Cara Melindungi Baterai Smartphone dari Kerusakan Akibat Panas Berlebihan

Kita semua tahu perasaan itu. Anda berada di luar pada hari yang panas dan baterai ponsel Anda hampir mati. Anda merogoh saku Anda untuk mengambil pengisi daya, tetapi tidak ada di sana. Atau lebih buruk lagi: Anda baru saja memulai permainan Pokemon Go! dan tiba-tiba menemukan diri Anda tanpa daya yang tersisa di ponsel Anda saat Anda menuju area dengan sinyal wifi yang lebih kuat yang akan memungkinkan Anda untuk menangkap lebih banyak monster. Pencarian Anda untuk mencari tempat untuk mengisi daya menjadi lebih lama dari yang diharapkan-dan sekarang baterai Anda juga terlalu panas!

Cara Melindungi Baterai Smartphone dari Kerusakan Akibat Panas Berlebihan

Ketika suhu naik, kinerja smartphone Anda mungkin turun

Kinerja baterai smartphone Anda dapat berkurang dalam beberapa cara, termasuk:

  • Panas. Saat suhu naik, performa smartphone Anda bisa menurun. Kecepatan pengisian daya melambat dan kecerahan layar menurun.

  • Cuaca dingin. Ketika suhu turun di bawah 32 derajat Fahrenheit (0 derajat Celcius), baterai iPhone Anda dapat memakan waktu lebih lama untuk mengisi daya dan bertahan lebih sedikit di antara pengisian daya.* Kelembaban. Jika Anda tinggal di daerah lembab atau menggunakan AC untuk mendinginkan diri selama bulan-bulan musim panas, penting untuk mengawasi seberapa banyak kelembaban yang masuk ke telepon Anda - karena tingkat kelembaban meningkat, begitu pula risiko korosi.* Sinar matahari langsung.* Suhu ekstrem (di atas 95 ° F / 35 ° C atau di bawah 50 ° F / 10 ° C). Baterai lithium-ion yang digunakan di sebagian besar smartphone dirancang untuk beroperasi dalam kisaran 32-104 ° F (0-40 ° C) tetapi baterai dapat gagal jika terkena panas atau dingin yang ekstrim untuk jangka waktu yang lama.

Banyak pengguna smartphone tidak menyadari fakta tentang kinerja baterai dalam panas yang ekstrim

Banyak pengguna smartphone yang tidak menyadari fakta tentang kinerja baterai dalam cuaca panas yang ekstrem. Bahkan, banyak yang mengira bahwa baterai mereka akan bekerja lebih baik dalam cuaca panas, tetapi ini tidak benar! Baterai smartphone dirancang untuk beroperasi dalam kisaran suhu yang sempit. Jika baterai meninggalkan suhu operasi optimalnya, baterai bisa rusak secara permanen.

Banyak pengguna smartphone berpikir bahwa mereka dapat mengisi daya ponsel mereka lebih cepat dengan membiarkannya di pengisi daya saat tidak digunakan, atau dengan membiarkannya dicolokkan ke stopkontak dan terhubung ke Wi-Fi. Namun, kedua praktik ini mengakibatkan panas berlebih yang menyebabkan kerusakan permanen pada baterai Anda dan dapat memperpendek masa pakainya secara signifikan.

Baterai smartphone tidak bekerja secara efisien dalam cuaca panas dan tidak akan mengisi daya dengan cepat, atau bertahan lama

Efisiensi baterai berhubungan langsung dengan jumlah panas yang dihasilkan oleh baterai Anda. Biasanya, ketika Anda mengisi daya ponsel Anda, ponsel menjadi panas - ini normal dan terjadi pada semua ponsel. Semakin panas, semakin banyak daya yang perlu digunakan untuk tetap dingin dengan mengambil lebih banyak energi dari pengisi daya Anda. Ini berarti bahwa jika Anda mengisi daya ponsel Anda di lingkungan yang panas (seperti mobil), maka baterainya mungkin membutuhkan lebih banyak energi dari pengisi daya Anda daripada biasanya - sedemikian rupa sehingga akhirnya habis sebelum dapat terisi penuh!

Pengguna smartphone harus berhati-hati untuk menjaga smartphone mereka tetap dingin selama gelombang panas

Jika Anda ingin lebih aman, Anda dapat menggunakan aplikasi pemantauan suhu baterai. Aplikasi-aplikasi ini akan memberi tahu Anda jika ponsel Anda terlalu panas, dan juga akan membantu mencegahnya menjadi terlalu panas dengan memberi tahu kapan waktunya untuk istirahat.

