Cara Mengetahui Apakah Anda Memiliki Virus dari Komputer

Tahukah Anda berapa banyak virus yang ada di luar sana? Jutaan. Dan tahukah Anda berapa banyak dari jutaan virus tersebut yang benar-benar mempengaruhi komputer Anda? Mungkin tidak ada. Bahkan, jika semuanya bekerja sebagaimana mestinya, Anda mungkin tidak memiliki virus. Jadi, mengapa begitu banyak orang mengira mereka memilikinya? Karena komputer mereka bertingkah aneh dan perangkat lunak antivirus bisa membingungkan. Sebenarnya, jika komputer Anda bertingkah aneh-katakanlah, berjalan lambat atau sering mengalami crash-kemungkinan besar Anda tidak memiliki virus sama sekali; komputer Anda hanya perlu peningkatan atau instalasi perangkat lunak baru. Tetapi jika Anda masih khawatir apakah mesin Anda telah terinfeksi malware (istilah resmi untuk virus) atau tidak, baca terus: Kami akan memberi tahu Anda cara mengetahui dengan pasti apakah mesin Anda memerlukan bantuan profesional untuk membersihkannya sendiri atau tidak!

Cara Mengetahui Apakah Anda Memiliki Virus dari Komputer

Jika semuanya berfungsi seperti seharusnya, Anda mungkin tidak memiliki virus. Jika semuanya berjalan tidak semestinya dan komputer Anda berulah, maka itulah saatnya mengkhawatirkan virus. Jika komputer Anda bekerja secara normal dan melakukan apa yang Anda inginkan, kemungkinan besar Anda tidak memiliki virus karena virus akan memengaruhi cara komputer Anda berjalan.

Jika Anda masih tidak yakin apakah ada malware atau tidak di sistem Anda, coba jalankan program antivirus seperti Avast! Antivirus atau Malwarebytes Anti-Malware (keduanya gratis). Program-program ini akan memeriksa program-program jahat pada sistem Anda dan menghapusnya jika ditemukan.

Virus sebagian besar tidak terlihat dan kadang-kadang bahkan dapat menyembunyikan diri dari perangkat lunak antivirus

Virus sering kali tidak terlihat, tetapi mereka juga terkadang dapat bersembunyi dari Anda dan bahkan dari perangkat lunak antivirus. Virus bahkan dapat menyembunyikan diri dari virus lain.

Jika Anda mencurigai bahwa komputer Anda memiliki virus, hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukannya. Untuk menemukan virus di komputer Anda:

  • Pastikan perangkat lunak anti-virus Anda sudah diperbarui (pembaruan untuk perangkat lunak antivirus harus otomatis). Jika tidak, perbarui secara manual dengan mengunjungi situs web perusahaan yang membuat perangkat lunak anti-virus merek tertentu dan mengunduh pembaruan terbarunya.*

Jangan gunakan perangkat lunak "gratis" untuk menghapus virus jika komputer Anda terinfeksi

Anda tidak boleh menggunakan perangkat lunak "gratis" untuk menghapus virus jika komputer Anda terinfeksi. Perangkat lunak gratis tidak selalu gratis, dan dapat digunakan untuk menyebarkan virus.

Ada beberapa cara untuk menghapus virus:

  • Gunakan program antivirus yang disertakan dengan komputer Anda (jika Anda memilikinya)

  • Jalankan pemindaian antivirus dengan program lain seperti Avast atau McAfee (pastikan Anda mengunduhnya dari sumber yang dapat dipercaya)

Jika komputer Anda bertingkah aneh, Anda mungkin terkena virus.

Kami harap panduan ini dapat membantu dalam menentukan apakah komputer Anda terinfeksi.

Jika komputer Anda tiba-tiba mulai bertingkah aneh, mungkin saja Anda terkena virus. Jika Anda mencurigai hal ini terjadi, kami sarankan untuk meluangkan waktu untuk memeriksa sistem Anda dari tanda-tanda infeksi dengan menjalankan pemindaian antivirus dan/atau menghubungi seorang profesional untuk memastikan semuanya jelas.