Fitur & Spesifikasi Xiaomi 13, Ponsel Flagship Xiaomi di 2023

Informasi lengkap mengenai Xiaomi 13, termasuk fitur unggulan, prosesor, desain, sistem operasi, kamera, benchmark test, dan harga. Temukan semuanya di sini.

Fitur & Spesifikasi Xiaomi 13, Ponsel Flagship Xiaomi di 2023



Xiaomi menutup tahun 2022 dengan meluncurkan Xiaomi 13 pada pertengahan bulan Desember secara terbatas di China. Rencananya, secara global ponsel ini  akan rilis pada akhir Februari 2023 mendatang.

Tentu, banyak yang penasaran seberapa canggih fitur serta spesifikasinya. Apalagi, sejumlah reviewer menyebutnya sebagai ponsel Xiaomi yang luar dan dalamnya ‘mirip’ iPhone. 

Kamu juga pasti termasuk yang penasaran, kan? FYI, seri 13 ini memiliki beberapa ponsel sekaligus: Xiaomi 13, Xiaomi 13 pro, dan Xiaomi 13 Ultra. Tapi kali ini, kami akan mengulas khusus Xiaomi 13.

Fitur Xiaomi 13

Untuk menggambarkan fiturnya, kami punya sebuah kalimat. Kamu yang sudah punya experience menggunakan berbagai jenis ponsel keluaran Xiaomi pasti akan mendapatkan sejumlah pengalaman baru. Berikut alasannya!

1. Chipset Paling Mutakhir

Pada November 2022, Qualcomm baru saja merilis chipset terbarunya yakni Snapdragon 8 gen-2 yang secara khusus dirancang untuk menunjang ponsel kategori flagship. Nah, chipset ini pula yang Xiaomi 13 gunakan.

Dibandingkan dengan gen-1, gen-2 menawarkan peningkatan kualitas dalam segala aspek. Mulai kinerja AI (Artificial Intelligence), konektivitas, pemrosesan bahasa, dan banyak lagi.

Performa prosesor dalam ponsel ini juga dapat dibuktikan dari hasil test sejumlah aplikasi benchmark seperti AnTuTu, GeekBench 5 test, dan The 3DMark Wild Life Extreme.

Tentu, berbagai game ‘berat’ seperti Genshin Impact akan berjalan lancar di ponsel ini.

2. Desain Mewah dan Ergonomis

Sekilas, desain Xiaomi 13 mirip dengan ponsel-ponsel flagship milik Samsung atau iPhone. Elegan, premium, dan bisa meningkatkan rasa percaya diri orang yang membawanya.

Menariknya, scara ukuran, layar ponsel ini 6,36 inchi, berbeda dengan umumnya ponsel flagship yang ada di angka 6,7 inchi. Meski lebih kecil, pada sisi lain, ini membuat Xiaomi 13 cenderung lebih ergonomis dan pas dalam genggaman.

3. OS MIUI 14

Sistem operasi MIUI 14 yang ada pada Xiaomi 13 ini menghadirkan customer experience layaknya pengguna iPhone. Animasi dan pergerakan di layar sangat smooth.

Bukan hanya itu, ada juga sejumlah fitur mutakhir lain dari OS yang baru rilis pada November 2022 ini. Mulai dari manajemen notifikasi yang lebih memudahkan, kemampuan mengambil teks dari gambar, family service, dan sejumlah dukungan AI yang meningkat.

4. Ponsel Multiguna

Xiaomi 13 bukan ponsel gaming, bukan juga ponsel kamera, bukan juga ponsel dengan fungsionalitas khusus lainnya. Namun, secara umum fiturnya mendukung semua aspek yang  kamu harapkan ada pada sebuah ponsel.

Selain prosesor atau chipset yang andal, lensa kamera Xiaomi 13 juga menggunakan produk dari Leica yang mampu menghasilkan kualitas kamera luar biasa. Fitur telefoto juga bisa kamu manfaatkan untuk menangkap gambar jarak jauh secara lebih detail.

Satu lagi, untuk yang terbiasa traveling di lingkungan yang ‘keras’, Xiaomi 13 mendukung IP68 yang berarti punya daya tahan bagus terhadap air dan debu.

Spesifikasi Xiaomi 13 dan Harga

Prosesor Qualcom SM 8550 Snapdragon 8 gen-2
RAM 8 GB dan 12 GB
Penyimpanan 128 GB, 256 GB, 512 GB
Layar 6,36 inches/1080 x 2400 pixels
Kamera Triple camera, 50 MP (wide) + 10 MP (telephoto) + 12 MP (ultrawide)
Data 4G LTE, 5G NR Bands
Baterai Li-Po 4500 mAh

Adapun harga Xiaomi 13 series ini yang sudah beredar di China mulai dari $613 hingga $813. Dalam rupiah, kira kira di kisaran Rp9.200.000 - Rp12.200.000. Karena ini masih bersifat perkiraan, saat rilis di Indonesia bisa jadi di luar angka tersebut.

Kesimpulan

Xiaomi 13 berpotensi menjadi penantang serius bagi brand-brand dengan citra premium seperti iPhone dan Samsung di lini flagship pada tahun 2023. Ia dapat jadi pilihan terbaik bagi pengguna yang ingin mendapatkan ponsel kualitas dewa dengan harga yang masih dalam jangkauan.
Kalau kamu salah satu yang tertarik memilikinya, siapkan bujetnya dari sekarang!