Jika semua itu sepertinya terlalu banyak pekerjaan untuk hari biasa di pantai atau kolam renang, berikut adalah beberapa tip umum tentang cara menjaga ponsel Anda agar tidak terlalu panas:

  • Jangan terlalu sering mengisi daya di bawah sinar matahari langsung.

  • Jangan tinggalkan di dalam mobil selama gelombang panas.

  • Jangan gunakan ponsel Anda saat sedang mengisi daya (bahkan jika dicolokkan ke stopkontak di dalam). Hal ini menyebabkan penumpukan panas berlebih karena gesekan elektron yang melewati kabel logam dan konektor di dalam perangkat Anda - dan itu berarti lebih banyak keausan pada bagian-bagian tersebut!

  • Baterai tidak boleh ditinggalkan di bawah sinar matahari langsung dan idealnya harus dijaga di bawah 30 derajat Celcius.

  • Jangan tinggalkan ponsel Anda di dalam mobil yang panas (atau di mana pun) untuk jangka waktu yang lama. Hal ini dapat merusak baterai, menyebabkan baterai menjadi terlalu panas atau bahkan terbakar.

  • Jangan mengisi daya ponsel Anda hingga 100%. Hal ini juga dapat menyebabkan masalah panas berlebih dan membuatnya lebih mungkin bahwa ponsel Anda akan rusak seiring waktu melalui siklus pengisian daya serta penggunaan jangka panjang komponen yang peka terhadap panas seperti baterai lithium-ion dan layar LCD pada smartphone itu sendiri.

Jika Anda harus mengisi daya ponsel Anda selama gelombang panas, yang terbaik adalah melakukannya di pagi hari atau larut malam ketika suhu lebih rendah.

Jika memungkinkan, hindari mengisi daya ponsel Anda di bawah sinar matahari langsung. Meskipun pengisi daya surya sangat bagus untuk keadaan darurat dan pemadaman listrik jangka panjang, mereka bisa menjadi panas dan merusak baterai jika dibiarkan dalam suhu tinggi untuk jangka waktu yang lama.

Jika Anda harus mengisi daya ponsel Anda saat Anda keluar dan sekitar pada hari yang hangat, cobalah untuk melakukannya secepat mungkin sehingga panas tidak menumpuk di dalam perangkat.

Ada hal lain yang dapat membahayakan baterai smartphone, selain dari suhu tinggi

Meskipun panas adalah penyebab paling umum dari degradasi baterai ponsel cerdas, ada hal-hal lain yang dapat membahayakan baterai ponsel Anda. Berikut ini adalah untuk beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Usia baterai

  • Kebiasaan pengisian daya

  • Menghidupkan dan mematikan ponsel Anda

  • Menggunakan ponsel Anda

Jaga ponsel Anda tetap dingin untuk mempertahankan kinerjanya

Anda dapat membantu baterai Anda bertahan lebih lama dengan menjaganya tetap dingin. Jika Anda menyimpan ponsel di tempat yang panas, baterai secara alami akan lebih cepat rusak. Ini karena panas menyebabkan bahan kimia rusak lebih cepat daripada pada suhu kamar.

Saat mengisi daya perangkat dengan baterai lithium-ion, pastikan perangkat tetap jauh dari sinar matahari langsung atau sumber panas lainnya. Selain itu, jangan mengisi daya ponsel Anda dalam semalaman - kerangka waktu terbaik untuk mengisi daya adalah 30 menit hingga satu jam per hari hingga kapasitas penuh tercapai (lebih baik bagi Anda jika Anda tidak membiarkannya terlalu rendah sebelum mengisi ulang). Mengisi daya lebih cepat dapat merusak baterai dengan mengisi daya secara berlebihan dan menciptakan panas berlebih di dalam casing yang mengarah ke "pelarian termal," yaitu ketika segala sesuatunya menjadi tidak terkendali dari sana dan terus bertambah panas sampai sesuatu meledak atau terbakar (yang terakhir biasanya terjadi setelah beberapa jam).

Kesimpulan

Jika Anda mengambil langkah-langkah ini, ponsel Anda akan jauh lebih mampu menahan panas dan tetap bekerja pada tingkat optimalnya.