Spesifikasi Samsung Galaxy A13 dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Samsung Galaxy A13 adalah ponsel Android yang hadir dengan layar sentuh 6,5 inci dan penyimpanan internal 128GB. Samsung Galaxy A13 ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P35 (12nm) dan memiliki RAM sebesar 2GB. Ponsel ini mengemas 2 kamera, baik di bagian belakang maupun depan untuk menangkap gambar berkualitas tinggi untuk media sosial. Di bagian belakang terdapat kamera 16 MP dengan aperture f/1.9 serta autofokus sementara di bagian depan juga terdapat kamera 16 MP dengan aperture f/2/8 tetapi tidak ada kemampuan autofokus.

Spesifikasi Samsung Galaxy A13 dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Samsung Galaxy A13

Samsung Galaxy A13 adalah smartphone yang dirilis pada tahun 2019. Ponsel ini memiliki layar 6,5 inci dan dilengkapi dengan resolusi 720 x 1600 piksel dan perlindungan corning gorilla glass 3.

Spesifikasi Samsung Galaxy A13

A13 dilengkapi dengan layar 6,5 inci, yang hanya sedikit lebih kecil dari yang Anda temukan pada seri Galaxy M Samsung yang lebih besar. Namun, layar ini memiliki resolusi 1080 x 2220 yang sedikit lebih kecil dan menggunakan panel IPS LCD, bukan AMOLED seperti saudaranya yang lebih besar. Dengan demikian, ia menawarkan warna-warna yang kurang cerah dan warna hitam tidak terlalu gelap tetapi secara keseluruhan masih cukup bagus. Terlepas dari apakah Anda bermain game atau menonton video di layar ponsel Anda, ini seharusnya lebih dari cukup real estat untuk menikmati konten dengan nyaman tanpa terlalu melelahkan mata Anda.

Ponsel ini hadir dengan layar sentuh kapasitif Super AMOLED 5,8 inci, resolusi 720 x 1600 piksel, rasio 16:9 (~285 ppi density) yang dilindungi oleh Gorning Gorilla Glass 3. Perangkat ini ditenagai oleh chipset Mediatek Helio P35 (12nm) ditambah dengan RAM 4GB dan memiliki penyimpanan internal 64GB yang dapat diperluas hingga 512GB menggunakan kartu microSD. Ponsel ini berjalan pada Android 9.0 (Pie), One UI 2 di luar kotak dan memiliki kapasitas baterai 4500 mAh

  • Ukuran layar 6,5 inci

  • 102,0 cm2 (~84,9% rasio layar-ke-tubuh)

Galaxy A13 memiliki layar beresolusi 720 x 1600 piksel, rasio 20:9 (~270 ppi density). Untuk memaksimalkannya, Anda harus memilih casing dengan pelindung layar berkualitas tinggi yang tahan gores dan mudah diaplikasikan.

perlindungan corning gorilla glass 3

Gorilla Glass adalah jenis kaca yang digunakan di sebagian besar smartphone kelas atas dan perangkat lainnya. Ini sangat kuat, tahan gores, dan dapat menahan tetesan air dan dampak lainnya.

Sayangnya, kaca ini tidak tahan gores (yang berarti Anda masih harus merawat ponsel Anda dengan baik).

One UI 2 adalah versi baru OS Android, dioptimalkan untuk ponsel Samsung. One UI 2 memiliki tampilan dan nuansa baru, dengan navigasi yang lebih sederhana, notifikasi yang didesain ulang, dan banyak lagi. Ini juga meningkatkan kinerja dibandingkan versi Android Pie sebelumnya.

chipset mediatek helio p35 (12nm)

  • Chipset: Mediatek Helio P35 (12nm)

  • CPU: Octa - core ( 4x1.8 GHz Cortex-A53 dan 4x2.3 GHz Cortex - A53

  • )

  • GPU: PowerVR GE8320 GFX

  • Slot kartu microSDXC (slot khusus untuk memori eksternal)

cpu octa-core

Samsung Galaxy A13 ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 675 SoC, yang terdiri dari delapan inti Arm Cortex-A73 2,3GHz dan empat inti Cortex-A55 1,8GHz dalam konfigurasi octa-core. Perusahaan juga telah menggunakan arsitektur CPU Kryo-nya sendiri sehingga chip dapat berjalan pada kecepatan clock yang lebih tinggi daripada chip lain yang berbasis arsitektur Arm A76. Faktanya, chip ini menggunakan kecepatan clock CPU yang sedikit lebih cepat daripada model flagship Snapdragon 730 tahun lalu yang hanya mampu mencapai 2GHz per inti tetapi dengan dukungan multi-threading yang lebih baik berkat simpul proses 7nm baru TSMC (Snapdragon 675 masih menggunakan proses 12nm TSMC).

