Ulasan Xiaomi 12 Pro Kamera Android yang Hebat dengan Harga Murah

Xioami 12 Pro adalah ponsel kamera yang hebat. Ponsel ini memiliki sistem kamera ganda dengan sensor 12MP dan 5MP, yang memungkinkannya mengambil potret yang sangat baik. 

Ulasan Xiaomi 12 Pro Kamera Android yang Hebat dengan Harga Murah


Layarnya besar, cerah dan responsif. Ini memiliki prosesor yang cepat dan banyak ruang penyimpanan yang tersedia. Daya tahan baterainya cukup baik untuk sebagian besar pengguna hampir sepanjang waktu, tetapi gamer berat perlu mencolokkan sekali atau dua kali selama sesi yang diperpanjang.

Sensor 12MP berbiaya rendah yang sangat baik

Xiaomi Mi 12 Pro memiliki desain yang sangat menarik: memiliki lekukan kecil di bagian atas layar dan kaca belakang. Ponsel ini terasa sangat solid dan merupakan salah satu yang paling tahan lama yang pernah saya uji.

Layar Amoled 6,39 inci memiliki rasio aspek 19:9, yang berarti Anda memiliki ruang yang cukup untuk bekerja dengan dua aplikasi sekaligus atau menonton video dalam mode layar penuh tanpa bilah hitam di sekitarnya.

Spesifikasi kameranya sangat bagus untuk kisaran harga ini: memiliki sensor 12MP berbiaya rendah yang sangat baik (1/2,6 inci), layar FHD yang besar, prosesor dual-core 1,8 GHz yang cepat, dan RAM 6GB (model berkapasitas lebih tinggi dilengkapi dengan penyimpanan 64GB).

Lampu kilat LED nada ganda

Sebagai seorang fotografer, salah satu bagian terpenting kamera Anda adalah lampu kilatnya. Lampu kilat LED pada perangkat ini lebih baik daripada model lainnya, karena lebih alami dan tidak terlalu kasar, dengan waktu daur ulang yang lebih singkat.

Lampu kilat LED pada model ini memiliki masa pakai yang lebih lama daripada lampu kilat xenon dan lebih efisien berkat konsumsi energinya yang lebih rendah.

Dengan menggunakan LED alih-alih lampu xenon sebagai sumber cahaya, Xiaomi 12 Pro mengurangi konsumsi daya hingga 30%.


Kontrol gerakan

Dalam aplikasi kamera, Anda akan melihat opsi baru yang disebut Motion Control. Ini adalah fitur yang membantu Anda menangkap bidikan sempurna dengan menggunakan giroskop pada ponsel Anda untuk mendeteksi gerakan dalam bingkai dan secara otomatis menyesuaikannya dengan berbagai pengaturan.

Untuk menggunakan Motion Control, cukup nyalakan di Pengaturan dan kemudian tekan tombol rana. Ponsel akan secara otomatis menyesuaikan kecepatan rana jika ada terlalu banyak keburaman dari subjek Anda yang bergerak saat mengambil foto atau video. Anda juga dapat mengatur berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum hal ini terjadi dengan mengetuk Pengaturan > Pengaturan Lanjutan > Batas Waktu Pengaturan Ulang Gerak dan memilih salah satu dari tiga opsi: Lambat (5 detik), Sedang (3 detik), Cepat (1 detik).

Selain memperbaiki keburaman yang disebabkan oleh tangan yang goyah atau rekaman yang goyah, Xiaomi mengatakan manfaat lain dari teknologi ini adalah bahwa pengguna dapat mengambil eksposur yang lebih lama tanpa menghasilkan noise karena tidak diperlukan sensitivitas ISO yang tinggi saat menggunakan kecepatan rana yang lambat seperti 1/30 atau 1/15 detik, yang cenderung tidak mungkin dilakukan tanpa stabilisasi optik yang terpasang pada lensa kamera Anda seperti OIS yang ditemukan di banyak smartphone kelas atas saat ini seperti Google Pixel 3 XL ($ 899) dan Apple iPhone XS Max ($ 1.099).


Layar FHD 1,4m-2,5m yang besar

Xiaomi 12 Pro memiliki layar FHD 1,4m-2,5m yang besar yang memberi pengguna gambar yang jelas dan resolusi yang bagus. Layar berkualitas tinggi akan memungkinkan Anda menikmati menonton video atau bermain game saat bepergian.


