Cara Menemukan Jaringan Wi-Fi Tersembunyi

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menemukan jaringan Wi-Fi tersembunyi menggunakan tiga metode yang berbeda. Kami juga akan membahas beberapa alasan mengapa seseorang mungkin ingin menggunakan jaringan tersembunyi dan beberapa bahaya yang terkait dengan koneksi ke jaringan tersebut.

Cara Menemukan Jaringan Wi-Fi Tersembunyi

Mengubah Properti Adaptor Wi-Fi Anda

Untuk mengubah properti adaptor Wi-Fi Anda, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Pengaturan.

  • Pilih Jaringan & nirkabel, lalu Wi-Fi.

  • Pilih Opsi lanjutan.

  • Pilih Network discovery (Penemuan jaringan) dan atur ke Off (Mati).

Memindai Jaringan Tersembunyi dengan Windows

Memindai jaringan tersembunyi dengan Windows semudah:

  • Buka menu start Anda, dan cari "network."

  • Klik "View your active networks." (Lihat jaringan aktif Anda).

  • Klik pada tiga titik di sudut kanan atas layar, dan pilih "Show all networks."

  • Pilih jaringan yang ingin Anda sambungkan dari daftar jaringan potensial yang tidak menyiarkan namanya (atau SSID).

Memindai Jaringan Tersembunyi dengan MacOS

Jika Anda menggunakan Mac dan ingin menemukan jaringan tersembunyi, ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Yang pertama adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang telah dirancang khusus untuk tujuan ini. AirPort Utility (disertakan dengan setiap base station Wi-Fi) adalah salah satu pilihan; yang lainnya adalah NetSpot.

Cara kedua adalah menggunakan pemindai Wi-Fi bawaan Mac, yang dapat diakses melalui System Preferences atau panel Network pada System Preferences (yang terakhir ini menunjukkan informasi tentang semua jaringan). Anda juga dapat mengakses fitur ini dengan membuka Finder dan memilih Go > Network dari bilah menu di bagian atas layar Anda.

Anda kemudian akan melihat daftar semua jaringan terdekat di area itu yang diurutkan berdasarkan kekuatan sinyal, bersama dengan nama dan jenisnya (yang akan bervariasi tergantung pada jenis jaringannya). Di sudut kiri bawah klik Scan for Networks, pilih jaringan yang terlihat yang belum terdaftar (jika ada), kemudian klik Join Other Network(s) jika perlu.

Memindai Jaringan Tersembunyi dengan Android atau iOS

Cara paling sederhana untuk menemukan jaringan Wi-Fi tersembunyi adalah dengan menggunakan perangkat Android atau iOS. Banyak smartphone dan tablet dilengkapi dengan pemindai Wi-Fi built-in, yang dapat digunakan untuk tujuan ini.

Untuk memindai jaringan tersembunyi pada perangkat Android, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan pada ponsel atau tablet Anda. Anda dapat mencapainya dengan mengetuk aplikasi "Settings" dari layar beranda atau melalui laci aplikasi (tergantung pada perangkat Anda).

  • Ketuk Wi-Fi di bagian atas layar, kemudian ketuk Scan di dekat bagian bawah halaman (atau cukup ketuk Scan jika tersedia). Ini akan mulai memindai router nirkabel terdekat dalam jangkauan perangkat Anda pada saat itu - termasuk jaringan tersembunyi!

Sebaiknya mencari jaringan tersembunyi sebelum Anda mencoba menyambungkan perangkat Anda ke jaringan baru.

Cara terbaik untuk mencegah serangan adalah menyadari bahwa ada serangan semacam ini di luar sana. Juga merupakan ide yang bagus untuk memeriksa jaringan tersembunyi sebelum menghubungkan perangkat Anda ke jaringan tersebut, untuk berjaga-jaga kalau-kalau jaringan itu berbahaya. Anda dapat melakukan ini dengan komputer, ponsel cerdas, dan tablet Anda hanya dengan mengikuti beberapa petunjuk di bawah ini:

  • Pada sistem macOS (OS X 10.5+) buka System Preferences dari menu Apple dan klik Network atau pastikan bahwa bagian Control Strip dipilih di System Preferences -> Network pane dengan mengklik tombol "Show All" di sudut kiri bawah. Kemudian klik ikon pengaturan lanjutan (panah ke atas) di sisi kanan di bawah jendela info koneksi yang muncul setelah mengklik tombol "Advanced" di sudut kanan bawah jendela utama...

  • Pada Windows 7+, navigasikan melalui start menu/layar sampai Anda melihat lokasi bernama "Network". Klik opsi ini setelah diklik pilih "View Available Wireless Networks" dari kotak daftar drop-down

Penutup

Kami harap artikel ini telah memberikan anda beberapa wawasan tentang apa itu jaringan tersembunyi, bagaimana mereka beroperasi dan bagaimana menemukannya. Pengetahuan ini bisa sangat berguna jika Anda bepergian atau bekerja di tempat baru secara teratur. Kami juga ingin mengingatkan Anda bahwa penting untuk berhati-hati saat menghubungkan perangkat Anda ke jaringan apa pun yang tidak memiliki SSID (Service Set Identifier) yang terlihat.