Cara Membuang Baterai Ponsel Bekas dengan Benar Ponsel Samsung

Baterai ponsel mengandung bahan kimia berbahaya yang tidak boleh dibuang bersama limbah rumah tangga. Faktanya, sebagian besar ponsel yang dimaksudkan untuk digunakan di Amerika Serikat dilengkapi dengan baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang. Baterai ini berasal dari berbagai produsen dan digunakan di berbagai merek ponsel. Oleh karena itu, penting untuk membuangnya dengan benar untuk menghindari potensi risiko bagi kesehatan manusia atau lingkungan baik di tingkat lokal maupun nasional.

Cara Membuang Baterai Ponsel Bekas dengan Benar Ponsel Samsung

Jangan menghancurkan baterai

Jangan membuang baterai ke dalam api.

Jangan membuang baterai ponsel Anda ke dalam air.

Jangan letakkan baterai di dalam api atau microwave

Jangan membuang baterai ke tempat sampah! Anda harus mendaur ulangnya dengan benar terlebih dahulu, jadi jangan biarkan baterai itu terbuang sia-sia dengan membuangnya seperti yang Anda lakukan dengan botol plastik bekas dan wadah makanan sebelumnya.

Jangan sampai baterai terkena air atau api

Ini adalah aturan umum untuk semua baterai, dan berlaku juga di sini. Jangan menaruh baterai ponsel lama Anda di dalam air, jangan menaruhnya di dalam api dan pastikan bahwa jika Anda menggunakan oven microwave, Anda menghindari meletakkan baterai di dalamnya. Yang terbaik adalah menjauhkan baterai ponsel Samsung bekas Anda dari kelembaban apa pun; bahkan kelembapan bisa berbahaya!

Anda juga harus menghindari meletakkan baterai Anda di lingkungan dengan panas tinggi lainnya-seperti mesin pencuci piring atau mesin cuci-karena hal ini dapat memperpendek masa pakainya. Demikian pula, memaparkannya ke suhu beku akan menyebabkan kerusakan jangka panjang juga, jadi jangan coba-coba meninggalkannya semalaman dengan sengaja!

Jangan membongkar baterai

Baterai disegel untuk mencegahnya membocorkan asam, yang dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan. Jika Anda mencoba melepas baterai, Anda mungkin berisiko mengalami cedera atau bahkan kematian karena ledakan yang disebabkan oleh penumpukan tekanan di dalam baterai.

Jika ponsel Anda tidak memiliki baterai yang dapat dilepas dan ditenagai oleh baterai terintegrasi, ikuti langkah 1-4 di bawah ini. Jika ponsel Anda memiliki baterai yang dapat dilepas (seperti Samsung Galaxy S6), silakan lanjutkan membaca untuk membuang baterai lama Anda dengan benar!

Jangan membuang baterai lama disatukan dengan limbah rumah tangga

Aturan yang paling penting: Jangan membuang baterai lama ke tempat sampah. Hal ini dapat menyebabkan kebakaran atau kebocoran limbah beracun, yang akan membahayakan lingkungan dan menyebabkan masalah serius bagi mereka yang tinggal di dekatnya.

Selain itu, ada fasilitas yang berspesialisasi dalam mendaur ulang baterai ponsel lama. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang di mana harus membuang baterai ponsel Anda dengan benar, pastikan untuk menghubungi pemerintah daerah Anda untuk informasi tentang fasilitas daur ulang lokal.

Manfaatkan peluang daur ulang

Berikut adalah beberapa tempat lain yang dapat Anda periksa untuk melihat apakah mereka menerima baterai ponsel lama:

  • Perusahaan pengelolaan limbah lokal Anda. Jumlah sumber daya yang digunakan untuk membuat produk baru sangat mengejutkan, sehingga banyak perusahaan sekarang menyediakan program daur ulang untuk mengumpulkan dan menggunakan kembali bahan-bahan ini.

  • Penyedia ponsel Anda. Terkadang provider Anda akan menawarkan layanan mail-in yang memungkinkan Anda mengirim kembali perangkat lama dan mendapatkan uang atau kredit toko sebagai imbalannya.

  • Kantor pemerintah daerah dan organisasi nirlaba yang mengkhususkan diri dalam upaya lingkungan (seperti Sierra Club). Mereka mungkin dapat memberi Anda informasi tentang cara terbaik untuk mendaur ulang perangkat Anda secara lokal, atau mengarahkan Anda ke layanan lain yang menerima ponsel lama untuk dibuang (seperti yang tercantum di atas).

Anda dapat mendaur ulang baterai

Anda bisa mendaur ulang baterai. Anda seharusnya dapat meletakkannya di pusat daur ulang setempat, atau jika Anda memiliki banyak baterai dan tidak punya waktu untuk melakukannya sendiri, Anda dapat mengirimkannya ke perusahaan yang akan mendaur ulangnya untuk Anda. Ada banyak perusahaan yang menawarkan layanan ini. Jika Anda ingin menyumbangkan baterai lama Anda daripada membuangnya begitu saja, banyak badan amal yang menerima baterai yang kemudian akan mereka gunakan di fasilitas mereka (atau menjualnya di eBay).

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, ada sejumlah cara untuk membuang baterai ponsel Samsung lama Anda. Kami merekomendasikan untuk mendaur ulangnya jika memungkinkan karena itu baik untuk lingkungan dan membantu menjauhkan bahan kimia beracun dari tempat pembuangan sampah. Jika Anda tidak memiliki akses ke fasilitas daur ulang di dekat tempat tinggal Anda, tanyakan kepada pengecer lokal atau toko elektronik untuk melihat apakah mereka menawarkan layanan daur ulang baterai-mungkin saja!