gpu powervr ge8320

GPU ponsel Anda adalah unit pemrosesan grafis. GPU terletak di motherboard, dan bertanggung jawab untuk menggerakkan grafis Anda ke layar. GPU inilah yang membuat game seperti Fortnite terlihat sangat bagus - dan jika tidak digunakan secara efisien, Anda akan melihat perbedaan besar dalam seberapa lancar kinerja perangkat Anda.

GPU juga bertindak sebagai penyangga antara prosesor aplikasi dan memori sistem yang dapat diakses oleh keduanya. GPU membantu meningkatkan kinerja dengan mengurangi hambatan antara berbagai subsistem perangkat keras pada SoC menggunakan bandwidth memori khusus dan waktu akses yang cepat.

slot kartu microsdxc (slot khusus)

  • Slot kartu MicroSDXC (slot khusus): Penyimpanan hingga 512GB

  • Dual SIM: Dengan dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), Anda dapat terhubung ke dua jaringan. Ini memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam penggunaan ponsel Anda. Anda dapat menggunakan salah satu dari dua kartu SIM untuk panggilan dan menyimpan yang lain untuk data. Atau keduanya pada saat yang sama, terserah Anda!

  • LTE cat.21: Nikmati kecepatan jaringan yang sangat cepat pada perangkat Anda dengan kecepatan unduh hingga 2Gbps saat terhubung dengan jaringan LTE.

memori internal 64gb 4gb ram / 128gb 4gb ram / 128gb 6gb ram / 128gb 8gb ram, eufs 2.1

  • RAM 64GB 4GB

  • 128GB 4GB RAM

  • 128GB 6GB RAM

  • Memori internal 128GB 8GB RAM, eufs 2.1

Keunggulan Samsung Galaxy A13

Galaxy A13 hadir dengan pengaturan kamera belakang quad. Kamera 48 megapiksel memiliki aperture f/1.8 dan autofokus piksel ganda, sedangkan kamera 16 megapiksel memiliki aperture f/2.0 dan autofokus piksel ganda.

Kamera depan memiliki lensa sudut ultra lebar yang menawarkan tampilan lebar 120 derajat, yang sangat bagus untuk selfie grup atau menangkap lebih banyak dari apa yang Anda inginkan dalam foto Anda bahkan ketika berada di ruang sempit seperti di dalam atau di luar ruangan.

Galaxy A13 memiliki kamera depan 8MP untuk selfie dan panggilan video. Samsung Galaxy A13 juga memiliki aperture f/2.0, yang dapat digunakan untuk selfie atau panggilan video dalam kondisi cahaya rendah. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti kamera selfie ganda dan mode kecantikan wajah, yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tingkat zoom dari 0-10, meningkatkan intensitas mata indah Anda atau membuat sekelompok orang terlihat lebih baik daripada yang lain!

Kamera depan dapat digunakan untuk merekam video pada resolusi 1920 x 1080 piksel dan 30 frame per detik (fps). Ini berarti bahwa jika Anda ingin membuat video di layar ponsel Anda, pasti akan terlihat bagus pada ukuran layar apa pun!

Samsung Galaxy A13 dilengkapi dengan sensor sidik jari yang dipasang di samping yang terintegrasi ke dalam tombol daya. Hal ini membantu melindungi perangkat Anda dari pencurian, dan juga tersedia fitur face unlock.

Anda akan dapat bermain game tanpa lag. Ponsel ini bisa mengemas untuk penyimpanan internal 32GB yang dapat diperluas kapasitasnya hingga 512GB melalui kartu microSD.

