti layar LCD dengan yang baru dan pastikan masih asli

Jika cara di atas tidak ada yang berhasil untuk ponsel Anda cara mengatasi goresan di layar ponsel Anda adalah dengan membeli LCD HP baru. LCD HP dapat rusak dan tidak dapat diperbaiki. Kemudian saat mengganti monitor LCD HP sebaiknya pilih monitor LCD asli yang lebih awet dan tidak banyak mengalami masalah seperti goresan pada layar.

Efek Layar HP Berjajar 

Penting untuk segera memperbaikinya karena layar ponsel yang tidak berbaris akan memberikan efek negatif yang signifikan bagi pengguna. Efek garis-garis pada layar ponsel adalah sebagai berikut:

1. Menghambat kenyamanan menonton video 

Layar ponsel bergaris menghalangi kenyamanan menonton video. Garis-garis pada layar menjadi pengalih visual saat menonton video. Apalagi jika video yang Anda tonton adalah video tutorial yang membutuhkan perhatian khusus untuk mendengarkannya.

2. Sensitivitas pengoperasian layar sentuh berkurang 

Selain itu goresan pada layar HP mengurangi kinerja HP. Untuk ponsel layar sentuh jenis ini ketika garis muncul di layar layar menjadi kurang sensitif.

3. Potongan harga HP Saat ingin menjual HP 

harganya turun banyak. Karena HP dengan layar belang dianggap tidak efisien. Kalaupun berhasil terjual harga jualnya akan lebih rendah.

Ketika Anda mulai merasa tidak nyaman meletakkan ponsel Anda berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda coba untuk menghilangkan layar HP Anda yang retak. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah untuk memperbaiki layar HP yang retak dengan benar. Sekarang Anda dapat membeli lebih banyak perlindungan untuk ponsel Anda dengan asuransi HP yang tersedia.