Prosesor 1,8 GHz dual-core yang cepat

12 Pro hadir dengan prosesor quad-core 1,8 GHz, yang bukan yang tercepat tetapi masih cukup baik untuk sebagian besar tugas. Ini lebih cepat dari rata-rata smartphone dan seharusnya dapat menangani kebutuhan aplikasi Anda dengan baik.


RAM 6GB dan penyimpanan 64GB (model berkapasitas lebih tinggi memiliki slot kartu microSD)

Xiaomi 12 Pro memiliki RAM 6GB dan penyimpanan 64GB. Meskipun ini mungkin tampak banyak, namun tidak cukup untuk pengguna yang ingin menginstal game atau aplikasi yang membutuhkan lebih dari setengah ruang yang tersedia di ponsel. Untungnya, ada slot kartu microSD di samping yang mendukung penyimpanan tambahan hingga 512GB (meskipun Anda harus membelinya secara terpisah).


Kamera belakang 12MP dengan OIS dan lampu kilat dual-LED

Berbicara tentang manajemen memori, Xiaomi menggunakan sistem Adaptive Storage baru Android 9 Pie di perangkat andalan terbarunya. Teknologi ini memungkinkan Anda melihat berapa banyak ruang kosong yang tersisa di ponsel Anda dengan membaginya menjadi tiga kategori: penyimpanan internal (atau hanya "Internal"), kartu SD yang dapat dilepas ("Kartu SD Eksternal"), dan layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox ("Cloud"). Ini akan melacak aplikasi mana yang diinstal pada setiap jenis sehingga Anda tidak kehabisan ruang saat mencoba menyimpan sesuatu secara online.


4G LTE, Wi-Fi ac dan Bluetooth 4.1 (antena SFP + untuk kecepatan data yang lebih cepat)

4G LTE dan Wi-Fi ac adalah teknologi nirkabel yang paling penting untuk dicari dalam smartphone. 4G LTE berarti kecepatan data yang lebih cepat, sedangkan Wi-Fi ac adalah koneksi nirkabel tercepat yang bisa Anda dapatkan.

Antena SFP+ dirancang khusus untuk kecepatan data yang lebih cepat dan akan memungkinkan Anda terhubung ke jaringan ponsel Anda dengan kecepatan tinggi. Ini sangat berguna jika Anda memiliki pekerjaan yang membutuhkan akses internet berkecepatan tinggi atau jika operator Anda menyediakan layanan gigabit (seperti Verizon).

Bluetooth 4.1 adalah fitur lain yang dapat meningkatkan konektivitas antara ponsel Anda dan perangkat lain seperti headphone atau speaker


Sensor sidik jari untuk keamanan

12 Pro memiliki sensor sidik jari yang cepat dan akurat untuk keamanan. Mudah digunakan, nyaman dan aman.

Saat Anda membuka ponsel, Anda akan melihat opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan sensor sidik jari. Jika Anda ingin mengaktifkannya, pilih Pemindai sidik jari (di bawah Keamanan) dan pilih apakah Anda ingin menggunakan kamera depan atau belakang sebagai pengidentifikasi biometrik Anda. Anda juga dapat mengatur wajah tepercaya di sini jika itu adalah sesuatu yang ingin Anda lakukan dengan ponsel cerdas Anda - ini memungkinkan orang membuka kunci ponsel mereka menggunakan pengenalan wajah ketika mereka dikenali oleh sensor kamera

Kamera Xiaomi 12 pro sangat bagus untuk mengambil potret wajah

Kamera ini dibuat oleh Sony dan memiliki sensor 12MP. Kamera ini mampu mengambil foto mode potret, foto mode malam, foto eksposur panjang, serta video.

Jika Anda suka memotret atau bahkan merekam video dengan ponsel cerdas Anda, maka Xiaomi 12 Pro adalah pilihan yang tepat. Saya telah menggunakan ponsel ini selama beberapa bulan sekarang dan sangat senang dengan kinerjanya baik dalam kondisi siang hari maupun situasi cahaya rendah (baik di dalam maupun di luar ruangan).


Kesimpulan

Xiaomi 12 Pro memiliki kamera yang bagus dan merupakan nilai yang bagus untuk harganya. Mudah digunakan, menawarkan daya tahan baterai yang baik, dan kinerja yang cepat. Tidak memiliki NFC tetapi memiliki pemindai sidik jari untuk keamanan.