Ponsel ini memiliki sistem operasi Android 10 dan menawarkan rasio harga terhadap kinerja yang baik, menjadikannya salah satu smartphone terbaik

Kekurangan samsung Galaxy A13

  1. Galaxy A13 memiliki baterai non-removable 3.000 mAh. Ini adalah ukuran rata-rata untuk ponsel dengan kisaran harga ini dan seharusnya cukup untuk bertahan sepanjang hari jika Anda tidak banyak bermain game atau streaming. Ingatlah bahwa pengguna berat akan merasa daya tahan baterai pada ponsel ini kurang.
  2. Ponsel ini hanya berkemampuan 4G. Ini berarti tidak dapat terhubung ke 3G, 2G atau sinyal jaringan lainnya. Satu-satunya cara Anda dapat menggunakan ponsel ini dan melakukan panggilan adalah melalui koneksi 4G, yang mungkin tidak tersedia di mana-mana di negara atau wilayah Anda.Ponsel ini juga dilengkapi dengan Wi-Fi tetapi tidak ada dukungan untuk jaringan WiMax atau CDMA (yang keduanya merupakan jenis data seluler).Ponsel ini juga tidak memiliki kemampuan NFC, yang berarti Anda tidak dapat menggunakannya untuk transaksi tanpa kontak seperti membayar produk dan layanan hanya dengan mengetuk ponsel Anda ke terminal pembayaran di toko-toko. Ponsel ini juga tidak mendukung VoLTE (voice over LTE), jadi jika Anda menginginkan pengalaman menelepon tanpa gangguan, maka ponsel ini mungkin tidak cocok untuk Anda karena panggilan akan terputus karena kekuatan sinyal yang lemah selama area dengan jangkauan yang buruk.
  3. Chipset Spreadtrum SC7731E quad-core, 1,3GHz ada pada Samsung Galaxy A13. Chip ini memiliki empat inti dan dapat di-clock hingga 1,3GHz. Ini didukung oleh RAM 2GB, yang seharusnya cukup untuk sebagian besar tugas yang terkait dengan komputasi seluler dan game; namun, jika Anda ingin menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan atau memuat game berat, maka lebih banyak RAM mungkin diperlukan.
  4. Galaxy A13 memiliki RAM 2GB, yang cukup untuk sebagian besar tugas dasar. Anda akan dapat membuka aplikasi seperti Facebook atau Google Maps tanpa masalah, tetapi Anda mungkin melihat beberapa kelambatan jika Anda bermain game atau mencoba mengedit video di perangkat.
  5. Penyimpanan internal 16GB juga cukup untuk kebanyakan orang, selama mereka tidak berencana mengunduh banyak aplikasi atau menyimpan file besar di ponsel mereka. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang, ada slot kartu MicroSD sehingga Anda dapat menambahkan penyimpanan tambahan hingga 512GB.
  6. Android Pie (Go edition) adalah versi ringan dari sistem operasi Android andalan Google. Ini dirancang untuk berjalan pada perangkat dengan RAM 1GB atau kurang (1GB adalah persyaratan minimum untuk menjalankan Android Pie). Sebaliknya, Samsung Galaxy A13 memiliki RAM 2GB dan oleh karena itu membutuhkan versi Android yang lebih kuat daripada Go. Ini berarti Anda mungkin menemukan beberapa aplikasi tidak kompatibel dengan perangkat Anda atau berjalan lambat.
  7. Kamera adalah fitur terpenting dari sebuah ponsel dan kamera Galaxy A13 tidak sebagus ponsel lain dalam kisaran harganya. Galaxy A13 memiliki kamera belakang 13MP (f/1.8) + depan 5MP (f/2.0), LED Flash, mode potret yang tidak sebagus dibandingkan dengan ponsel lain seperti Honor 20 Lite yang memiliki kamera belakang 48MP dengan aperture f/1.8 dan lampu kilat LED dual-tone atau Poco F1 yang memiliki kamera belakang 48MP dengan aperture f/1.8 & f2/2.4.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A13 adalah smartphone terjangkau yang menawarkan banyak keuntungan. Smartphone ini memiliki layar 6,5 inci yang besar, prosesor octa-core yang kuat, dan memori yang lebih dari cukup untuk menjaga agar semua aplikasi Anda tetap berjalan dengan lancar. Kameranya juga cukup mengesankan, dengan banyak fitur yang menyaingi model-model kelas atas dari merek lain.

tetapi harganya yang murah lebih dari sekadar menutupi kekurangan ini.Jika Anda tidak keberatan dengan kurangnya , maka perangkat ini bisa jadi sempurna untuk Anda.